Belum Ada 5 Menit

generasimaju.com – Begitu, kan yang kerap terlontar ketika makanan jatuh ke lantai? Faktanya, kuman seketika akan menempel pada makanan tersebut. Risiko penyakit bukan dari durasi waktu jatuh, namun bergantung pada jenis kuman dan jumlah kuman yang menempel di lantai. Memang sih, selintas lantai rumah tampak bersih dan bebas dari mikroba.

Namun, pada kenyataannya tidaklah demikian. Untuk membuktikan, cobalah sentuh salah satu tempat di rumah dengan ujung jari, kemudian lakukan pemeriksaan dengan mikroskop, maka akan ditemukan setidaknya puluhan bahkan tidak jarang ratusan jenis Kuman. Kuman berkembang di tempat yang mereka bisa tinggali, seperti: di lantai, gagang pintu, kulkas, kusen jendela, meja, rak, dan setiap sudut di sekitar rumah.

Kuman dapat tumbuh dan membelah setiap 20 menit. Satu Kuman tunggal dapat berkembang biak menjadi lebih dari 8 juta sel dalam waktu kurang dari 24 jam. Kuman inilah yang dapat menyebabkan sakit. Infeksi dapat menyebar ketika kuman ditransfer dari benda yang terkontaminasi (misalnya: sepatu) ke tangan dan tubuh.

Selain itu, kuman dapat bertahan hidup dalam beberapa waktu pada beberapa permukaan tempat yang sering disentuh, seperti: keran, gagang pintu, boneka, keyboard, handphone, dan lain-lain. Selanjutnya, ketika seseorang kontak dengan permukaan tempat yang penuh kuman, apalagi ketika kondisi tubuhnya sedang tidak bagus, maka dapat dipastikan yang bersangkutan akan sakit, semisal: infeksi saluran pernapasan (pilek), dan lain-lain. Kuman dapat terbawa dari luar rumah melalui sepatu, binatang peliharaan, kecoak, lalat, tikus, kucing, anjing, dan sebagainya.

CIPTAKAN LINGKUNGAN BERSIH DAN SEHAT

Semua bagian rumah dapat terkontaminasi oleh Kuman dan jumlahnya tidak sedikit (lihat boks “Jumlah Kuman di Sekitar Rumah”). Nah, demi menghindari kuman-kuman tersebut, langkah pasti yang dapat dilakukan adalah menjaga kebersihan lingkungan, selain tentunya juga melakukan gaya hidup bersih dan sehat. Budayakan cuci tangan dengan sabun setiap kali usai melakukan aktivitas. Dengan mendidik menjadi kebiasaan yang bersih dan sehat semua anggota keluarga akan terhindar dari penyakit yang disebabkan kuman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *