Cara Menjaga Kebersihan di Seluruh Rumah

originals.id – Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan pada beberapa bagian rumah:

* DAPUR

– Pastikan semua peralatan (lap, gas, wastafel) dapur serta lantai dapur selalu kering. – Gunakan pengering atau pastikan sinar matahari masuk untuk menyinari dapur serta beberapa produk makanan.

* KAMAR TIDUR

– Pastikan kamar mendapatkan sinar matahari ke kasur dan selimut, serta rajin disterilkan. Jika tidak bisa, gantilah seprai dengan yang baru secara berkala. – Bersihkan telepon, lantai, remote TV dan AC secara berkala.

Sterilkan juga mainan dengan disinfektan secara rutin, karena sering terjadi kontak dengan mainan dan merupakan tempat yang baik untuk kuman berkembang. – Buang produk kosmetik yang lama. – Jangan menyimpan pakaian kotor di dalam lemari untuk waktu yang lama pada musim hujan, karena dapat menyebabkan pertumbuhan jamur pada pakaian.

* RUANG KELUARGA – Buka jendela agar matahari masuk, bermanfaat untuk menghindari tumbuhnya jamur di perabotan. – Sterilkan pegangan kursi dan jika memungkinkan sinari juga dengan matahari. – Singkirkan buku-buku lama keluar agar tidak habis oleh rayap. – Buang benda-benda yang tidak berguna, agar ruang keluarga tetap luas. – Cuci bersih karpet secara berkala karena dapat menjadi sarang kuman.

* KAMAR MANDI

– Kamar mandi umumnya selalu dalam kondisi lembap sehingga dapat menjadi sumber Legionella atau Pseudomonas yang mungkin ada dalam air. Kuman staphylococcus aureus, Enterococcus faecalis dapat bertahan di kerak kamar mandi dan menginfeksi penghuni rumah dengan kontak langsung, terutama yang memiliki luka terbuka. – Keringkan kamar mandi setiap kali setelah digunakan.

– Bersihkan bak mandi dan wastafel secara rutin dengan disinfekstan. – Lap tombol-tombol dengan disinfektan dan jaga botol-botol tetap bersih. – Pisahkan alat untuk membersihkan kamar mandi (sikat, pel, dan lain-lain) dengan bagian lainnya di rumah. Jangan letakkan alat kebersihan di kamar mandi. Kondisi lembap justru menjadi tempat ideal untuk berkembang biak.

– Betulkan lantai atau kamar mandi yang sudah bolong untuk mencegah menjadi sarang kuman dan jamur. – Taruh handuk kering di gantungan setiap kali usai digunakan, jemur sesering mungkin di bawah terik matahari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *