Ini Dia 5 Manfaat Kulit Lemon untuk Kesehatan Anda!

Manfaat Kulit Lemon – Seperti kita ketahui jika buah lemon sangat bermanfaat bagi kesehatan, salah satunya mampu menjaga daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit. Tetapi kita sering melupakan kulit lemon dan membuangnya begitu saja.

Padahal kulit lemon memiliki banyak manfaat yang tidak banyak kita ketahui. Inilah 5 manfaat kulit lemon yang patut Anda ketahui. Jangan terburu-buru untuk membuangnya!

Menjaga Kesehatan Mata

Untuk menjaga vitalitas mata, dibutuhkan Vitamin A. Karotenoid berpengaruh terhadap warna kuning dari kulit lemon. Ketika mengkonsumsi karotenoid, tubuh dapat menghasilkan vitamin A yang diperlukan untuk kesehatan mata Anda.

Tidak hanya itu, cara menebalkan alis dan bulu mata juga bisa menggunakan lemon. Caranya cukup mudah, ambil beberapa tetes air lemon, oleskan pada alis dan pijat. Untuk pemakaian pada bulu mata bisa menggunakan bantuan cotton bud. Diamkan hingga 30 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Karena itu daripada dibuang, lebih baik mengonsumsi kulit lemon dengan cara menyeduh atau dengan metode lain.

Sebagai deodoran

Manfaat kulit lemon juga bisa digunakan sebagai deodoran alami. Hal ini dikarenakan asam sitrat yang terkandung dalam kulit lemon cukup tinggi. Bau badan di ketiak yang berasal dari bakteri, bisa dihilangkan oleh asam sitrat ini. Hasilnya adalah ketiak Anda akan tetap wangi meskipun tidak menggunakan deodoran sintetis.

Caranya bisa membuat campuran air dengan dari kulit lemon dan oleskan ke ketiak Anda.

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Lemon juga mempunyai khasiat untuk membersihkan dan mencerahkan kulit karena asam sitrat dapat bertindak sebagai exfoliator. Yaitu berfungsi mengangkat sel kulit mati dan meregenerasi kulit.

Metode yang perlu dilakukan dengan parutan kulit lemon yang dicampur dengan minyak zaitun dan gula pasir, setelah itu oleskan ke wajah, sel-sel kulit mati akan lenyap dan kulit akan terlihat cerah kembali.

Mengobati Luka

Bahkan kulit lemon juga mampu menyembuhkan luka dan infeksi pada kulit. Ini karena kulit lemon adalah antimikroba yang dapat menyembuhkan luka. Nah penggunaannya bisa diterapkan langsung ke luka atau diminum. Penggunaan teratur akan membantu luka Anda lebih cepat sembuh, terutama jika Anda adalah penderita diabetes.

Caranya bekukan dulu kulit lemon dalam freezer kemudian parut dan tambahkan gula untuk ditambahkan ke dalam campuran salad atau dimakan langsung.

Mampu Menyembuhkan Jerawat

Jerawat juga bisa diatasi dengan kulit lemon karena kandungan sifat antimikrobanya. Jerawat timbul karena adanya bakteri patogen yang ada di kulit. Dengan kulit lemon, bakteri ini akan menjauh dari kulitmu.

Kulit lemon juga mengandung antioksidan tinggi sehingga berbagai masalah kulit, seperti bintik hitam dan kerutan, dapat diatasi secara ampuh. Nah sekarang jangan langsung dibuang ya jika Anda punya kulit lemon dirumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *