Software Motion Graphic untuk Pemula

Pernah kah kamu melihat sebuah konten di website atau YouTube yang menggunakan sebuah gambar animasi bergerak-gerak atau tulisan yang bisa berkelap-kelip? Atau bahkan kamu pernah melihat iklan yang bergerak-gerak di sebuah web dan menyuruh kamu membuka iklan tersebut?

Nah, itu lah yang disebut motion graphic. Motion graphic terdiri dari dua kata, yakni motion yang berarti gerak atau pergerakan dan juga graphic yang berarti grafis.

Apa itu Motion Graphic?

Secara singkat,  motion graphic adalah cara membuat gambar animasi tersebut bergerak. Misalkan kamu membuka website yang membahas tentang transportasi umum dan di dalamnya kamu menemukan berbagai animasi beberapa kendaraan yang bergerak lucu dan akhirnya membuat website tersebut menarik. Jadi dapat disimpulkan bahwa animasi tersebut tidak hanya gambar, tetapi juga bergerak.

Software Motion Graphic untuk Pemula

Saat ini banyak sekali sumber yang bisa kamu jadikan sebagai bahan untuk belajar membuat animasi. Banyak cara membuat motion graphic, mulai dari website hingga tutorial video yang ada di youtube. 

Untuk kamu yang pemula dalam membuat animasi, maka kamu membutuhkan software pembuat animasi dengan pengoperasian yang mudah. Nah, ada beberapa software yang akan memudahkan kamu untuk membuat motion graphic:

Apple Motion

Salah satu cara membuat motion graphic untuk pemula adalah dengan menginstal Apple Motion. Software ini diciptakan oleh Apple.inc dan dibanderol dengan harga 49,99USD. Aplikasi ini adalah aplikasi grafis yang bisa didownload untuk Mac OS X dan tentunya sangat ideal untuk membuat animasi sederhana atau kebutuhan bisnis. Di dalam versi terbarunya, aplikasi ini memiliki fitur yang lebih kompleks seperti 3D-composing, motion tracking, dan vektor. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk editing video. Penggunaan aplikasi Apple Motion ini tentunya memudahkan kamu sehingga lebih menghemat waktu saat membuat animasi.

Adobe After Effect

Software ini dikembangkan oleh Adobe untuk kebutuhan motion graphic design. Dengan hadirnya berbagai software desain yang ada, Adobe After Effect menjadi salah satu software desain yang handal dan memungkinkan penggunanya untuk membuat animasi 2D. Kamu bisa membeli software ini dengan harga 999 USD.

Go! Animate

Aplikasi yang satu ini bisa digunakan untuk membuat video animasi yang sesuai dengan keinginanmu. Bagi kamu yang sering presentasi, kamu bisa membuat presentasi yang lebih menarik dengan memberikan sentuhan animasi. Kamu juga bisa menggunakan software ini untuk mengerjakan sebuah projek animasi. Di Go! Animate ada 20 jenis background dan musik. Kamu juga bisa menggunakan template voices yang tersedia untuk karaktermu atau kamu juga bisa menggunakan rekamanmu sendiri lho!

Wideo

Jika kamu pemula dan memiliki budget yang minim, kamu masih bisa download aplikasi motion graphic gratis kok. Salah satunya adalah Wideo, yakni aplikasi online untuk membuat animasi secara gratis. Biasanya Wideo digunakan untuk membuat animasi demo produk, presentasi atau juga untuk entertaining. Di aplikasi ini kamu bebas memilih gambar, template, dan video animasi sederhana tetapi tetap terlihat komersil. Keren kan?

Xtranormal

Software yang satu ini digunakan untuk membuat video animasi 3D dengan cara yang sangat mudah. Kamu bisa memilih 500 karakter lebih yang sudah tersedia dengan 80 pilihan gesture , 200 set background, 20 bahasa dan banyak lagi. Sayangnya aplikasi ini berbayar dan kamu bisa membayar 50 USD per bulannya.
Nah, itu dia 5 software motion graphic untuk pemula yang bisa kamu install di laptop kamu. Ingat ya, cara membuat motion graphic sangat mudah dan tergantung kamu ingin menggunakan software yang mana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *