Media Online Sebagai Penggerak Informasi Massa di Era Modern

Di era modern seperti saat ini, kehadiran media online menjadi kebutuhan tersendiri bagi masyarakat. Haus akan informasi yang aktual, tajam dan dapat dipertanggungjawabkan adalah ciri masyarakat modern seperti saat ini.

Sayangnya, media online yang ada sekarang tak semuanya memiliki kredibilitas yang baik. Banyak yang menggunakan judul-judul clickbait demi mendapatkan traffic tinggi namun informasi yang didapat pengguna sangat minim.

Di tengah maraknya media online semacam itu, muncul berbagai media online, baik yang sebelumnya sudah dikenal sebagai media cetak, seperti Kompas dan Tempo, hingga para pendatang baru yang hanya berbasis media online, seperti Jitaksara dan IDN Times.

Menjadi angin penyejuk di tengah kegersangan informasi yang padat dan berimbang di tengah masyarakat Indonesia. Media-media online ini hadir dengan beberapa terobosan besar yang sangat dinantikan oleh masyarakat.

Media Online jadi Tulang Punggung Penyebaran Berita di Indonesia

Dengan keunggulannya dari media cetak berupa kecepatan yang tinggi, media online berhasil merebut hati masyarakat Indonesia. Kita bisa membaca informasi sesaat setelah ada kejadian yang terjadi. Itulah keunggulan media online.

Jika jam 1 siang terjadi kebakaran di Jakarta, Anda yang berada di Bandung dapat mengetahui kejadian tersebut selang beberapa saat dari kejadian itu berlangsung. Nah, dengan mengikuti media online ini dijamin Anda tak akan ketinggalan berita apapun.

Namun hal ini juga membawa dampak yang kurang baik, mengingat ketatnya persaingan. Para media online ini akan berusaha membuat berita secepat mungkin yang berujung pada kurangnya editorial pada tulisan-tulisan berita yang dihadirkan.

Hal tersebut tidak menjadi masalah jika Anda membutuhkan berita yang cepat, namun jika Anda membutuhkan berita yang aktual dan melalui proses kurasi yang panjang, Anda bisa mendapatkannya melalui media cetak yang masih ada dan masih beredar saat ini.

Media Online Indonesia yang Dapat Dipercaya

Di tengah jajaran media-media mainstream seperti Kompas, Detik, Tempo hingga The Jakarta Post, muncullah beberapa nama baru yang turut menyegarkan dunia media online di Indonesia. Adalah Jitaksara yang bisa dikunjungi di Jitaksara.com, Okezone yang bisa dikunjungi di Okezone.com hingga IDN Times yang bisa dikunjungi di IDNTimes.com.

Dengan banyaknya media-media online saat ini Anda bisa memilih sendiri di mana Anda merasa paling cocok dengan tulisan yang disajikan. Jika Anda pembaca konvensional maka Kompas dan Tempo bisa jadi rujukan. Jika Anda pembaca milenial maka Jitaksara dan IDNTimes bisa jadi rujukan untuk Anda.

Nah, mana media yang jadi favorit Anda?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *