Biografi Pelukis I.B. Said

Biografi Pelukis I.B. Said

Pelukis ternama Indonesia berikutnya ialah I.B. Said, bermunculan pada tanggal 28 Agustus 1934.

Pelukis ini ditunjuk oleh Presiden Soekarno guna melukis wajah tamu-tamu negara yang berangjangsana ke Indonesia, sampai akhirnya ia melukis 300 wajah. Tamu kesatu yang ia lukis ialah Presiden Tiongkok mempunyai nama Liu Shoaqi di tahun 1963 dan yang terkahir ialah tamu negara Presiden Iran mempunyai nama Mamoud Ahmadinejad pada tahun 2006.

Nama I.B. Said sudah paling terkenal dikalangan seniman. Sampai umur 74 jasanya masih dipakai di Istana Negara.

Berawal dari usul Henk Ngantung yang saat tersebut berada di posisi jabatan sebagai Gubernur memiliki usulan bahwa pelukis mesti diajak kegiatan kenegaraan. Disaat itulah sejumlah para pelukis tercebur untuk melukis wajah tamu negara tergolong I.B. Said. Yang lantas lukisannya dipajang di Istana terkadang ada sejumlah tamu mohon dibawa pulang.

Saat pemerintahan Bung Karno, https://www.pro.co.id/ semua pelukis tidak tidak cukup dari 20 orang dan menciptakan 10 potret untuk dipasang di titik-titik strategis yang bakal terlihat oleh tamu negara, terkadang di titik yang tidak dilalui tamu juga.

Hasil Karya I.B. Said : Segitiga Senen Tinggal Kenangan dan wajah-wajah tamu negara mulai dari Josip Broz Tito, Ronald Reagan, Xanana Gusmao, Ferdinand Marcos, dan lain-lain.

Sumber : https://www.infobiografi.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *