Contoh Teks Eksplanasi dan Strukturnya

Apa yang dimaksud dengan teks eksplanasi? jauh sebelum memasuki tahap diskusi , https://rumusrumus.com/contoh-teks-eksplanasi/ Materi kali ini kita akan membahas contoh teks penjelas tentang budaya, fenomena alam, sosial dan karakteristiknya, aturan validitas dan struktur, untuk lebih jelasnya lihat penjelasan di bawah ini.

Pengertian Teks Eksplanasi

Apa penjelasannya – Menurut etimologi yang berasal dari bahasa Inggris, yaitu penjelasannya. Arti penjelasan ini adalah informasi atau penjelasan. Sementara dalam hal teks penjelasan istilah-istilahnya adalah paragraf yang berisi informasi tentang fase “mengapa” dan “bagaimana” yang mencakup berbagai peristiwa. Peristiwa yang dapat digunakan sebagai teks penjelasan menyangkut peristiwa alam, sosial, budaya dan ilmiah.

Ciri-Ciri teks eksplanasi

Berisi informasi yang benar atau faktual
Dalam informasi terlampir fakta bahwa teks penjelasan bersifat ilmiah
Ada tiga jenis struktur, mulai dari pernyataan umum, sebab dan akibat, hingga interpretasi.
gunakan penanda sequnce, seperti pertama, kedua, ketiga atau pertama, berikutnya dan terakhir.

Struktur Teks Eksplanasi

Ini terdiri dari pernyataan umum
Deklarasi umum yang berisi penjelasan tentang suatu topik dan proses yang dibentuk oleh proses terjadinya suatu peristiwa.

Sebab dan akibat

Dalam penjelasan ini tentang fase dari suatu peristiwa. Penyebab dan akibatnya diatur secara bertahap, berurutan dari awal hingga akhir acara.

interpretasi

Bagian ini adalah bagian yang menyediakan pernyataan yang berkaitan dengan topik yang dijelaskan dalam teks atau dapat disebut sebagai kesimpulan oleh teks penjelasan.

Kaidah bahasa Teks eksplanasi

  • Ada istilah ilmiah.
  • Diskusi dalam teks penjelasan bersifat umum. Dan jangan menyertakan peserta pada manusia.
  • Dalam kenyataannya atau bahkan penulisan teks penjelasan didasarkan pada peristiwa
  • Penggunaan dalam teks penjelasan adalah kalimat pasif
  • Di dalamnya ada konjungsi kausal dan waktu
  • Penggunaan kata kerja lebih sering bersifat relasional dan material

Contoh teks penjelasan tentang budaya

Indonesia memiliki beragam budaya. Salah satu produk budaya yang terkenal adalah Wayang. Boneka dapat digunakan sebagai pertunjukan yang dilakukan oleh dalang. Boneka juga bervariasi sesuai dengan daerah setempat. Boneka Jawa dengan Bali tentu sangat berbeda. Wayang juga terkenal di wilayah Sumatra dan sekitarnya. Bahkan ada organisasi UNESCO sedunia yang mengakui pameran wayang sebagai produk budaya yang berharga atau dikenal sebagai mahakarya warisan lisan dan takbenda kemanusiaan.
Pertunjukan boneka termasuk versi boneka, Yang (diperankan oleh manusia) atau boneka boneka. Dalam sebuah cerita tentang Mahabrata atau Ramayana biasanya dimainkan selama pertunjukan boneka Jawa. Membuat boneka, tepatnya saat Hindu masuk ke Indonesia. Agar diterima oleh masyarakat, agama Hindu beradaptasi dengan budaya lokal sehingga Wayang dipilih sebagai sarana untuk menghubungkan agama Hindu dengan masyarakat sosial. Kemudian, ketika Islam masuk ke Indonesia, Wayang dibuat dengan kulit sapi. Pada saat itu menjadi manifestasi dari adaptasi Islam ke masyarakat.
Akulturasi dan pengembangan Wayang tidak berhenti sampai di situ saja. Ketika pada tahun 1960 gerakan misionaris Katolik tumbuh dan menyebarkan agama Katolik di Indonesia. Sebuah wayang kulit bernama Wahyu dibuat atau diekstraksi dari buku agama. Sekarang boneka itu menjadi hiburan publik. Kadang-kadang orang merasa tidak lengkap jika mereka tidak melihat pertunjukan di pertunjukan mereka.
Wayang selalu memiliki filosofi yang berarti kebaikan dan mengajak kita untuk berbuat baik. Juga di setiap bagian wayang itu memiliki makna tersendiri. Diharapkan bahwa melalui pertunjukan wayang, pesan-pesan kebaikan dapat ditransmisikan dan dipengaruhi oleh masyarakat, jenis budaya ini harus selalu dipelihara dan dilestarikan sebagai sarana pengajaran dan pembelajaran di sekolah.

Contoh teks eksplanasi sosial

Meningkatnya pengangguran telah menjadi masalah di negara Indonesia yang masih dalam proses menemukan solusi yang lebih baik dan lebih efektif. Pada setiap saat pergantian pemimpin bangsa, begitu banyak solusi telah dibuat seperti tawaran pelatihan bagi masyarakat di usia produktif dan promosi program komersial untuk wilayah potensial. Tetapi pengangguran terus meningkat dari tahun ke tahun.
Ada beberapa faktor yang menyebabkan pengangguran seperti pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tidak diimbangi dengan jumlah pencari kerja yang meningkat setiap tahunnya, kapasitas sumber daya manusia yang tidak mencukupi, tingginya jumlah redudansi dan sebagainya. Dampak negatif yang disebabkan oleh meningkatnya pengangguran. Kita bisa melihatnya dari awal peningkatan kemiskinan dan kejahatan dan penurunan tingkat kesehatan.
Masalah yang muncul ini juga disebabkan oleh banyaknya pengangguran. Oleh karena itu, pemerintah harus menindaklanjuti pencarian solusi untuk meminimalkan dampak negatif yang disebutkan di atas. Solusi yang dapat dilakukan adalah meningkatkan kualitas pendidikan dan meningkatkan kesadaran orang tua sehingga mereka dapat mengarahkan anak-anak mereka dan mendukung minat dan bakat mereka. Dengan metode ini, pengangguran dapat dikurangi.

Contoh teks eksplanasi dan strukturnya

Pernyataan umum:
Gerhana matahari adalah fenomena alam yang langka dan menarik untuk diamati. Terjadinya gerhana matahari itu dalam ratusan tahun. Dan fenomena ini disebabkan oleh posisi bulan tepat antara matahari dan bumi dalam garis lurus sehingga cahaya matahari akan tertutupi oleh bulan selama beberapa detik.

Bagian Penjelasan:
Untuk melihat matahari secara langsung menggunakan perangkat teropong khusus atau dukungan yang melindungi mata. Jika Anda melihat fenomena ini hanya menggunakan mata telanjang, ini pasti akan membahayakan keselamatan mata, dan bahkan dapat menyebabkan kebutaan. Kerusakan mata karena retina rusak oleh masuknya radiasi tinggi di bawah sinar matahari. Bentuk radiasi ini tidak dapat dilihat oleh mata dengan panjang gelombang tertentu. Mata manusia tidak bisa bertahan dengan radiasi ini.

penutup:
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menikmati gerhana matahari. Tidak hanya menggunakan teropong, tetapi ada cara termurah untuk menggunakan film. Film ini akan membantu melindungi mata Anda walaupun tidak optimal.

Demikian pembahasan kali ini, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan bagi para pembaca .

artikel terkait : rumusrumus.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *