Ciri Ciri Protista, Jenis dan Fungsinya

Ada beberapa kelompok tumbuhan dalam ilmu bioligi. Pada umumnya, kingdom pada umumnya dibagi menjadi tiga jenis, yaitu Kingdom Animalia, Kingdon Plantae, dan Kingdom Protista. Dan dalam diskusi ini kita akan membahas lebih banyak tentang protista, dari ciri-ciri protista beserta dengan fungsinya

Protista adalah kata yang berasal dari bahasa Yunani. Pemahaman protista dengan demikian adalah mikroorganisme yang pertama atau bersel satu atau uniseluler. Dalam hal ini, ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa protista adalah organisme tertua di seluruh kingdom yang ada.

Di dunia ini, setidaknya ada 600.000 jenis protista yang telah terdaftar. Dari 600.000 yang paling banyak yakni organisme uniseluler dan sisanya adalah multiseluler dan kolonial, yang harus diklasifikasikan protista multiseluler. Hebatnya, protista adalah salah satu organisme yang membentuk sebuah plankton.

Ciri-Ciri Protista

Protista dibagi menjadi beberapa tipe atau jenis, tetapi ada ciri-ciri umum protista. Apa saja cirinya ? berikut penjelasan lengkapnya dibawah ini :

  • Uniselluler – Secara umum, seperti yang disebutkan di atas, protista adalah organisme uniseluler, tetapi beberapa dari mereka adalah organisme multiseluler.
  • Eukariotik – Protista memiliki membran sel, sehingga mereka dapat disebut organisme eukariotik.
  • Vegetatif dan Generatif – Reproduksinya dapat dibagi menjadi dua jenis, yakni vegetatif dan generatif. Artinya, protista dapat beregenerasi dengan membelah dirinya atau konjugasi.
  • 3 kelompok utama – Protista dibagi menjadi 3 jenis, yaitu protista mirip dengan hewan, jamur dan tumbuhan. Masing-masing protista memiliki karakteristiknya sendiri.
  • Heterotrof dan Autotrof – Beberapa jenis protofil dengan klorofil dapat menghasilkan makanan mereka sendiri, sehingga mereka disebut autotrof. Pada spesies lain tanpa klorofil, mereka biasanya hidup dengan mendukung tumbuhan lain sebagai parasit.
  • Habitat – Secara umum, tempat para protista tinggal di air, berenang atau menempel ke sungai atau bahkan sampai ke dasar laut. Namun, beberapa spesies lain dapat hidup di darat.
  • Repirasi – Jenis pernapasan pada protista adalah respirasi aerobik, sementara mereka memiliki sistem pernapasan mitokondria dalam sistem pernapasan seluler mereka untuk membantu respirasi.

Jenis-Jenis Protista


Protista Mirip Tumbuhan

  1. Filum Euglenophyta
  2. Filum Alga
  3. Filum Diatom

Protista Mirip Hewan

  1. Rhizopoda
  2. Flagellata
  3. Cillata
  4. Sporozoa

Protista Mirip Jamur

  1. Jamur Lendir (Myxomycota)
  2. Jamur Air (Oomycota)

Demikianlah pembahasan secara umum mengenai ciri-ciri protista. Semoga ciri-ciri protista dan jenis protista di atas bisa memberikan pengetahuan dan wawasan yang bermanfaat untuk kita semua.

Sumber Terkait : https://rumus.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *