Pentingnya Belajar Ilmu Agama Dari Kecil

Ilmu agama yang sesuai dengan AlQuran dan As Sunnah akan menjadikan seseorang menjadi pribadi unggul dan juga akan mempunyai ahlakul karimah, atau akhlak yang baik, Tapi pada kenyataannya saat ini banyak sekali orang orang yang tidak mempunyai akhlak baik bahkan cenderung menjadi orang yang berperangai buruk.

jika kita sudah menyadari tentang buruknya ahklak masyarakat kebanyakan, berarti ada yang salah dalam penerapan ilmu agama dan tentu yang seperti ini tidak sesuai dengan AL Quran dan as sunnah, lalu bagaimana solusi untukpermasalahan tersebut, agar di kemudian hari anak-anak kita yang menjadi penerus generasi ini mempunyaiakhlak yang baik.

Belajar Agama Selagi Kecil Agar Kelak Menjadi Orang Yang Beradab

Pendidikan agama sedari dini akan menciptakan generasi yang lebih baik, baik dari segi ahklak maupun dari segi jaya juang dan keikhlasan, inilah pentingnya mengajarkan ilmu agama kepada anak sejak kecil.

Ingat pepatah yang mengatakan belajar di waktu kecil seperti menulis di atas kertas, dan belajar di waktu besar seperti menulis di atas batu, pepatah ini menerangkan mudahnya anak kecil dalam menyerap ilmu dan akan bergunna saat besar nanti.

Dan prinsip ini harus di terapkan di dalam keluarga kita terlebih dahulu, atau dalam tatanan yang kecil yang bisa kita terapkan adalah pada anak kita, ajari anak-anakkita sedari kecil ilmu agama agar kita tidakmenyesal di kemudian hari.

Cara Mengajari Anak Kecil Ilmu Al Quran dan As Sunnah

Mungkin anda berfikir anak kecil sudah di ajari tafsir al quran dan juga hadist nabi yang membuatnya pusing, tidak, bukan seperti itu cara mengajari anak dalam berinteraksi dengan AL Quran, berikut beberapa cara untukmengajari ilmu al quran dan as sunnah kepada anak kita.

  • Berikan contoh, ya teladan anak adalah orang tuanya, baik ibu maupun bapak, jadi yang pertama harus di pelajari adalah ahlak dari kedua orang tuannya, maka ini adalah kewajiban orang tua untuk mempunyai ahklak mulia yang akan menjadi contoh nyata dan berefek sangat bagus. Jadi jangan salahkan anak jika mempunyai perangai buruk, karena ini adalah cerminan kedua orang tuanya.
  • Ceritakan kisah teladan orang orang sholeh terdahulu, dari kalangan sahabat radiallahu anhum dan juga tabiin atau cerita para ulama salaf. Bercerita adalah metode pembelajaran yang baik, tidak saja untuk anak kecil tapi juga baik untuk orang dewasa, karena dengan bercerita mudah di terima oleh akal dan bisa mnyentuh hati.
  • Ajari anak kita dasar dasar agama, seperti aqidah dan juga amal ibadah yang sifatnya fardhu ain, sekali lagi gunakan metode cerita agar mudah di terima oleh anak kita.
  • Ajari baca AL Quran, karena belajar Al Quran sejak dini akan membuat anak cepat hafal dan mudah untuk pembelajaran lanjutannya dari tahsin al quran saat dewasa.
  • Sekolahkan Anak kita di sekolah yang islami, saat ini maraksekolah sekolah islami, yang kadang memang biayannya lumayan mahal, tapi ini adalah jalan teraman agar anak kita mempunyaiahlak yang baik, dan akan sesuai dengan harga yang anda bayarkan.

Pahala Akan di Dapatkan Kedua Orang Tuanya

Inilah hadiah terindah jika kita mengajarkan anak kita ilmu agama sesuai Al Quran dan Sunnah, pahala akan mengalir kepada kita selama anak kita mengerjakan amalan sholeh yang telah kita ajarkan kepadanya, jangan biarkan ilmu agama anak kita di ajarkan oleh orang lain, karena amal sholeh tersebut tidak kita dapatkan karena bukan kita yang mengajarkannya.

Dan pahala anak ini akan kita dapatkan walaupun kita telah meninggal dunia, jika anak kita adalah anakyang sholeh, seperti sabda nabi yang menerangkan bahwa 3 amalan yang pahalannya terus mengalir walaupun kita sudah meninggal, salah satunya adalah doa anak sholeh.

Semoga kita di karuniai anak anak yang sholeh yang akan membawa kita kedalam surganya.

Jika anda minim akan ilmu agama dan sulit untukmengajari anak anda ilmu agama, belajarlah dan datangi pengajian atau kajian yang banyak di masjid atau majelis taklim, jika tidak sempat silahkan anda baca artikelislami di website islam seperti rumaysho.com, firanda.com, muslim.or.id penaungu.com almanhaj.or.id, muslimafiyah.com.

Website islami tersebut menyampaikan isi yang benar sesuai dengan ilmu AL Quran dan As Sunnah dan bisa menjadi bekal untuk anda dalam mengajarkan ilmu agama kepada anak anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *