Perkembangan Jam Tangan Dari Masa Ke Masa

Jam tangan merupakan salah satu aksesoris yang saat ini banyak digunakan orang. Berbagai produsen jam tangan terus melakukan inovasi produknya menjadi lebih baik. Beberapa diantaranya merupakan produsen elektronik seperti Casio dengan jam tangan Casio nya yang begitu laku di pasaran. Beberapa lainnya adalah produsen smartphone yang pada dekade 2010-an mulai berlomba-lomba membuat smartwatch, sperti Apple dengan Apple Watch nya.

Sejarah jam tangan dimulai pada abad ke 16 dimana saat itu jam tangan merupakan pengembangan dari jam saku. Jam tangan yang dikembangkan dari abad ke 16 hingga pertengahan abad ke 20 merupakan jam tangan mekanik. Jam tangan mekanik menggunakan mekanisme penggerak dari kumparan pegas yang disebut mainspring. Mainspring ini dikencangkan kemudian terjadi proses yang disebut winding dimana pegas akan melonggar dan melepaskan energi yang kemudian dipakai untuk menggerakkan roda gigi yang terhubung dengan jarum jam.

Pada fase 1950an, produsen jam tangan melakukan inovasi. Para produsen jam mulai membuat jam tangan elektrik. Jam tangan elektrik menggunakan mekanisme yang hampir sama dengan jam tangan mekanik. Perbedaannya adalah penggeraknya menggunakan energi elektromgnetik oleh sebuah selenoida yang digerakkan menggunakan baterai. Jam tangan elektrik kurang disambut antusias pada masanya hingga kemudian digantikan oleh jam tangan quartz.

Perkembangan jam tangan quartz pertama kali dimulai pada akhir 1950an dan awal 1960-an, dimana bersamaan dengan ditemukan kristal kuarsa. Penemuan tersebut merubah industri jam tangan, dimana produsen jam tangan mulai menggunakan kristal kuarsa tersebut untuk mekanisme perputaran jarum jam pada jam tangan. Dengan menggunakan kristal kuarsa, jam tangan mampu lebih akurat dalam menunjukkan waktu dibanding dengan menggunakan mekanisme yang sebelumnya menggunakan pegas.

Jam tangan quartz yang menggunakan kuarsa dikembangkan pertama kali oleh Seiko. Ketika itu, Seiko dengan menunjuk Epson yang merupakan anak usaha Seiko untuk mengembangkan jam tangan dengan kristal kuarsa pada tahun 1959. Proyek ini diberi kode nama 59A dimana prototipe nya mulai digunakan pada acara Olimpiade Tokyo 1964. Prototipe 56A ini digunakan sebagai penunjuk waktu untuk semua event selama berlangsungnya Olimpiade Tokyo 1964.

Pada 1969, atau 5 tahun setelah prototipr jam quartz digunakan di Olimpiade Tokyo 1964, Seiko mulai memproduksi jam tangan quartz secara masal. Jam tangan pertama yang diproduksi tersebut bernama Seiko 35SQ Aston yang dijual pada 25 Desember 1969 yang dijuluki sebagai jam tangan paling akurat hingga saat ini. Teknologi quartz untuk jam tangan tidak bisa dipatenkan karena pengembangannya dilakukan baik oleh Jepang, Swiss, dan Amerika Serikat, sehingga membuat perkembangannya sangat pesat melalui kontribusi banyak pihak. Pesatnya perkembangan jam tangan quartz membuat jam tangan ini mengalahkan bahkan memutus dominasi jam tangan mekanik di pasaran dimulai pada tahun 1980-an hingga sekarang.

Pada tahun 1990-an, Jughan dari Jerman memperkenalkan teknologi radio untuk jam tangan. Jam radio ini tetap menggunakan mekanisme quartz yang ditambahkan penerima sinyal radio. Penerima sinyal radio ini berfungsi untuk menangkap sinyal radio untuk menyelaraskan waktu. Sehingga jam tangan ini memiliki akurasi waktu yang sangat tinggi karena dikoreksi dengan menggunakan sinyal radio yang diterima.

Di milenial kedua, jam tangan terus berkembang dengan penemuan smartwatch. Jam tangan ini merupakan jam tangan yang menampilkan waktu secara digital. Jam tangan ini mulai dikembangkan sejak akhir 1990-an oleh Linux dengan nama Linux Watch. Smartwatch atau jam tangan pintar tersebut mulai dikenalkan pada publik pada 7 Februari 2007. Selanjutnya sejak peluncuran tersebut, berbagai produsen mulai ikut mengembangkan smartwatch dengan berbagai ciri khas nya. Kelebihan utama jam tangan ini adalah jam tangan ini mampu menjalankan berbagai aplikasi yang ada di Android maupun iOS tergantung dengan jenisnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *