Penyakit Kaki Berkerak Dan Bengkak Karena Cacar Pada Burung

Penyakit Kaki Berkerak Dan Bengkak Karena Cacar Pada Burung – Penyakit umum yang sering menyerang burung ocehan seperti dari jenis Burung Kenari adalah sering tumbuh daging sebesar jerawat pada wajah seorang perempuan remaja, yaitu di sekitar paruh dan area mata.

Pada Burung Merpati sering dijumpai benjolan daging tumbuh di dekat dubur, sekitar paruh bahkan di dalam mulutnya.   

Benjolan yang tumbuh adalah seperti daging, berukuran besar atau kecil, kasar (berkeropeng) maupun ada yang halus, akan sering anda jumpai pada bagian tubuh Burung Kenari dan Burung Merpati.

Apabila burung peliharaan anda di rumah secara kebetulan mendapatkan kondisi seperti ini, pada ruas kaki, muka, dekat paruh, dan pada beberapa bagian tubuh mereka yang lainnya dalam kondisi terbuka, bahkan pada beberapa kasus menyerang hingga ke dalam mulut burung, maka anda wajib melakukan tindakan dengan segera untuk memberikan pertolongan pertama terhadap pencegahan dan pengobatan dari burung peliharaan anda di rumah.

Penyebab Utama Adalah Cacar !

Pada jenis Burung Kenari terdapat benjolan – benjolan kecil yang dikenal dengan istilah medis yaitu pox atau cacar burung. Karena tumbuh pada jenis Burung Kenari maka disebut canary pox.

Jika penyakit ini muncul pada Burung Merpati maka disebut dengan istilah medis yaitu pigeon pox.

Gejala umum lainnya yang bisa dikenali oleh orang awam adalah munculnya kutil di sudut mulut dan kaki, yang jika dibiarkan begitu saja maka akan berakibat fatal yaitu dapat mengganggu pernafasan pada burung karena meraka tumbuh di saluran pernafasan / dipteri

Penyakit kaki berkerak dan munculnya bengkak – bengkak pada burung ocehan peliharaan anda tersebut di atas disebabkan oleh sejenis virus cacar / avian poxvirus.

Nah untuk mengatasi kondisi buruk tersebut anda bisa melakukan hal – hal pencegahan sebagai pertolongan pertama tersebut di bawah ini bisa dilakukan sekalipun oleh orang awam

Kurungan pada burung anda perlu diberi selimut dan diisolasi karena canary pox muncul karena virus yang mudah tertular.

Berikan BirdCream sehari sekali selama sepekan secara rutin terlihat burung peliharaan anda sedang sakittujuannya adaah untuk mganisipasinfeks sekunder, caranya dgan mengoleskan tipis – tipis pada benjolan yang mncul.

Lakukan dengan hati – hati agar burung  dalam sangkar tidak menjadi panik   

Tumor

Untuk kondisi dimana ada benjolan di dalam area mulut, bukan disebabkan oleh cacar tetapi adanya papilomatosis atau tumor tidak ganas menyerang pada kulit. Kasus lainnya yang sering dijumpai adalah kondisi ini muncul karena adanya infeksi sejenis jamur yang disebut candida albicans.

Nah penanganan yang perlu dilakukan terhadap kasus – kasus tersebut di atas adalah :

1. Pada bagian yang dianggap sudah dalam kondisi membusuk atau mati harus dipotong dengan hati – hati dan jaga agar tidak ada pendarahan, selanjutnya dikeringkan dengan kapas steril lalu ditotol – totol dengan BirdCream. Lakukan pengolesan tipis – tipis saja setiap hari secara rutin sampai sembuh.

2. Berikan obat BirdBlown dengan cara pengaplikasian tersebut di atas sesuai dengan petunjuk pemakaian tertera dalam brosur di dalam kemasan.

3. Burung yang sedang sakit parah disarankan untuk dipisahkan saja dari burung sehat lainnya yang mendiami sangkar besar, dimana pemisahan ini bertujuan untuk keperluan perawatan dan pemberian pakan bergizi yang baik, dengan kadar kandungan vitamin dan mineral dalam jumlah cukup besar. Biasanya burung sakit akan kesulitan dalam makan maka pakan harus dilolohkan.

Seminggu sekali periksakan burung peliharaan anda yang sakit kepada seorang dokter hewan langganan anda. Semoga bermanfaat !

Sumber : Ilmu Peternakan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *