Rumah Sakit di Tangerang Selatan: Ternyata Ini Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh

Kebiasaan merokok umumnya sering kita temukan dilakukan oleh para laki-laki. Namun sebenarnya, beberapa wanita juga ada yang melakukan kebiasaan buruk ini. Seperti yang kita ketahui, tak sedikit anjuran atau kampanye yang mengatakan tentang merokok dan akibatnya. Namun hal ini terkadang tak jarang juga belum membuat pelaku kegiatan merokok untuk sadar. Padahal merokok, baik bagi mereka yang perokok aktif maupun yang pasif, sama-sama memiliki dampak bahaya yang sama bagi kesehatan. Di mana mereka akan lebih mudah terkena berbagai penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung koroner, stroke, kanker paru-paru dll. Belum lagi jika nanti harus berobat, biaya pengobatannya juga akan jauh lebih mahal. Baik itu saat memeriksakan diri di rumah sakit di Tangerang Selatan maupun di kawasan daerah lainnya.

Bahaya merokok bagi kesehatan terbilang sangat kompleks. Dimana tidak hanya menimbulkan berbagai penyakit dalam saja, namun juga berbagai penyakit lainnya yang tak kalah mengerikan. Berikut ini beberapa penyakit yang timbul karena kebiasaan merokok dan perlu diketahui, yaitu:

Kesuburan (fertilitas).

Reproduksi atau kesuburan seseorang, terutama bagi pria bisa terganggu karena kebiasaan merokok. Dimana beresiko mengalami impotensi (disfungsi ereksi), mengurangi produksi sperma, menyebabkan kerusakan sperma, serta menyebabkan terjadinya kanker testis.

Bau mulut dan kerusakan gigi.

Terlalu sering merokok juga bisa membuat seseorang mengalami permasalahan bau mulut dan gigi bernoda. Selain itu juga bisa menyebabkan gusi dan kerusakan pada indera perasa. Yang lebih serius lagi juga beresiko terkena kanker lidah, bibir, dan tenggorokan.

Penuaan dini.

Seseorang yang sering merokok akan mempercepat penuaan dan kulit menjadi lebih kusam. Hal ini lantaran kegiatan merokok bisa mengurangi jumlah oksigen yang masuk ke dalam kulit. Bagi perokok usia muda antara 100-20 tahun akan mudah mengalami kerutan di sekian mata dan mulut 3x lebih mungkin.

Tulang rapuh.

Merokok juga tidak bagus untuk kesehatan tulang, dimana bisa menyebabkan tulang menjadi mudah lemah dan rapuh. Terlebih bagi wanita perokok, dimana resiko mengalami penyakit osteoporosis berkisar antara 5-10 % lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok.

Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

PPOK merupakan penyakit progresif yang menyebabkan seseorang kesulitan bernapas. Kondisi ini bisa terjadi akibat kebiasaan buruk merokok. Banyak penderita PPOK yang tidak menyadari sudah terkena penyakit ini, sehingga banyak kasus penderita yang terlambat untuk mendapatkan pertolongan.

Serangan jantung.

Karbon monoksida yang terkandung dalam rokok bisa mengambil oksigen dalam darah manusia. Sehingga seseorang yang memiliki kebiasaan merokok akan berpotensi mengembangkan kolesterol mengendap pada dinding arteri yang mampu meningkatkan resiko seseorang mengalami stroke dan serangan jantung.

Radang sendi atau rheumatoid arthritis.

Rheumatoid arthritis merupakan peradangan sendi yang terjadi akibat sistem kekebalan tubuh menyerang jaringannya sendiri. Kondisi ini menimbulkan keluhan berupa rasa nyeri sendi, bengkak, serta sendi terasa kaku. Pembengkakan yang menyakitkan inilah yang menjadi pemicu tulang keropos dan kelainan pada bentuk sendi.

Itu tadi beberapa penyakit yang timbul karena kebiasaan merokok dan perlu Anda waspadai. Mengingat akan bahayanya, maka jangan menunggu untuk sakit baru memutuskan untuk berhenti merokok. Namun sebaiknya hindari mulai dari sekarang agar terhindar dari resiko buruk yang ada. Meskipun banyak rumah sakit di Tangerang Selatan maupun daerah lainnya yang akan membantu, namun sebaiknya lakukan pencegahan sejak dini agar tidak sakit. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *