Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Pengertian Seni Penurut Pendapat Ahli

Ada pendapat berbeda dari para ahli terkemuka tentang penjelasan seni. Definisi seni oleh para ahli meliputi:

1. Ensiklopedia Indonesia

Dikatakan bahwa seni adalah ciptaan dari semua hal karena orang suka melihat atau mendengarnya.

2. Padmapusphita

Seni berasal dari bahasa Belanda “genie”, bahasa Latin adalah “genius”, yang berarti memiliki kemampuan luar biasa atau dilahirkan sejak lahir. Sementara itu, menurut studi ilmiah di negara-negara Eropa, itu disebut “ART” atau seni visual yang signifikan, yang merupakan media yang dapat melakukan aktivitas tertentu.

3. Ki Hajar Dewantara

Seni, menurutnya, adalah hasil dari keindahan, yang dapat menggerakkan perasaan keindahan bagi mereka yang melihatnya. Karena itu, tindakan manusia dapat mempengaruhi pertumbuhan emosi yang indah yang merupakan seni.

4. Irma Damayanti, M. Sn

Menurutnya, seni dapat dilihat melalui esensi mengekspresikan berbagai kreativitas manusia. Faktanya, seni sangat sulit untuk diekspresikan, dan itu juga membuat sulit untuk menilai bahwa setiap seniman memilih parameter mereka sendiri yang membimbingnya dalam karyanya.

5. Wajan Penggorengan Kartodirdjo

Seni adalah sistem yang koheren karena ia dapat secara efektif melakukan komunikasi, yaitu, menunjukkan secara universal melalui bagiannya.

6. Ira Adriati, M. Sn

Seni adalah proses dan produk dalam pemilihan media, cara berpikir tentang aturan untuk penggunaan media ini dan seperangkat nilai yang menentukan apa yang pantas untuk diterjemahkan melalui media ini melalui ekspresi di kedua arah. , ide-ide, komunikasikan kepercayaan dan perasaan dengan cara seefektif mungkin.

7. Prof. Dr. Suwaji Bastomi

Seni adalah aktivitas internal dengan pengalaman estetika yang diekspresikan dalam bentuk yang hebat dan yang memiliki kekuatan untuk menciptakan emosi dan keheranan.

8. Dr. Sudarmaji

Seni adalah segala bentuk manifestasi internal dan pengalaman estetika yang menggunakan media yang berbeda, seperti bidang yang berbeda, tekstur, garis, tekstur, warna solid, dll. Seni juga dapat berarti mengekspresikan perasaan Sang Pencipta yang ditransmisikan kepada orang tersebut, sehingga dia bisa merasakan apa yang dirasakan oleh pelukis atau pencipta seni.

9. Harry Sulastianto

Ia menyatakan seni budaya sebagai kemampuan untuk mengekspresikan berbagai ide dan pemikiran estetika, termasuk realisasi semua fakultas dan gagasan tentang suatu objek dan suasana, atau sebagai karya yang dapat mempromosikan rasa keindahan, untuk menciptakan peradaban lebih maju

10. Ahdian Karta Miharja

Seni adalah segala bentuk aktivitas spiritual yang mencerminkan realitas dalam sebuah karya, yang bentuk dan isinya memiliki kekuatan untuk membangkitkan keindahan tertentu dalam jiwa penonton.

11. Dr. Nun Y. Damayanti, Dipl.Art

Awalnya, menjelaskan seni adalah proses manusia, jadi seni identik dengan sains. Seni dapat dilihat melalui esensi mengekspresikan berbagai kreativitas manusia.

12. Drs. Popo Iskandar

Seni adalah hasil ekspresi emosi seseorang yang ditransmisikan kepada orang lain dengan tujuan dan kesadaran kehidupan sosial.

13. Chatrin Muler

Seni Merupakam ada hubungannya dengan karya kreatif manusia yang berasal dari unsur rasa.

14. Aristoteles

Klaim bahwa seni adalah tiruan dari alam, tetapi sifatnya harus ideal atau sempurna.

15. Alexander Baum Garton

Seni adalah segala bentuk keindahan yang memiliki tujuan positif untuk membuat penikmat seni bahagia.

16. Immanuel Kant

Tunjukkan bahwa seni adalah bentuk yang penampilan dan ekspresinya tidak pernah menyimpang dari kenyataan, dan seni itu meniru alam.

17. Leo Tolstoy

Seni adalah mimpi karena formula tidak dapat membuktikan kenyataan.

18. Plato dan Rousseau

Seni adalah hasil tiruan alami dari beberapa aspek.

19. Erik Ariyanto

Pengertian Seni adalah kegiatan spiritual yang tercermin dalam bentuk karya dan dapat membangkitkan kesenangan dan kebahagiaan orang lain yang melihat atau mendengarnya.

20. Ensiklopedia

Jelaskan seni sebagai sesuatu yang dapat dilakukan seseorang, bukan karena stimulasi kebutuhan dasar, tetapi karena kesenangan dan kebutuhan spiritual.

Itulah penjelasan singkan tentang Pengertian Seni Menurut Para Ahli seperti referensi dari website Kuliahpendidikan.com semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk teman teman sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *