Bahan Kain Kanvas Dan Berbagai Jenisnya

bahan kain kanvas

Bahan kain kanvas dan jenisnya yang lain adalah salah satu bahan yang populer belakangan ini. Popularitasnya disebabkan karena bahan ini memiliki daya tahan yang tinggi dan tentunya memiliki penampilan yang menarik. Akan tetapi perlu anda ketahui bahwa tidak semua bahan kanvas adalah bahan yang bisa digunakan untuk membuat pakaian seragam anda. Bagi anda yang ingin tahu, jenis kain kanvas apa saja yang bisa digunakan untuk membuat pakaian, berikut ini adalah beberapa ulasan yang bisa kami berikan.

Tentang Bahan Kanvas

Sebelum masuk ke bab yang membahas mengenai jenis kanvas, kita pelajari dahulu beberapa hal mengenai kain kanvas. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kain kanvas adalah kain yang populer dengan seratnya yang tebal yang membuatnya menjadi bahan yang sangat kuat. Karena merupakan bahan yang kuat, dahulu kain kanvas hanya digunakan untuk membuat lukisan sehingga tidak mudah rusak dan robek ketika di gambar dengan menggunakan cat air atau cat minyak. 

Saat ini penggunaan kain kanvas menjadi lebih luas karena banyak digunakan untuk membuat fashion item. Mulai dari digunakan untuk membuat pakaian hingga digunakan untuk membuat fashion item aksesoris seperti tas dan juga sepatu. 

Bahan Untuk pembuatan kain kanvas

Selain mengenai penggunaannya, bahan yang digunakan untuk membuat kain kanvas di masa dahulu dan juga masa sekarang juga berbeda. Hal ini disebabkan karena memang penggunaan dari kain kanvas yang makin luas. Pada masa lalu, kain kanvas merupakan kain yang dibuat dengan menggunakan bahan jerami. Bahan inilah yang membuat kain kanvas menjadi kain yang sangat kuat. 

Untuk saat ini, kain kanvas juga bisa dibuat dari banyak bahan lainnya mulai dari bahan kapas, linen hingga bahan sintetis lain seperti bahan polyester. Pembuatan kanvas dengan menggunakan bahan kain kanvas ini di pilih dan ditentukan berdasarkan jenis penggunaan dari kain kanvas itu sendiri. 

Beberapa Jenis Bahan Kanvas

Kini kita masuk ke dalam jenis dari kain kanvas yang bisa ditemukan di pasar, karakteristik dan penggunaannya. 

  • blancu

Merupakan kain kanvas yang memiliki kekuatan yang paling kecil. Jenis kain kanvas ini lebih banyak digunakan untuk tas. Akan tetapi produk tas yang digunakan bukan tas yang besar karena daya tampung dan daya tahannya yang kecil. 

  • ripstop

Merupakan kain kanvas yang memiliki daya tahan lebih baik dibandingkan dengan blancu. Biasanya kain ini ditemukan dengan penampilan serat kotak-kotak yang menjadi ciri khasnya. 

  • marsoto

Merupakan bahan kain kanvas yang cukup baik. Bahan kain kanvas ini banyak digunakan untuk bikin seragam kerja . Kelebihannya bahan ini cukup kuat dan memiliki ciri bintik mirip kain condura. Bahan ini juga memiliki kelenturan yang baik dan tidak mudah robek. Hal inilah yang membuat harganya cukup mahal.

  • Bahan baby canvas 

Merupakan bahan paling cocok untuk membuat pakaian dan tas. Bahan ini memiliki penampilan yang lembut dan lentur. Penampilan yang dimilikinya cukup mewah. Karena kekuatannya, bahan kain kanvas ini menjadi cukup tahan lama ketika digunakan. 

  • Jenis Polyester

Merupakan jenis kain kanvas dengan bahan pembuatan dari campuran polyester dan katun. Kelebihannya adalah kekuatan yang dimilikinya, sayangnya bahan ini cukup panas sehingga hanya cocok digunakan untuk membuat tas

  • Jenis sueding

Merupakan kain kanvas yang memiliki penampilan agak berbulu dan tipis. Sangat cocok digunakan untuk membuat pakaian. Untuk membuat pakaian dengan bahan kain kanvas ini anda bisa menemukannya di jasa kami yaitu Sintesa Konveksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *