Strategi Pemasaran dalam Atmosfer Kompetensi Ekonomi Digital

Hadirnya teknologi yang semakin berpengaruh dalam berbagai bidang, termasuk juga dalam bidang ekonomi. Banyak kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi dalam dunia ekonomi. Salah satunya adalah hadirnya ekonomi digital. Digitalisme dalam dunia ekonomi menawarkan pemasaran yang luas untuk pegiat bisnis dan usaha.

Salah satunya adalah hadirnya ekonomi digital. Digitalisme dalam dunia ekonomi menawarkan pemasaran yang luas untuk pegiat bisnis dan usaha.

Produk atau jasa yang Anda tawarkan bisa dikenal oleh masyarakat luas. Apalagi jika Anda aktif menggunakan media sosial. Namun, tentu saja kehadiran digitalisme dalam dunia ekonomi membuat persaingan bisnis menjadi lebih ketat. Lalu bagaimana strategi pemasaran pada kompetisi digitalisme ekonomi ini?

Strategi Pemasaran

  • Perhatikan AIDA dalam Pemasaran Digital

Dalam pemasaran digital terdapat istilah yag cukup populer yaitu, AIDA yang merupakan singkatan dari Awarness (kesadaran), Interest (ketertarikan), Desire (keinginan), dan Action (tindakan). Istilah ini merupakan langkah-langkah untuk melakukan pemasaran dalam digitalisme ekonomi.

Strategi pemasaran digital ini merupakan yang paling mendasar untuk ikut berkompetisi dalam era digitalisme. Istilah AIDA ini perlu diperhatikan oleh pegiat bisnia. Pasalnya, pemasaran dilakukan untuk memperkenalkan produk atau jasa dan membentuk branding usaha tersebut.

  • Memahami Target Pasar

Untuk dapat berkompetisi dalam digitalisme ekonomi, Anda harus memahami target pasar terlebih dahulu. Pasalnya, produk dan jasa tersebut tentu memiliki target konsumen. Karena target merupakan titik dari sebuah bisnis agar tetap berjalan. Maka dari itu, Anda harus memahami target pasar dengan menjawab pertanyaan siapa yang akan membeli atau menggunakan produk/jasa Anda.

  • Priositaskan dan Maksimalkan saluran Pemasaran

Ekonomi digital saat ini menawarkan banyak tempat untuk Anda memasarkan produk. Bukan hanya melalui SMS atau nomor telepon, pebisnis bisa memasarkan produknya melalui media sosial. Hal ini tentu sangat membantu untuk mengenalkan produk atau jasa dan hingga menarik pembeli.

Ada banyak saluran yang bisa Anda gunakan untuk strategi pemasaran Anda. Misalnya dengan menggunakan facebook ads, Instagram, Twitter atau membuat akun pada e-commers. Anda harus memahami saluran mana yang lebih cocok untuk mempromosikan produk Anda.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan website bahkan youtube. Dengan menghadirkan konten-konten yang menarik, maka followers atau pengikut akan semakin bertambah. Dengan begitu, orang-orang yang melihat tawaran produk atau jasa Anda menjadi lebih bertambah.

Anda juga bisa memaksimalkan saluran atau akun medsos usaha Anda dengan melakukan branding di dunia maya. Misalnya dengan mencantumkan email bisnis Anda, feeds instagram yang menarik hingga membuat konten-konten tertentu. Sehingga eksistensi usaha Anda akan menonjol dibanding dengan pesaing.

  • Buat Kesan Menarik dan Profesional

Membentuk branding atau citra usaha dalam menjalankan bisnis di era digital ini sangat diperlukan. Dengan branding yang tepat, sebuah usaha bisa mendapatkan kesan yang baik dan menarik pelanggan atau pembeli. Kesan yang professional tentu akan lebih menarik dan meyakinkan dibanding tidak melakukan branding sama sekali.

  • Selalu Update Informasi dan Upgrade Kemampuan

Tidak dipungkiri bahwa teknologi membuat aktivitas manusia menjadi lebih cepat dan praktis. Sehingga kecepatan dan ketetapan sangat dibutuhkan, baik dalam menawarkan produk maupun jasa. Selain itu, kemajuan teknologi yang semakin masif membuat pegiat usaha mau tidak mau mengikuti dan selalu meng-upgrade kemampuannya.

Pasalnya, persaingan yang begitu ketat membuat para pebisnis berlomba-lomba menawarkan sistem transaksi yang paling mudah. Termasuk dalam meng-upgrade skill dalam pemasaran digital dan teknologi.

Itulah beberapa strategi pemasaran dalam atmosfer kompetensi ekonomi digital yang harus dilakukan oleh pegiat usaha, agar produk atau jasa yang ditawarkan tetap eksis di kalangan konsumen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *