Peran Penting Doa Iftitah dalam Sholat

Doa iftitah adalah doa pembuka yang dibaca umat muslim saat mengawali sholatnya. Doa ini dibaca setelah takbiratul ihram, sebelum membaca surat al-fatihah.

Sesuai artinya, doa ini berperan sebagai pembuka percakapan hamba dengan tuhannya dalam sholat. Ibarat menghadap raja untuk memohon sesuatu, doa iftitah berperan sebagai ikrar kepatuhan dan pujian pada raja agar tersentuh dan ringan hati untuk mengabulkan permintaan.

Dalam artikel ini, saya akan mencoba menjabarkan peranan penting doa iftitah dalam sholat. Harapan saya menulis artikel ini adalah agar saudara-saudara muslim memahami dan tidak meninggalkan doa iftitah dalam shoatnya.

Peran Penting Doa Iftitah

  • Sarana Mendekatkan Diri Kepada Alloh Swt

Peran penting doa iftitah diantaranya adalah sebagai sarana seorang hamba untuk mendekat terlebih dahulu kepada Alloh Swt sebelum mengutarakan permohonannya dalam bentuk doa.

Doa iftitah berperan sebagai sarana mendekat dengan lafadz yang terkandung didalamnya, yaitu lafadz ikrar taat, tunduk, dan berserah diri hidup maupun mati. Pernyataan inilah yang berperan penting guna mendekatkan hamba pada tuhannya.

  • Mengangkat doa

Dalam sebuah riwayat yang shohih, Nabi Muhammad Saw pernah bersabda:

” Aku melihat 12 Malaikat bersegera menuju kepadanya (Laki – Laki Muslim), mereka saling berlomba untuk mengangkat doa itu kepada Allah Subhanahu wa ta’ala (Hadits Riwayat Muslim, No. 1385) ”.

Sabda beliau tersebut terucap setelah melihat seorang laki-laki yang membaca salah satu doa iftitah dalam mengawali sholatnya.

  • Membuka Pintu Langit

Dengan terbukanya pintu langit, tentu tak ada lagi halangan untuk sampainya doa kita kepada Alloh Swt. Keutamaan ini berdasarkan sebuah hadits shahih.

Dari Ibnu Umar RA bahwa Ibnu Umar berkata : ” Ketika kami mengerjakan Shalat bersama Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam, ada Laki – Laki Muslim yang membaca Doa Iftitah Saat Shalat. Lalu Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Aku heran, dibukakan bagi nya Pintu – Pintu Langit ”.

Demikian artikel singkat tentang peran penting doa iftitah dalam sholat ini. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi motivasi untuk tidak meninggalkan bacaan doa iftitah dengan mudah.

BACA JUGA:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *