Poin Penting Dalam Memilih Jasa Katering Pernikahan

guestontap.com Ada banyak sekali poin penting yang harus anda ketahui sebelum melangsungkan acara pernikahan. Salah satunya adalah tentang pemilihan penyedia jasa katering pernikahan ini. Kenapa? Karena nantinya anda akan melimpahkan tanggung jawab atas serangkaian menu dan citra rasanya kepada penyedia layanan tersebut.

profil aisya catering

Lantas, apa sajakah poin-poin penting tersebut? Nah berikut akan kami ulas secara lengkap Poin Penting Dalam Memilih Jasa Katering Pernikahan.

1. Anggaran Biaya

Nah, hal yang paling sangat penting untuk terlebih dahulu dipertimbangkan adalah masalah anggaran dana yang nantinya akan anda gunakan untuk menyewa jasa catering wedding tersebut. Tentunya, setiap penyedia jasa akan memberikan rate yang berbeda-beda. Namun, pilihlah salah satu penyedia jasa catering wedding yang tidak hanya memberikan harga layanan yang terjangkau, namun juga dengan pilihan menu beragam.

Baca Juga : 5 Ide Souvenir Pernikahan yang Disukai Para Tamu

Yang jelas, anda terlebih dahulu diharuskan untuk menanyakan bagaimana daftar harga menu katering yang mereka sediakan. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan anggaran dana yang sudah disediakan, ya!

2. Pencicipan Menu

Siapa sangka anda harus terlebih dahulu melakukan pencicipan menu yang mereka sediakan? Karena terkadang rasa yang diberikan tidak selalu berbanding lurus dengan keindahan bentuk menu-menu yang disediakan. Tidak ada salahnya mencicipi menu-menu yang tersedia terlebih dahulu untuk melakukan perbandingan dan menentukan mana yang sekiranya lebih cocok dengan selera anda.

Pastikan juga beberapa unsur lainnya seperti kebersihan makanan yang disediakan. Tentu saja ada banyak review yang bisa anda temukan baik di website resmi maupun pernyataan dari para pelanggan mereka sebelumnya. Namun, menentukan, mencicipi dan melihat secara langsung akan memberikan nuansa yang berbeda.

3. Penyajian Makanan

Pihak katering sendiri pastinya memiliki beberapa cara penyajian makanan yang biasa mereka gunakan. Misalnya saja dengan cara angkringan, dimana tamu-tamu undangan bisa dengan leluasa memilih jenis masakan yang ingin mereka makan dan cicipi. Atau bahkan menyediakan dengan porsi yang sudah mereka tentukan sendiri.

Sehingga, para tamu pernikahan anda hanya perlu mengambil tampa perlu repot-repot memilih dan menentukan seberapa banyak porsi makanan tersebut. Tata cara penyajian makanan ini nantinya juga akan berhubungan dengan budget pernikahan yang anda sediakan. Karena tentu saja harga untuk penyajian mode angkringan akan jauh lebih mahal.

4. Penyesuaian Tema Pernikahan

Tahukah anda bahwasanya tema pernikahan yang mungkin sudah anda diskusikan dan tentukan dengan jasa wedding organizer harus sesuai dengan menu catering wedding? Penyesuaian tema ini akan memberikan keselarasan dan keharmonisan dalam sebuah pesta pernikahan. Misalnya saja ketika anda memilih tema atau nuansa lokal, maka mungkin jenis hidangan yang dipilih lebih menyesuaikan dengan menu-menu sederhana.

Hal ini akan jauh lebih berbeda ketika anda menggunakan atau memilih tema-tema pernikahan tertentu atau tema yang tidak umum. Tentu saja penyesuaian menu dengan tema pernikahan ini harus terlebih dahulu dibicarakan dan ditentukan oleh penyedia jasa katering.

5. Menu Komplit

Setidaknya, sebuah katering pernikahan akan menyediakan menu yang simbang untuk menyempurnakan citra rasa dan kebutuhan di sebuah pesta pernikahan. Misalnya saja menu pembuka, menu utama dan penutup, bukan? Jadi, sebagai salah satu calon pengantin yang memilih menu katering, pastikan anda tetap memilih pilihan menu yang seimbang.

Misalnya saja, jangan lupa untuk memilih jenis menu yang berbeda. Seperti pemilihan menu makanan “berat” dan makanan “ringan” untuk menutup selera para tamu. Jangan lupakan juga pemilihan minuman yang akan anda gunakan untuk menjamu para tamu nantinya. Sebagai orang Indonesia, jangan lupa untuk tetap menyediakan air mineral walaupun anda akan memilih beragam jenis minuman yang memiliki citra rasa berbeda nantinya.

6. Perhatikan Porsi

Biasanya, pihak penyedia layanan katering pernikahan ini sudah bisa memastikan seberapa banyak porsi yang dibutuhkan berdasarkan perkiraan jumlah tamu undangan. Anda hanya perlu memberi tahukan seberapa banyak nantinya tamu undangan yang akan datang pada pesta pernikahan anda tersebut. Maka pihak katering akan mulai mengasumsikan seberapa banyak keperluan menu yang seharusnya anda butuhkan untuk acara tersebut.

Jangan sampai di hari yang bersejarah ini, anda malah mengalami masalah kehabisan menu makanan yang seharusnya tersedia untuk mencukupi kebutuhan para tamu. Jadi, usahakan untuk menyisakan beberapa porsi luang melebihi daftar tamu yang akan anda undang tersebut. Karena kita tidak pernah bisa menduga seberapa banyak nantinya tamu undangan yang akan datang, bukan? Nah hal inilah yang seharusnya menjadi bahan pertimbangan sebelum menetapkan porsi menu kepada pihak catering wedding tersebut.

Demikianlah beberapa pion penting yang harus menjadi bahan pertimbangan ketika hendak memsan atau menggunakan jasa katering pernikahan. Tidak hanya hal di atas, anda juga harus mengetahui beragam hal yang seharusnya dihindari saat memesan jasa katering pernikahan ini, seperti :

• Hindari untuk memesan menu-menu yang sangat merepotkan, kenapa? Karena ini nantinya akan menyulitkan pihak katering untuk menyajikannya.
• Hindari menu yang “aneh”. Menu aneh yang dimaksud adalah rangkaian menu yang mungkin tidak umum bagi kalangan tamu yang datang. Tentu saja ini akan berhubungan nantinya dengan selera para tamu yang akan mencicipinya.

Dengan mengetahui dan menerapkan beberapa poin-poin tersebut, maka seharusnya tidak ada lagi masalah ketika anda menentukan layanan jasa katering pernikahan yang tepat.

Sumber : Catering Surabaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *