Cara screenshot di laptop Windows 10 (Pakai dan Tanpa Tombol)

Cara screenshot di laptop Windows 10 (Pakai dan Tanpa Tombol) – Mengambil tangkapan layar atau disebut juga screenshot adalah cara untuk menangkap tampilan gambar diam di layar, baik di PC atau Laptop Window, Linux, Mac atau juga di layar ponsel pintar dan tablet.

Cara screenshot di laptop Windows 10

Gambar yang di-screenshot bisa apa saja, dimulai dengan tampilan sebuat aplikasi, berita dan situs web, atau semua yang Anda butuhkan untuk di-save dan di-share ke seseorang dalam format gambar.

Langkah-langkah sederhana untuk mengambil tangkapan layar pada laptop yang biasanya dilakukan adalah mengambil gambar layar/ screen capture dan kemudian menyimpannya dalam bentuk file foto di folder tertentu atau menempelkannya (paste) ke aplikasi tertentu, seperti Paint , Microsoft Word, Power Point, Photoshop atau Corel.

Teknik screenshot di layar laptop atau komputer, Ada sekian cara yang dapat Anda pakai, tergantung pada sistem operasi apa yang kalian pakai. Seperti yang jamak banyak orang ketahui, ada banyak jenis sistem operasi laptop seperti Linux, Mac atau Windows, yang dapat digunakan oleh kebanyakan orang.

Hal pertama yang dibahas adalah bagaimana Anda dapat menangkap/ screen capture layar laptop ASUS di Windows atau laptop (lainnya) Pakai Snipping Tool

Cara Screenshot di Laptop Windows 10 Menggunakan Snipping Tool

Metode pertama screen capture pada laptop di OS Windows adalah melalui program atau software Snipping Tool. Apa sih Snipping Tool itu? Snipping Tool merupakan program bawaan Windows standar yang sekarang tersedia secara gratis, jadi Anda tidak perlu mengunduhnya lagi.

Aplikasi Snipping Tool ini dapat ditemukan di Windows Accessories untuk Windows 8 dan Windows 10.

Faktanya, lokasi Snipping Tool bervariasi tergantung pada jenis Windows; Jika Anda tidak yakin di mana letaknya, cukup cari di kolom pencarian Windows. Pada kolom search Windows ketikkan snipping tol dan aplikasi tersebut akan muncul.

Buat screenshot di laptop dengan aplikasi Snipping Tool dalam berbagai tahapan. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukannya.

  • Pertama buka layar atau bagian yang ingin Anda screenshot.
  • Buka aplikasi Program Snipping Tool dan kemudian klik New.
  • Kemudian pilih bagian yang ingin Anda save atau gunakan dengan cara menyeret pointer mouse (klik kiri mouse,lalau seret) ke bagian layar yang ingin Anda ambil dan kemudian lepaskan.
  • Jika benar dan sesuai keinginan, klik ikon Disket (save) untuk menyimpannya.

Screenshot PC/ Laptop Dengan tombol Prnt Scrn

Pada keyboard laptop atau pada tombol keyboard ada tombol dengan teks simbol Prnt Scrn atau bisa juga ber-simbol Prnt Sc Sysrq. Biasanya ada di baris ketiga dari sudut kanan atas laptop.

Kalian yang familir dengan Windows 10, Di layar laptop tentu tahu penggunaan tombol Prnt Scr sebagai cara simpel dan cepat untuk men- screenshot di laptop. Terutama pengguna Windows yang menggunakan metode ini untuk mengambil screenshot.

Singkatnya, cara menangkap pada laptop dengan kombinasi tombol ambil layar Windows dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu:

  1. PrntScrn mengambil tangkapan layar dari gambar penuh di layar laptop
  2. Alt + PrntScrn hanya mengambil tangkapan layar di jendela aktif

Untuk mengambil tangkapan layar, menggunakan tombol PrntScrn, ada kombinasi berbeda tergantung pada anatomi keyboard yang Anda gunakan. Untuk beberapa laptop yang mengambil tangkapan layar ini, perlu untuk menambahkan kombinasi tombol Fn atau kunci Windows secara khusus ke laptop merek selain ASUS alih-alih memberikan perintah PrntScrn doang.

Jadi pintasan yang Anda butuhkan adalah Fn + PrntCrn atau Anda juga dapat menggunakan Fn + Alt + PrnScrn. Setelah menekan tombol PrntScr, Anda harus membuka aplikasi pendukung seperti Photoshop, Paint atau Anda juga dapat menggunakan aplikasi Microsoft Word untuk menempelkan gambar yang sedang Anda screenshot.

Begitu mudah bukan cara screenshot di laptop windows 10 ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *