Usaha Online Yang Tetap Berjalan Meski Terjadi Pandemi

Source: IDN Times

Tidak sah rasanya jika anda sering menyebut sesuatu namun tidak mengetahui maknanya secara keseluruhan. Ya, hal ini juga berlaku untuk istilah “peluang usaha” yang mungkin sering anda dengar dan ucapkan sendiri.

Peluang usaha terdiri dari 2 kata, yaitu “peluang” dan “usaha”. Peluang, memiliki arti sebuah kesempatan pada masa yang akan datang dan akan selalu dicari oleh orang. Sedangkan usaha, memiliki arti berbagai upaya yang dilakukan oleh seseorang untuk meraih keuntungan.

Peluang usaha memiliki berbagai makna jika dilihat secara sempit maupun secara luas. Berikut ini penjabarannya :

Pengertian Secara Sempit

Peluang usaha jika dilihat secara sempit, adalah suatu upaya yang dilakukan oleh seseorang demi meraih keuntungan di masa depan. Makna secara sempit ini didukung dengan berbagai pendapat para ahli, yaitu Thomas W. Zimmerer.

Menurut beliau, peluang usaha adalah sebuah upaya yang diterapkan pada kehidupan dan terdiri dari unsur kreativitas serta inovasi demi melihat kesempatan yang datang setiap hari serta demi problem solving.

Pengertian Secara Luas

Sedangkan makna peluang usaha secara luas adalah usaha yang dilakukan oleh individu atau sekelompok orang untuk mendapatkan penghasilan sekaligus laba. Untuk bisa mendirikan usaha, secara luas maknanya mengandung unsur kerjasama, penghitungan, analisis, proyeksi, dan masih banyak lainnya.

Beberapa ahli yang mendukung makna dari peluang usaha secara luas diantaranya adalah :

  • Robbin and Coulter : sebuah proses jangka panjang yang melibatkan individu ataupun kelompok dengan proyeksi usaha dan rencana tertentu yang bertujuan untuk menciptakan nilai tambah guna demi memenuhi kebutuhan tanpa memperhatikan sumber daya yang digunakan.
  • Arif F. Hadiparanata : resiko yang sebaiknya diambil dan mau tidak mau harus dihadapi demi melakukan pengelolaan serta pengaturan berbagai urusan yang memiliki hubungan dengan finansial pihak-pihak terkait.

Berikut ini berbagai cara yang bisa dilakukan oleh seseorang untuk mendapatkan peluang usaha yang bagus :

Melalui Jaringan Sosial

Sebagai makhluk yang selalu membutuhkan orang lain dalam kehidupannya (makhluk sosial), manusia pun bisa mendapatkan peluang usaha melalui jaringan sosial. Contoh upaya mendapatkan kesempatan bisnis melalui relasi adalah sebagai berikut :

  • Memperbanyak kenalan atau relasi
  • Memberikan kartu nama kepada pihak lain terlebih dahulu
  • Berinisiatif menghubungi orang lain untuk dijadikan mitra
  • Membangun hubungan baik dengan banyak orang melalui berbagai perkumpulan
  • Selalu mendukung berbagai kegiatan positif yang dilakukan oleh rekan
  • Sering-sering melakukan sharing pengalaman ketika berkumpul dengan rekanan
  • Memiliki sifat percaya diri dan optimis, sehingga rekan akan nyaman ketika berkumpul bersama
  • Memiliki inisiatif untuk bertanya kepada orang yang lebih ahli

Dengan melakukan berbagai cara di atas, maka anda akan lebih mudah mendapatkan peluang usaha melalui jejaring sosial yang anda miliki.

Melalui Internet

Perkembangan internet yang semakin pesat tentu saja harus diiringi dengan peningkatan skill dan kemampuan diri menangkap peluang yang ada. Karena sejatinya di internet ada banyak sekali peluang usaha yang bisa didapatkan dan membuat anda memperoleh keuntungan berlipat ganda. Apabila internet Anda manfaatkan untuk optimasi website, solusi terbaik untuk rangking di Google bisa menggunakan jasa Backlink PBN

Berikut ini berbagai peluang usaha yang bisa anda dapatkan melalui internet :

  • Memperbanyak wawasan tentang berbagai usaha yang bisa didapat melalui internet
  • Selalu melatih skill pada bidang keilmuan yang anda sukai walau melalui internet
  • Mengikuti berbagai forum online yang memungkinkan anda mendapatkan kenalan baru
  • Menjaga hubungan baik dengabn mitra yang didapat melalui interet
  • Membuat akun media sosial yang diperlukan untuk memperluas relasi
  • Dan lain sebagainya

Dengan melakukan berbagai hal tersebut, maka anda bisa mendapatkan mitra dari internet serta peluang usaha secara praktis.