Jenis Mesin Percetakan Kertas

Jenis Mesin Percetakan Kertas

Mesin percetakan kertas merupakan peralatan yang sangat penting dan dibutuhkan oleh berbagai bidang usaha. Mesin yang digunakan untuk mencetak kertas dapat berupa mesin cetak offset dan cetak digital. Only Print adalah print shop yang melayani percetakan kertas seperti cetak buku, undangan, koran, dan lain-lain.

Mesin percetakan offset dan percetakan digital hadir untuk memenuhi kebutuhan seseorang yang ingin mencetak sesuatu dalam jumlah banyak dan cepat. Di Only print memiliki kedua jenis tersebut, sehingga dapat membantu Anda yang sedang ingin mencetak sesuatu.

Jenis-jenis Mesin Percetakan Kertas Di Only Print

Mesin yang digunakan untuk mencetak berbagai macam kertas tentulah beragam. Berikut beberapa jenis beserta penjelasan mengenai mesin cetak kertas:

Mesin Cetak Offset

Mesin cetak offset merupakan mesin yang digunakan untuk mencetak dalam jumlah besar. Mesin ini membutuhkan beberapa proses desain mulai dari penentuan jenis kertas, perhitungan kertas, hingga pembelian. Setelah menentukan ukuran dan jenis kertas Anda harus memilih repro film master yang akan digunakan.

Biasanya repro film master memiliki bentuk seperti plat yang dipakai di atas mesin cetak offset. Kelebihan yang dimiliki mesin cetak offset ialah mampu mencetak dalam jumlah banyak dan cepat. Mesin ini sangat cocok digunakan untuk mencetak kertas dalam jumlah banyak seperti buku, majalah, dan lain sebagainya.

Ukuran yang bisa dicetak mesin ini juga sangat bervariasi mulai dari ukuran A3 hingga A0. Adapun ciri-ciri yang dimiliki oleh mesin cetak offset, yakni:

  1. Menggunakan listrik yang berkomponen mekanis untuk menggerakkannya.
  2. Paper plate atau teknik mencetak dengan memanfaatkan master.
  3. Proses pencetakannya dengan cara pemindahan huruf pada blanket dan dibantu oleh zat kimia serta air.
  4. Dapat mencetak pada kertas doorslag dengan berbagai macam ukuran.
  5. Mampu mencetak gambar maupun foto berwarna.
  6. Mesin Cetak Digital Offset

Mesin cetak ini merupakan jenis mesin fotocopy yang bisa mencetak dalam bentuk digital. Cetak digital memiliki keunggulan lebih cepat dan akurat dibandingkan dengan mesin offset biasa. Produk yang dihasilkan dari mesin ini hampir sama dengan mesin cetak offset seperti buku, majalah, kalender, katalog, dan lain sebagainya.

Ukuran yang bisa dicetak oleh mesin ini juga sangat bervariasi, bahkan bisa mencetak ukuran B2. Only print memiliki mesin cetak digital offset yang kapasitas cetaknya besar.

Flexography

Flexography merupakan mesin percetakan yang biasa digunakan untuk mencetak kemasan suatu produk. Meskipun tidak hanya mencetak kertas, namun mesin ini dapat digolongkan ke dalam mesin percetakan kertas. Hal tersebut dikarenakan banyak kemasan produk yang juga menggunakan kertas.

Mesin cetak offset merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi pengusaha maupun perorangan. Pasalnya kebutuhan berbagai hal dengan bahan dasar kertas sangat banyak seperti buku, kalender, majalah, undangan, poster, dan lain-lain. Mesin cetak offset dan cetak digital akan sangat membantu karena mampu mencetak secara cepat dalam jumlah besar.