Tips Membaca Mengerjakan Soal Reading Test (Kursus Bahasa Inggris)

Kursus Bahasa Inggris – Saat kerjakan masalah bahasa Inggris, seperti Toefl atau tes bahasa Inggris lainnya, sisi yang paling sulit ialah kerjakan reading tes.

Kursus Bahasa Inggris

Ini karena bukan lantaran susahnya soal-soal yang diberi pertanyaankan, tetapi kita harus membaca teks yang benar-benar panjang dengan vocabulary yang jarang-jarang kita jumpai ditambah dengan waktu yang disiapkan terbatas. Mengakibatkan, reading tes section seringkali jadi pemicu biang hancurnya nilai kita.

Tetapi, tahukah Anda, sebetulnya ada banyak panduan yang dapat diaplikasikan untuk menangani soal-soal reading comprehension tes, hingga Anda dapat menangani soal-soal itu dengan gampang.

Di bawah ini ialah cara-cara atau tehnik serta stategi yang dapat Anda aplikasikan dalam membaca reading comprehension test.

Tips Membaca Reading Test

Fokus Pada Soal Terlebih Dulu

Kekeliruan yang seringkali dilaksanakan oleh siswa dalam kerjakan masalah reading tes ialah membaca teks terlebih dulu sebelum membaca pertanyaanya.

Ini membuat apakah yang Anda baca awalnya jadi tidak bermakna sebab tidak paham apakah yang diharap oleh masalah. Mengakibatkan, saat ingin menjawab masalah, Anda lupa dengan yang baru saja dibaca.

Oleh karenanya, coba ketahui terlebih dulu apakah yang masalah tanyakanlah, selanjutnya baru cari jawabannya di teks itu.

Dengan demikian, Anda dapat simpan pertanyaan-pertanyaan di otak, waktu Anda membaca teks itu.

Jangan Membaca Keseluruhan Teks

Membaca teks yang panjang dalam reading tes benar-benar menghabiskan waktu. Mengakibatkan, Anda dapat kehabisan waktu untuk kerjakan masalah – masalah lainnya.

Jangan sampai membaca semua teks, tapi bacalah dengan cari beberapa bagian yang terkait dengan pertanyaan, selanjutnya tandai dengan pensil atau pulpen.

Membaca dengan Teknik

Dibanding membaca keseluruhnya teks yang panjang, Anda dapat membaca dengan memakai tehnik membaca cepat, yakni scaning atau skimming.

Skimming

Skimming ialah membaca cepat dengan melompati kata yang tidak penting seperti preposisi serta meremehkan beberapa kata susah yang tidak Anda kenali.

Membaca skimming mempunyai tujuan untuk memperoleh deskripsi umum mengenai ulasan dalam teks atau juga bisa cari jawaban untuk pertanyaan cari tema penting teks itu (Main topic).

Scanning

Kecuali skimming, Anda dapat coba tehnik scanning. Dengan tehnik ini, Anda tak perlu lagi membaca teks, tetapi cukup dengan memindainya.

Anda harus menggerakan mata Anda secara cepat di atas ke bawah serta stop pada keyword yang terkait dengan pertanyaan dalam hal, seperti nomor, tanggal, vocabulary spesifik, dan sebagainya. Ini dilaksanakan untuk mendapatkan tempat jawaban di teks.

Strategi Mengerjakan Soal Reading Test

Di bawah ini ialah beberapa pendapat untuk menjawab model-model pertanyaan dalam reading comprehension tes!

1. Mencari topic of the text/Main idea

Contoh:

The text is mainly discussed about?

What is the main idea of paragraph 2?

What is topic of the text?

Bacalah kalimat pertama selanjutnya kalimat paling akhir dalam satu teks itu, lantas cocokkan dengan beberapa pilihan yang berada di dalam hal. Ini dilaksanakan sebab umumnya topic of the text terdapat di kalimat penting serta kalimat akhir pada teks.

2. Mencari conclusion

Contoh:

Based on the text above, we can conclude that?

What is the conclusion of the text?

From the text we may conclude that?

Bacalah dengan tehnik skimming serta dapatkan deskripsi riil mengenai teks itu, lantas mencari pilihan yang sesuai deskripsi keseluruhnya teks itu.

3. Mencari makna vocabulary

Contoh:

According to the text, sophisticated in line 7th is related to?

What is the closet meaning exaggerated in line 4th?

Kerjakan scanning, lantas dapatkan vocabulary yang disebut serta bacalah kalimat yang memiliki kandungan vocabulary itu. Anda dapat mendapatkan vocabulary susah itu dengan menebaknya dalam kerangka kalimat utuh.

Kursus Bahasa Inggris

4. Cari true or false statement

Contoh masalah:

Which of the following pernyataan is not true?

Which of the following pernyataan is true about the text above?

Bacalah tiap pilihan dalam pertanyaan, lantas cocokkan dengan kalimat di teks dengan lakukan tehnik scanning, yakni dengan cari kalimat yang sesuai pilihan itu serta periksalah apa pengakuan itu betul atau mungkin tidak.

5. Mencari maksud atau rujukan sebuah pernyataan atau kata dalam kalimat.

Contoh:

It/they in line 6th refers to?

Temukanlah kalimat atau kata itu dengan tehnik scanning, lantas bacalah kalimat awalnya sebab umumnya referensi dari pengakuan itu berada di kalimat awalnya.

Demikian tips serta strategi membaca dan mengerjakan soal-soal reading comprehension tes. Kursus Bahasa Inggris ? ya di Jagobahasa.com Mudah-mudahan artikel ini dapat berguna buat Anda untuk hadapi tes bahasa Inggris, terutamanya reading tes. Tetapi ingat, terus berlatih sebab dengan berlatih Anda bisa menjadi fasih.