Peluang Usaha Warung Kopi

Peluang usaha warung kopi adalah peluang usaha yang sangat baik untuk dijalankan.

Warung kopi adalah usaha yang telah hadir di Indonesia sejak jaman belanda hingga saat ini.

Sebagian besar orang Indonesia tidak dapat terpisahkan dengan kebiasaan minum kopi.

Selain Kopi banyak dihasilkan di negeri kita ini, penduduknya juga punya kegemaran minum kopi di warung kopi.

Untuk memulai usaha warung kopi yang pertama-tama perlu diperhatikan adalah kualitas kopi yang akan digunakan sebagai bahan utama, karena kopi dengan kualitas terbaik akan memberikan cita rasa yang sangat tinggi.

Peluang Usaha Warung Kopi

Di Indonesia sendiri kopi yang paling sering dikonsumsi adalah kopi arabika dan kopi torabika. baca juga: https://irvanhafid.web.id/

Kedua jenis kopi ini telah melegenda tapi bukan cuma itu saja yang ada di Indonesia, masih banyak jenis lain yang dapat menjadi pilihan, tergantung apa yang konsumen inginkan.

Jika anda telah mendapatkan bahan baku kopi yang berkualitas, maka perlu anda perhatikan lagi yang lain yang dapat menjadi pelengkap tapi sangat dibutuhkan para penikmat kopi.

Tempat yang nyaman dengan fasilitas TV, area hotspot (Internet WiFi) tentu akan memberikan warna tersendiri pada warung kopi yang akan dibuat.

Terlebih lagi jika warung kopi dilayani dengan pelayan yang ramah dan cantik. Selain itu keperluan lain seperti gorengan, rokok dan kue-kue sangat perlu disiapkan.

Selain itu yang tak kalah pentingnya untuk diperhatikan adalah tempat usaha.

Untuk membuka usaha warung kopi, tempat yang strategis sangat menentukan.

Sebaiknya jika anda ingin memulai usaha ini cari tempat yang banyak orang sering ngumpul, misalnya di daerah sekitar pasar tradisional atau daerah perkantoran.

Tidak usah takut untuk sewa sebuah tempat yang strategis dengan harga mahal daripada cari tempat murah tapi tidak ada orang yang singgah di warung kopi.

Untuk itu, jika sekarang anda ada niat untuk buka usaha warung kopi, mulai sekarang anda harus menabung mengumpulkan modal usaha, atau mengajukan kredit usaha dengan agunan kendaraan bermotor.

Sebagai kesimpulan, berikut beberapa tips yang dapat digunakan untuk memulai usaha warung kopi:

  1. Perhatikan Citarasa Kopi : Harus anda sadari bahwa orang yang singgah di warung kopi anda kelak adalah orang-orang yang gemar dengan kopi, jadi jika anda hanya menyuguhkan kopi yang tidak bermutu dengan citarasa dibawah standar dapat dipastikan orang tersebut tidak akan singgah kedua kalinya di warung kopi anda.
  2. Utamakan Selera Masyarakat : Ini sangat penting karena jika anda idealis dengan selera anda tidak memperhatikan apa yang masyarakat inginkan, maka pelanggan warung kopi anda hanya anda sendiri. Untuk itu perhatikan disekitar anda, siapa yang setiap hari datang ke warung kopi anda.
  3. Inovatif dalam berusaha : Kreatifitas sangat diperlukan dalam menjalankan usaha agar apa yang anda jalankan tidak sama dengan kompetitor disekitar anda. Faktor pembeda sangat diperlukan agar dapat mencuri perhatian para pelanggan. Faktor pembeda dapat muncul dalam bentuk kemasan penyajian atau citarasa kopi itu sendiri.
  4. Kenali kemampuan ekonomi pelanggan anda : Jangan menentukan harga jual sebelum melakukan survei disekitar anda. Jangan sampai anda menjual kopi dengan harga selangit disekitar kampus, dapat dipastikan anda tidak akan mendapatkan pelanggan karena kantong mahasiswa sangat terbatas.
  5. Discount Khusus : Untuk para pelanggan tetap anda yang setiap hari minum kopi di warung kopi anda, sebagai penghargaan khusus berilah kartu discount atau potongan khusus untuk pelanggan setia anda. Ini dapat memberikan efek yang positif pada usaha anda karena orang tersebut akan menjadi media iklan anda ke teman-temannya.

Masih banyak lagi tips yang dapat dibagi tapi yang diatas jika dilakukan secara konsisten maka usaha warung kopi anda akan menjadi maju.

Artikel terkait lainnya: http://koranmakassaronline.com/2019/08/10/foredi-makassar-promo-beli-1-box-gratis-1-sachet/