Bahan Membuat Roti John

Roti John, Idola Baru Pecinta Kuliner Kekinian, Rasanya Nendang! -  GuideKu.com

Halo teman-teman semua sebelumnya apa kabarnya nih? masih mencoba untuk sabar ya walaupun dirumah jangan jadi pemalas loh, kali ini kita mau bahas Bahan Membuat Roti John loh teman-teman makanya tunggu apalagi mari kita terus bereksperimen mumpung dirumah enaknya buat camilan kan? makanan ini seperti sandwich loh teman-teman karena bentuk rotinya yang panjang dan berisi telor dadar bisa dibilang martabak telornya orang barat mungkin ya hehe.

Cara bikin roti jhon dan bahan-bahan yang diperlukan :

Bahan-bahan :

  • 1 buah roti hotdog panjang
  • 3 butir telur, kocok
  • 2 batang bawang daun, iris
  • 50 gr daging cincang
  • 50 ml susu cair
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt merica
  • 3 sdm margarin
  • 2 sdm mayonaise
  • 1 sdm saus tomat
  • 1 sdm saus sambal

Cara bikin roti jhonnya :

  1. Campurkan telur dengan garam, merica, daging cincang dan susu cair. Kocok hingga rata.
  2. Panaskan margarin di atas Teflon, tuang campuran telur, masak dengan api kecil.
  3. Setelah setengah matang, masukkan hoti hotdog yang sudah dibelah dua. Olesi bagian luar roti dengan margarin.
  4. Balik roti, panaskan smoked beef di pinggir teflon. Masukkan keju di atas telur. Masak hingga keju meleleh.
  5. Taburi dengan bawang Bombay dan selada. Beri mayonnaise, saus tomat dan sambal.
  6. Tutup roti, kemudian angkat.
  7. Potong-potong sesuai selera. Sajikan selagi hangat.

Peluang Usaha Roti John

1. Modal
Sama seperti usaha lainnya, usaha roti jhon ini tentu saja memerlukan modal untuk membuat usaha anda berkembang. Namu modal yang anda perlukan tidak cukup dengan berupa materi atau uang saja.

Namun anda juga harus memiliki modal berupa keahlian di budang memasak roti jhon. Walau ini terdengar remeh, namun jika anda tidak bakat dan tidak tahu bagai mana cara memasak roti jhon dengan benar tentu saja rasanya akan berbeda.

2. Tempat
Jika anda ingin membangun usaha roti jhon namu dengan budget yang tidak banyak, maka anda dapat mengatasi hal tersebut dengan tidak menyewa tempat atau kios terlebih dahulu. Anda dapat menggantinya dengan membuat gerobak atau outlet kecil untuk usaha roti jhon.

3. Riset lingkungan sekitar
Sebelum anda memulai usaha roti jhon, anda perlu meriset usaha roti jhon di lingkungan sekitar anda atau lingkungan yang akan anda gunakan. Sebagai tempat bisnis anda. Usahakan di lingkungan tersebut tidak memiliki usaha roti jhon lain agar pesaing Anda sedikit, atau bahkan tidak ada.

4. Promosi
Untuk menghemat modal awal, dalam promosi anda dapat menggunakan lewat media sosial seperti grup WhatsApp di smartphone anda, Facebook, Twitter, Instagram atau bahkan website yang anda buat untuk mempromosikan produk anda.

5. Menghitung keuntungan
Jika dalam satu hari usaha roti jhon anda lakukan terjual hingga 30 potong perharinya, jika 1 potong ukuran besar di jual dengan harga Rp 20.000 maka dalam satu hari anda mendapatkan sekitar Rp 600.000.

Lalu jika dalam satu bulan maka penghasilan kotor yang anda terima sekitar Rp 600.000 x 30 hari = Rp 18.000.000. lalu bagaimana mana jika anda menghitung keuntungan dalam.

Usaha roti jhon anda? Maka anda dapat menghitung dengan penghasilan yang anda dapatkan per bulan Rp 18.000.000 dikurangi dengan biaya yang harus anda keluarkan perbulannya Rp. 7.420.000 maka keuntungan bersih yang anda dapatkan adalah Rp .10.580.000.

Analisis SWOT

  • Strength (kekuatan) : belum banyak pelaku usaha yang tahu tentang peluang bisnis roti jhon ini. Selain itu dengan modal yang terbilang tidak banyak, dapat memiliki keuntungan yang menggiurkan
  • Weakness (Kelemahan) : masih sedikit yang belum tahu dengan apa itu roti jhon, sehingga mereka belum banyak yang tertarik
  • Opportunity (peluang) : warga net atau remaja milenial yang tertarik dengan viral nya roti jhon, sehingga mereka mulai penasaran ingin membeli produk ini
  • Threats (ancaman) : jika pelaku usaha sudah tahu peluang besar usaha ini, maka akan semakin banyak saingan