Skills apa aja sih yang dibutuhkan untuk belajar Kedokteran?

Dari definisi singkat tentang Ilmu Kedokteran, kita bisa menjabarkan skills apa aja nih yang dibutuhkan untuk mendalami ilmu ini.

1. Pemahaman Konsep yang Kuat di Biologi, Kimia, hingga Fisika dan Matematika

“Saya kan di SMA sekarang nilai Biologinya bagus terus nih. Meskipun matematika dan fisika ancur, saya mau jadi dokter aja ah.”

“Kita kan di SMP dan SMA udah belajar banyak tentang tubuh manusia. Kita belajar sistem darah, sistem gerak, sistem pencernaan, banyak deh. Jadi sebenernya materi kuliah Kedokteran udah dipelajari dari dulu kan?”

Ga sedikit yang pengen kuliah Kedokteran semata-mata karena suka atau punya nilai Biologi yang bagus di SMA. Ini adalah kesalahan besar yang selalu terjadi berulang setiap tahunnya di kalangan mahasiswa baru Kedokteran. Untuk survive menjadi mahasiswa Kedokteran dan menjadi dokter yang handal di masa depan, ga cukup cuma melihat kemampuan Biologi SMA aja.

Belajar tentang tubuh manusia di tingkat kuliah kedokteran itu jauh berbeda dibandingkan belajar Biologi di SMP dan SMA. Di SMA, mungkin kamu akan “selamat” jika bisa sekadar menghafal nama-nama dan urutan tulang dengan benar. Di SMA, mungkin kamu masih bisa mendapat nilai bagus atau bahkan dapat ranking jika bisa menghafal fungsi dan penyakit Sistem Reproduksi Manusia tanpa memahami keterkaitannya dengan organ lain yang dipelajari di bab-bab sebelumnya.

Mau lulus seleksi ? , coba ikuti Bimbel jaminan masuk Kedokteran PTN UI UNPAD terbaik

Tapi.. di