Kandungan Kalium Sabut Kelapa Yang Baik Untuk Tanaman

Tanaman memerlukan kalium untuk pertumbuhannya. Kalium bisa didapatkan dari sabut kelapa. Kandungan kalium sabut kelapa ini bersifat organik karena benar berasal dari alam. Dengan pemakaian sabut kepala diaplikasikan menjadi pupuk tanaman diharapkan bisa membantu pertumbuhan tanaman.

Sabut Kelapa

Sabut kelapa merupakan hasil samping dari buah kelapa yang memiliki potensi cukup besar. Saat ini pemanfaatannya masih sebatas kerajinan, bahan bakar, dan media tanam. Saat dikembangkan kembali, batok kelapa ini dapat digunakan sebagai pupuk yang dapat menyuburkan tanah dan mengoptimalkan pertumbuhan tanaman. Seperti penggunaan cocomesh jaring sabut kelapa yang membantu pertumbuhan pada lahan bekas tambang.

Kelapa bisa dijadikan pupuk berupa pupuk organik cair. Lebih jelasnya kelapa tebalnya sekitar 5 sampai 6 cm, terdiri dari lapisan luar dan lapisan dalam. Kelapa mengandung 10,25% kalium, sehingga dapat menjadi alternatif sumber kalium organik pengganti pupuk KCl.

Susunan kimiawi kelapa meliputi selulosa, lignin, asam pirolat, gas, arang, tar, tanin, dan kalium. Kelapa biasanya menghasilkan 0,4 kg kelapa, yang merupakan 30% serat tinggi.

Manfaat Kalium

Fungsi kalium dalam fisiologi tanaman adalah, selain memperkuat batang dan perkembangan akar tanaman, juga mengangkut glukosa dalam tanah sehingga membuat buah lebih manis (terbukti pada tanaman tebu dan buah-buahan).

Meningkatkan kualitas dan bobot buah serta ketahanan terhadap kekeringan. Aplikasi potasium yang optimal pada kelapa sawit meningkatkan produksi Tanda Buah Segar (TBS) dan meningkatkan hasil. Pada tanaman perkebunan lain seperti kakao, tebu, ubi kayu dan lada terbukti bahwa kalium meningkatkan hasil dengan kualitas tinggi.

Kekurangan kalium pada tanaman padi membuat tanaman tumbuh kerdil dan daun terkulai, daun menua lebih cepat, bulir kosong dan pengisian gabah tidak sempurna (banyak bulir hijau), pertumbuhan akar tidak sehat (banyak akar busuk karena rontok). kekuatan Oksidasi, sehingga serapan hara terganggu) dan tanaman mudah terserang penyakit seperti ledakan, busuk batang dan bercak daun.

Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Sabut Kelapa

Alat dan bahan :

  • Container (ember / penjepit bekas / jerigen)
  • Golok / golok
  • 1 kg kelapa (kering)
  • EM4 100 ml
  • 100 gram gula merah
  • 10 liter air

Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Sabut Kelapa:

  1. Potong batok kelapa kecil-kecil, yang kemudian dimasukkan ke dalam wadah (canister).
  2. Kemudian larutkan gula merah dengan 10 liter air dan tambahkan EM4
  3. Kemudian tuang larutan homogen tersebut ke dalam wadah berisi potongan batok kelapa dan tutup rapat.
  4. Simpan wadah dengan larutan tersebut di lokasi yang tidak terkena sinar matahari langsung selama kurang lebih dua minggu.
  5. Tutup wadah bisa dibuka selama beberapa detik setiap pagi untuk mengeluarkan gas yang dihasilkan.
  6. Jika berbau seperti selotip dan air rendaman telah berubah warna menjadi agak hitam kecokelatan atau kuning tua, POC tersebut telah berhasil difermentasi dan dapat dioleskan pada tanaman.

Pengaplikasian :

  1. Pada akar: Campur 1 bagian POC dengan 3 bagian air bersih. Kemudian mungkin bocor ke tanaman dengan dosis 250 ml / tanaman. Aplikasi berlangsung seminggu sekali.
  2. Pada daun: Campur 1 bagian POC dengan 5 bagian air bersih. Kemudian bisa disemprotkan pada daun dan batang tanaman seminggu sekali.

Batok kelapa tidak hanya digunakan sebagai bahan baku pembuatan pupuk organik, tetapi juga dapat digunakan sebagai media tanam dan pembuatan kertas agar-agar.

Sabut kelapa sebagai media tanam mampu mengikat dan menyimpan air dengan kuat dengan ventilasi dan drainase yang baik sesuai dengan daerah panas serta mengandung nutrisi penting.

Sebagai tambahan informasi, selain batok kelapa ternyata serbuk kelapa juga dapat dimanfaatkan untuk pembuatan pupuk organik. Debu kelapa adalah produk sampingan dari proses penyemenan kelapa.

Debu kelapa mengandung berbagai unsur hara N, P, K, Ca, Mg, Na, Fe, Mn, Cu, Zn dan Al. Digunakan dengan proses pengomposan untuk menurunkan kadar senyawa fenolik dan tanin dalam debu kelapa.

Nah demikian ulasan mengenai Kandungan Kalium Sabut Kelapa Yang Baik Untuk Tanaman. Semoga hal ini dilakukan bisa membantu pertumbuhan pada tanaman anda.