Jenis Pakan Unggas bebek pedaging

Para pebisnis bisa memberikan jenis pakan unggas bebek pedaging dari hasil racikan sendiri, karena kandungannya akan jauh lebih lengkap daripada memberikan pakan dari pabrikan.

Peternak dituntut harus mengetahui dalam penyusunan pakan agar kandungannya seimbang, tapi tidak semua bahan pakan bisa memberikannya dalam jumlah banyak dan bahan pakan juga akan menjadi masalah pada harganya.

Harga pakan pada bebek peking yang biasanya menjadi masalah utama, sehingga membuat para pengusaha khawatir apalagi jika harga jual lebih lebih rendah daripada modal perawatannya.

Jenis-jenis Pakan

Jenis pakan unggas bebek pedaging harus benar-benar diperhatikan agar bobot bebek sesuai target jika tidak, maka akan mengalami kerugian yang cukup besar dan berikut jenis-jenisnya!

Sorgum

Sorgum memang salah satu bahan pakan unggas yang memiliki kandungan karbohidrat cukup tinggi, seperti pati, serat dan gula (jenis gula terlarut menjadi sukrosa, glukosa, fruktosa dan maltosa)

Memiliki kandungan lainnya dari 100 g sorgum, yaitu 332 (kkal) kalori, 11.0 (g) protein, 3.3 (g) lemak, 73.0 (g) karbohidrat, 28.0 (mg) kalsium, 4.4 (mg) zat besi, 287 (mg) fosfor dan 0.38 (mg) vitamin B1.

Jagung Kuning

Jagung kuning menjadi jenis pakan unggas bebek pedaging yang cukup tinggi mengandung energi hingga mencapai 3350 kcal/kag (NRC 1994), lalu kandungan xantophill nya juga sangat tinggi.

Penggunaan jagung kuning pada ternak bebek hanya sekitar 25-55%/porsi, karena memiliki kandungan yang cukup unggul daripada bahan baku lainnya yang membuat penggunaannya harus diperhatikan.

Tepung Ikan

Tepung ikan menjadi bahan pakan campuran bagi unggas pedaging khususnya, karena akan menjadi sumber protein hewani yang sangat berkualitas dan segala nutrisi serta kandungan asam amino lainnya.

Ternak bebek pedaging yang mengkonsumsi pakan dari campuran tepung ikan akan membuat proses penambahan beratnya menjadi lebih cepat, selain itu juga kandungan vitamin dan mineralnya bermanfaat untuk kesehatan bebek.

Tepung Tulang

Tepung tulang terbuat dari tulang ikan tuna dan memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi dunia peternakan, yaitu terdiri dari kandungan Fosfor, Kalium, Natrium, Kalsium dan Magnesium.

kandungan-kandungan tersebut memiliki peran penting dalam pembentukan tulang unggas pedaging khususnya yang mengandung kalsium cukup baik, sehingga dapat mencegah penyakit Rickets Duck atau kelumpuhan pada kaki bebek.

Pollard Gandum

Pakan yang berasal dari pollard gandum, yaitu hasil limbah penggilingan gandum dari olahan terigu dan dalam penggunaan pakan dari pollard gandum ini harus dibatasi.

kandungan pollard gandum yang kualitasnya lebih baik daripada jagung, yaitu rendahnya kandungan serat kasar dan energi metabolisme serta juga nilai protein pada limbah ini cukup rendah daripada kedelai dan ikan.

Kesimpulan

Pemberian pakan untuk bebek peking memang harus diperhatikan, karena akan mempengaruhi bobotnya agar dapat mencapai target dengan memberikan pakan sumber protein tinggi.

Jenis-jenis pakan diatas harus diperhatikan dalam penggunaannya, seperti jenis pakan tepung ikan yang harus dibatasi jika tidak akan merusak kualitas daging pada bebek pekin tersebut.