Kerajinan Pelepah Pisang Berpotensi Menghasilkan Barang Keperluan Rumah Tangga

Di era milenium saat ini dan masa mendatang produk dari kerajinan bahan pelepah pisang sangat eksis buat dikembangakan.

Hal itu dikarenakan buah pisang adalah salah satu komoditas hortikultura yang berpotensi buat dikembangkan dalam menunjang ketahanan pangan.

Tanaman pisang memiliki potensi yang cepat berbuah. Selain buahnya ternyata pelepah juga sangat prospektif untuk dijadikan sebagai bahan kerajinan dengan nilai jual tinggi sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan para petani.

Dimana masyarakat Indonesia punya kepedulian yang tinggi terhadap isu global warming. Dengan begitu secara nggak langsung hal ini bisa mempengaruhi minat masyarakat untuk memperhatikan produk kerajinan yang tentu saja ramah lingkungan.

Keadaan inilah yang dimanfaatkan oleh pengrajin dalam menghasilkan berbagai macam kerajinan daur ulang limbah organik supaya menarik minat para konsumennya.

Nah, salah satu peluang usaha yang kini ramai dijalankan oleh warga yakni dengan mengangkat limbah pelepah pisang. Dimana yang sebelumnya tidak mempunyai nilai guna kini bisa menjadi karya seni unik serta dapat mempunyai nilai ekonomi lumayan tinggi.

Tanaman pisang bisa diproduksi sepanjang tahun dan bisa tumbuh hampir ke seluruh pelosok negeri.

Kemudian buah pisang bisa dikembangkan untuk bahan baku industri tepung pisang yang bisa digunakan untuk berbagai macam produk olahan. Nggak kalah juga limbah pelepah pisang pun dimasa mendatang sudah banyak home industri yang melirik untuk dijadikan sebagai bahan baku untuk kerajinan.

Dimana pelepah pisang ini memiliki tekstur yang kuat dan terdapat banyak serat sangat berpotensi sebagai bahan baku seni. Serta membuat bahan kerajinan yang mempunyai nilai tinggi.

Kalau pada musim panen tiba limbah pelepah pisang ini tentu saja mudah didapatkan sebab pohon pisang sangat mudah tumbuh. Selain itu, dengan kondisi berbagai tipe lahan dan diberbagai tempat lahan usaha petani pisang.

Dimana limbah pelepahnya jarang sekali dimanfaatkan, bahkan terbuang secara percuma. Maka dengan adanya sedikit sentuhan oleh tangan-tangan yang terampil dengan modal kreativitas tinggi dalam berinovasi.

Dengan begitu limbah pelepah pisang kini dapat diubah menjadi kerajinan yang memiliki peluang sebagai usaha baru agar menghasilkan untung besar.

Bahkan dengan adanya sentuhan tangan-tangan terampil tersebut nggak sedikit jumlah pengrajin.

Souvenir cantik limbah pelepah pisang juga sudah berhasil dalam mengantarkan produknya untuk menembus pasar dunia. Sehingga dapat menciptakan lapangan kerja baru buat mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

Adapun produk kerajinan pelepah pisang yang bisa dihasilkan para pengrajin Indonesia selama ini cukup beragam.

Sebab ada banyak pengrajin yang sudah memproduksi berbagai macam produk kerajinan dari pelepah pisang sebagai keperluan rumah tangga, diantaranya :

Sandal jepit, tempat tisu, vas bunga, wadah serbaguna, sampul buku, lukisan, miniature furniture, aneka patung dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ditulis langsung oleh https://genemil.com.