Bagaimana proses tahapan metamorfosis pada katak

Ada yang telah mengenal atau dulu mendengar perihal istilah Metamorfosis Katak?

Menurut bukanarjuna.com metamorfosis katak merupakan tidak benar satu proses berkembangbiak biologi katak bersama bersamaan pertumbuhan sementara ke sementara mengalami perubahan.

Katak termasuk hewan vertebrata (bertulang belakang) yang melalui metamorfosis didalam proses pertumbuhannya.

Proses metamorfosis katak sendiri termasuk style metamorfosis sempurna dikarenakan wujud tubuhnya terlampau tidak serupa pada satu fase metamorfosis bersama fase metamorfosis lainnya.

Katak dapat hidup di darat maupun di air. Katak akan letakkan telurnya kedalam air, dan hampir 80% proses pertumbuhan katak berasal dari telur sampai katak dewasa di didalam air. Hewan ini disebut bersama hewan amfibi dikarenakan dapat hidup di dua alam.

Ciri – Ciri Katak

  1. Katak berkembangbiak dengan bertelur.
  2. Binatang amfibi (hidup di dua dunia)
  3. Katak muda hidup di air dan bernapas dengan insang.
  4. Katak bergerak dengan keempat kakinya.
  5. Katak dewasa hidup di darat dan bernapas menggunakan paru-paru.
  6. Katak mengalami metamorfosis dari telur-kecebong-katak kecil-katak dewasa.
  7. Katak mempunyai kulit yang basing karena membantu pernafasan.
  8. Katak juga mempunyai selaput pada jari-jari kakinya yang digunakan untuk berenang.

Proses Metamorfosis Katak

  1. Tahapan Telur

Hewan yang tergolong didalam model hewan amfibi ini mengawali sistem metamorfosis nya dari telur. Katak jantan akan membuahi katak betina, katak betina biasanya akan tempatkan telur telur di didalam kubangan air yang menurut mereka aman.

Telur katak layaknya jelly atau biji selasih. Dan biasanya telur ini akan di tinggalkan oleh induknya dan mengalami perkembangan mandiri. Karena katak dapat bertelur benar-benar banyak.

Katak dapat bertelur mecapai 20.000 telur bersama dengan 3 kali reproduksi. Fase telur memakan sementara hingga kurang lebih 3 mingguan.

  1. Tahapan Kecebong

Sesudah telur tersbeut menetas, maka ia akan membuat perubahan diri menjadi kecebong. Kecebong yang berjumlah banyak ini akan memakan sendiri cangkangnya.

Fase ini akan memakan sementara selama kurang lebih 5 mingguan hingga menjadi katak muda. Kedua kaki terhadap kecebong ini akan digunakan untuk berkembang dan membentuk organ-organ tubuhnya.

  1. Tahapan Katak Muda

Setelah melalui tahap kecebong atau berudu, fase setelah itu adalah menjadi katak muda. Pada fase ini wujud tubuh nya mengalami perubahan yang memadai penting layaknya mulutnya melebar, insang hilang, ekor memendek dan alat pernafasan utamanya adalah memakai paru paru.

Seperti yang kita tahu, katak muda dapat ditemukan di tempat persawahan. Ketika fase katak muda, biasanya berlangsung didalam 3 minggu hingga terhadap kelanjutannya katak muda telah punyai tubuh sempurna menjadi wujud katak dewasa.

  1. Tahapan Katak Dewasa

Tepat 11 minggu sehabis telur diletakan oleh induknya, telur katak kini telah tumbuh menjadi katak dewasa. Katak dewasa telah punyai paru-paru yang berguna sebagai alat pernafasan di daratan.

Kaki kakinya tumbuh kuat dan punyai selaput antar tiap tiap jarinya. Sementara ekornya telah benar-benar hilang.

Ia akan konsisten berkembang menjadi dewasa dan siap laksanakan perkembangbiakan ulang melalui sistem pembuahan luar bersama dengan pasangannya untuk mengawali sistem metamorfosis katak baru.