Ketentuan Mengenai Bagasi Kereta Api Yang Harus Diperhatikan

Layaknya transportasi yang memberikan layanan bagasi, pengguna juga wajib tahu ketentuan mengenai bagasi kereta api yang harus ditaati. Ada beberapa larangan barang yang tidak boleh dibawa di dalam bagasi karena membahayakan bagi kereta dan penumpang. Pengguna diperbolehkan membawa benda yang memang aman dan tidak berubah bentuk ketika dalam panas. Adapun beberapa ketentuan mengenai peletakan barang dalam bagasi bisa dilihat di bawah ini secara lengkap.

Ketentuan Mengenai Bagasi Kereta Api Yang Harus Diperhatikan

  1. Mengenal Barang Terlarang pada Bagasi

Untuk barang yang tidak boleh dibawa di dalam bagasi tanpa ampun meliputi berbagai macam jenis senjata tajam yang membahayakan. Kemudian pengguna juga dilarang membawa minyak dan bahan bakar. Bahkan pengguna dilarang membawa binatang peliharaan karena rawan mati dan juga barang terlarang seperti narkotika.

Ketentuan bagasi kereta api yang satu ini tentunya dibuat bukan tanpa alasan. Di mana setiap barang yang sudah dilist memiliki konsekuensi tersendiri untuk keselamatan penumpang dan juga keutuhan barang yang dibawa. Jika dilanggar tentu barang ini akan disita dan tidak menutup kemungkinan pemiliknya akan mendapatkan hukuman.

  1. Ketentuan Barang Bebas Biaya Tambahan

Setiap penumpang mendapatkan jatah bagasi gratis dalam satu tiketnya, namun ada beberapa ketentuan yang perlu ditaati agar penumpang tidak perlu membayar biaya tambahan lagi. Adapun barang yang boleh dibawa tanpa biaya adalah sebagai berikut:

  • Peralatan bantu jalan

Peralatan ini bisa berupa tongkat jalan, kursi roda manual yang bisa dilipat sampai dengan kereta biasa.

  • Sepeda kecil yang bisa dilipat

Pengguna kereta api boleh membawa sepeda asalkan dengan ketentuan bisa dilipat menjadi kecil agar lebih praktis untuk digunakan.

  • Tas tangan dengan ukuran tertentu

Ukuran untuk tas tangan agar tetap bebas biaya tambahan adalah 50x35x25 dalam ukuran cm. Ukuran ini dirasa cukup untuk memasukkan barang-barang seperti baju dan peralatan mandi.

  1. Tarif yang Dikeluarkan Jika Barang Berlebih

Aturan bagasi kereta api berikutnya yang perlu diketahui oleh penumpang adalah tarif yang dikeluarkan jika barang bawaan melebihi batas. Tarif untuk masing-masing kelas kereta api juga berbeda dengan ukuran per kilogram untuk setiap barangnya. Bagi pengguna kelas ekonomi mendapat biaya tambahan dua ribu rupiah per kilogram.

Sementara untuk pengguna kelas bisnis harus membayar enam ribuan untuk per kilogramnya. Terakhir untuk eksekutif mulai dari sepuluh ribuan per kilogramnya. Ukuran ini berlaku kelipatan.

  1. Ukuran Maksimal Bagasi

Untuk menghemat budget maka pengguna bisa mengatur barang yang akan dibawa agar tidak melebihi ukuran maksimal bagasinya. Ukuran maksimal untuk bagasinya adalah 20 kg yang bisa berupa koper. Ukuran ini cukup banyak menampung kebutuhan penumpangnya.

Itulah beberapa ketentuan penting mengenai bagasi kereta api yang perlu diketahui oleh pengguna yang akan membawa barang setelah membeli tiket dari www.hotelmurah.com/tiketkeretaapi