Cara Membuat VCO Kelapa Yang Sangat Bermanfaat Bagi Anda

Cara Membuat VCO Kelapa – Sebelum kita membuat minyak VCO, ada baiknya kita mengenal Virgin coconut oil alias minyak VCO, yaitu minyak yang dihasilkan dari daging kelapa tua yang masih segar. Apa saja kegunaan VCO yang sering disebut “ajaib ini” sehingga banyak dicari pelanggannya? Yuk, simak informasinya di postingan ini !!! :)


Produk minyak VCO memang memiliki kandungan bahan alami yang melimpah untuk tubuh dan sangat ramah lingkungan serta tanpa efek samping saat menggunakannya, VCO langsung menjadi bintang baru dalam dunia kesehatan dan kecantikan di Indonesia bahkan internasional. Maka tak heran jika negara-negara mulai memproduksi dan memasarkan minyak jenis ini secara melimpah untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar global.

Pada dasarnya cara membuat minyak kelapa hampir tidak jauh berbeda dengan cara membuat minyak kelapa sawit, minyak sayur, atau minyak kelapa sawit, yaitu minyak yang dihasilkan dari pemerasan atau ekstraksi buah kelapa hingga tetes terakhir minyak yang dihasilkan. Perbedaannya terletak pada metode ekstraksi VCO yang diolah dengan teknik cold-press tidak melibatkan panas dari kompor atau panas matahari. Proses ini menghasilkan produk terbaik dari minyak kelapa untuk kesehatan umum.

Namun, harus disimpulkan bahwa tidak semua minyak VCO dibuat dengan teknik ini. Minyak ini juga dipercaya mengandung medium chain triglycerides (MCT) yang dipercaya bisa memicu “kolesterol baik”, sehingga baik untuk jantung kita bersama

Ketahui lebih banyak tentang Cara Membuat VCO Kelapa

Dibuat dengan proses yang sangat alami, tidak dipanaskan hingga suhu yang sangat tinggi apalagi dicampur dengan bahan kimia, diketahui memiliki banyak kegunaan, mulai dari obat luar untuk penyakit kulit hingga diminum untuk menyehatkan tubuh. Namun masih ada pertanyaan, bagaimana dengan manfaat minyak VCO ini yang terbukti secara medis? Dan juga, apa perbedaan antara minyak VCO dengan jenis minyak kelapa lainnya? Berbeda dengan minyak zaitun, penamaan virgin pada minyak kelapa tidak memiliki standar baku.

Meski begitu, penamaan perawan ini hanya bisa diberikan pada minyak kelapa murni yang dalam prosesnya tidak dimurnikan terlebih dahulu, tidak berbau, atau direduksi oleh unsur tertentu di dalamnya. Minyak ini dikatakan memiliki khasiat lebih dari jenis minyak kelapa lainnya.

Selain untuk kesehatan, minyak ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, diet dan lain-lain. Apa manfaat VCO untuk kesehatan atau diet? Lalu, apa perbedaan antara virgin coconut oil (VCO) dan minyak kelapa biasa? Lihat postingan di bawah ini.

cara membuat VCO

Cara Membuat VCO Kelapa (Virgin Coconut Oil) dan Minyak Kelapa Biasa

Minyak kelapa VCO lebih mudah dicerna dan juga diserap tubuh kita dibandingkan minyak kelapa biasa. Minyak kelapa juga dapat menjaga gula darah kita lebih stabil dan memberikan energi instan untuk jangka panjang. Keyakinannya sama dengan karbohidrat, lemak dari SCO merupakan sumber energi langsung bagi tubuh. Lalu apa bedanya? Bedanya untuk karbohidrat bisa meningkatkan gula darah, sedangkan untuk VCO sendiri tidak bisa meningkatkan kadar gula darah.


VCO juga berbeda dengan minyak kelapa biasa. Minyak kelapa umumnya diperoleh dari ekstrak dari buah kelapa yang telah dikeringkan (dikeringkan) atau biasa disebut kopra, sedangkan VCO diambil dari santan segar. Selama proses ekstraksi minyak kelapa pada umumnya juga lebih sederhana dan dapat juga melibatkan bahan kimia, sedangkan untuk proses ekstraksi VCO sedikit lebih rumit dibandingkan dengan minyak kelapa biasa.

Untuk proses ekstraksi yang lebih rumit ini, harga minyak ini bisa jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan minyak kelapa biasa.
Selain itu, tampilan kedua oli ini sangat berbeda. Minyak kelapa umumnya berwarna lebih gelap dan telah kehilangan aromanya karena kelapa. Sedangkan virgin coconut oil atau VCO sendiri memiliki tekstur yang lebih encer, warna lebih bening, dan memiliki aroma kelapa yang kental. Apa Manfaat Minyak VCO? Manfaatnya adalah sebagai berikut:

Cara Membuat VCO Kelapa Untuk Menyehatkan Tubuh

Mengurangi resiko penyakit jantung, manfaat ini didapat karena dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). HDL, yang dapat menyeimbangkan kadar kolesterol jahat (LDL), membuat orang tidak mudah terkena kolesterol tinggi, yang dapat merusak organ dalam seperti jantung. Pada minyak VCO ini terdapat bakteri asam laurat yang terdapat pada minyak VCO.

Jadi, tubuh manusia mengubah asam laurat dalam kelapa menjadi monolaurin, yang diduga membantu melawan virus, jamur dan bakteri yang bersarang di dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit seperti herpes, influenza, cytomegalovirus, dan bahkan HIV. Beberapa orang juga percaya bahwa berkumur dengan minyak VCO dapat menghilangkan bakteri mulut, namun klaim ini masih harus dibuktikan lebih lanjut oleh para ahli. Salah satunya juga untuk palm oil & palm oil (palm) dari minyak VCO.

Banyak penelitian yang menyimpulkan bahwa minyak sawit atau yang biasa disebut minyak sawit mengandung banyak lemak trans (trans fat) yang dikatakan berbahaya karena dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah, inilah awal mula penyakit bagi hati dan jantung. . Untuk menyikapi hal tersebut, status VCO sebagai bahan masakan dapat menjadi pengetahuan praktis karena VCO yang mengandung 0% lemak trans (trans fat) dan kaya akan asam lemak jenuh (fatty acid saturated fat). Untuk asam lemak jenuhnya sendiri diklaim dapat meningkatkan kerja sistem pencernaan dan dapat membantu penyembuhan penyakit otak seperti epilepsi dan alzhemeir.

Minyak VCO juga digunakan sebagai mentega untuk pembuatan kue yang diterbitkan oleh Body and Soul, mentega dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang dapat timbul penyakit seperti jantung koroner atau penyakit kardiovaskuler lainnya. Supaya lebih sehat dan praktis dengan minyak VCO ini, kamu bisa langsung beralih ke VCO untuk mentega pada kue atau roti. Di dalam kandungan Asam Lemak Omega 3 (asam lemak omega 3) dalam minyak VCO, dapat membantu mencegah penyumbatan pembuluh darah (penyebab stroke) dan juga dapat membantu menyehatkan kualitas organ-organ penting dalam tubuh Anda. Wow… Hebat… ..

Cara Membuat VCO Kelapa Produk Kecantikan dan Rahasia Rambut Alami dan Berkilau Dari Alam 

Cara Membuat VCO Kelapa ini juga diklaim mampu mempercantik dan melembabkan kulit di tubuh. Bahan alami untuk minyak VCO termasuk trigliserida dan omega 3 yang dapat menciptakan kelembapan yang tahan lama pada kulit kita. Masyarakat juga bisa memanfaatkan VCO sebagai minyak pijat, make up remover, menghilangkan kerutan di wajah, membunuh bakteri dan jamur di kulit, serta scrub secara alami. Bagaimana cara menggunakannya?

  • Dalam minyak malam, usapkan dengan lembut ke seluruh wajah secara merata. pada waktu tidur dan rasakan kulit yang sehat dan kencang keesokan harinya.
  • Sebagai minyak pijat, oleskan ke tubuh Anda saat dipijat. Anda juga bisa menambahkan minyak esensial jika ingin aroma tertentu, tambahkan saja minyak esensial lavender untuk relaksasi atau serai untuk memicu energi.
  • Untuk menggunakan penghapus riasan, tuangkan beberapa tetes VCO pada kain katun dan usapkan lembut pada wajah Anda. Ulangi proses ini hingga riasan di wajah Anda benar-benar hilang.
  • Saat digunakan untuk menghilangkan kerutan berlebih, ganti serum anti penuaan Anda dengan VCO. yaitu, taruh 3-4 tetes VCO ke telapak tangan, gosokkan kedua telapak tangan sampai hangat, dan letakkan di wajah sambil memijat perlahan.
  • Pada lulur, campurkan gula merah dan garam dengan VCO, aduk hingga rata. Lalu gosokkan perlahan pada bagian tubuh yang Anda inginkan.

Rahasia Rambut Sehat Alami dan Berkilau dengan Minyak VCO.

Yaitu, dengan mengoleskannya secara topikal (topikal), minyak VCO banyak digunakan untuk obat eksim yang melembabkan kulit kering. Mengoleskan minyak VCO untuk melindungi rambut juga dipercaya dapat mencegah kerusakan akibat paparan sinar matahari. Biasanya, minyak VCO aman digunakan sebagai obat oles pada kulit atau diminum sehingga menjadi obat alami jangka pendek selama maksimal 12 minggu berturut-turut. Jika perawatan minyak VCO ini tidak berhasil, sebaiknya periksakan ke dokter yang berkompeten.

Gunakan VCO untuk melembabkan rambut dan kulit kepala, mencegah ketombe, memperkuat akar rambut, dan membuat rambut berkilau. Hasil penelitian Journal of Cosmetic Science menyimpulkan bahwa minyak VCO dapat menggantikan protein yang hilang pada rambut. Karena kehilangan protein inilah yang bisa membuat rambut mudah kering dan rontok.

Kandungan Omega 3 dalam VCO dapat membantu pertumbuhan rambut lebih cepat, juga dapat melembabkan kulit kepala kita, serta membuat akar rambut kita kuat, caranya:

  • Untuk pelembab rambut, tuangkan 1 sendok teh (khusus untuk rambut pendek), bisa juga 2 sendok teh (untuk rambut sebahu), Anda juga bisa menggunakan 1 sendok makan (untuk rambut panjang) ke telapak tangan Anda.
  • Gosok dengan lembut dari kulit kepala hingga ujung rambut. Tutupi rambut Anda dengan topi mandi dan biarkan selama 1-2 jam. Lalu, bilas dengan sampo.
  • Untuk tujuan pertumbuhan rambut, pijat seluruh kulit kepala dengan 1 sendok teh minyak ini selama sekitar 10 menit. gunakan 3-4 kali seminggu.
  • Untuk metode melawan ketombe rambut, campurkan minyak esensial dalam VCO dan oleskan ke kulit kepala Anda. Pijat perlahan dan diamkan kurang lebih 20-30 menit. Lalu bilas dengan sampo.
cara membuat VCO KElapa

Diet Aman dengan VCO

Kegunaan lain dari VCO adalah untuk membuat program diet atau menurunkan berat badan. VCO ini menjadi salah satu menu wajib bagi para pelaku diet ketogenic. Minyak ini diklaim dapat membantu memaksimalkan penyerapan energi dalam tubuh Anda dan juga untuk pembakaran lemak yang lebih drastis. ya, banyak keuntungan dari VCO !!! Jadi, selalu stok minyak di rumah dan ganti produk kecantikan dan rambut dengan salon mahal dengan VCO.

VCO Untuk Hewan Peliharaan

Tujuannya untuk membantu tubuh hewan peliharaan Anda agar dapat menyerap mineral selain dari konsumsi makanan sehari-hari secara teratur. Di dalam makanan terdapat Mineral tertentu yang akan diserap dan secara efektif dibantu oleh Mineral yang akan membuatnya lebih baik lagi dalam kandungan Minyak VCO ini. Artikel di bawah ini adalah cara penggunaan pada kasus jamur untuk kucing:

1. Kasus Jamur Pada tubuh kucing, periksa dengan teliti, dan temukan letak jamur. yaitu, bagaimana melakukannya, meraba tubuh kucing, melaporkan lokasi di mana kucing biasanya menggaruk atau mengunyah. Kemudian oleskan secara rutin dengan menggunakan VCO di tempat tersebut minimal 2 kali sehari selama 3 hari berturut-turut, kemudian coba lihat beberapa perubahannya. Biasanya jamur akan segera rontok setelah 2-3 hari pemakaian.

2. Kasus Diare Untuk memanfaatkan pertumbuhan rambut dan juga menyembuhkan jamur pada kucing, ya VCO ini juga bisa menyembuhkan diare untuk kucing. Caranya sebagai berikut: Pertama, berikan 1 ml VCO kepada kucing. Dalam menggunakan VCO ini bisa menggunakan dokter spesialis kecil atau suntik tanpa jarum (bisa dibeli di apotek). Kok kalo merasa bingung karena ga butuh alat ukur bisa pake sendok teh. Dalam 1ml VCO kira-kira 1 sendok teh. Tapi itu harus penuh. Kemudian setelah itu, biarkan kucing yang berpuasa tidak makan selama 12 jam.

Pada kucing, Anda masih bisa minum. Namun, jangan lupa untuk selalu menyediakan air bersih untuk kucing agar tidak mengalami dehidrasi. Sesajen kucing bisa diberikan kepada kucing disaat kucing lebih banyak tidur dan aktivitasnya minim sehingga tidak ada pekerjaan, misalnya kucing banyak tidur jam 9 pagi sampai waktu makan malam, jadi diberikan VCO saja jam 9 pagi. Kemudian kucing bisa hanya makan lagi jam 9 malam seperti itu. Untuk kamu yang menginginkan versi VCO terbaik dan termurni, cari tahu produk mana yang ada tulisan “extra ..

Cara Membuat VCO

Bahan-bahan pembuatanya :

  • 2 btr Daging kelapa tua
  • Air matang hangat secukupnya, agak panasan dikit gapapa
  • Alat (pastikan semua bersih):
  • Blender/ parutan / alat pembuat minyak VCO
  • Baskom
  • Wadah plastik tertutup
  • Plastik kantong dan karet gelang
  • Saringan
  • Corong
  • Tissue tanpa parfum/ kain saringan
  • Botol kaca
  • Tangan jg harus bersih

Langkah-langkahnya.

a. Daging kelapa dipotong kecil-kecil, masukan ke blender, tambahkan air matang secukupnya saja lalu blender sampai halus dan bersantan kemudian saring.

b. Bisa juga dengan memarut kelapa lalu dicampur air dan remas”. Saring, atau bisa dilakukan untuk cara lebih mudahnya bisa menggunakan alat pembuat minyak kelapa/VCO

c. Santan dimasukan ke kantong plastik. Tutup kantong plastik dengan diikat memakai karet. Diamkan kira” 1-2 jam.

d. Setelah didiamkan akan terbentuk 2 lapisan. Bagian atas adlh santan kental dan yg dibawahnya adlh air.

e. Angkat plastik dan lubangi sedikit salah satu sudut bawahnya. Biarkan air terbuang melalui lubang tsb. Segera tutup lubangnya bila bagian air sudah habis.

f. Tuang bagian santan kentalnya kedalam wadah plastik bersih bertutup. Diamkan kira” 24 jam utk fermentasi.

g. Setelah didiamkan akan muncul gelembung dipermukaan dan kemudian minyak mulai terpisah.

h. Akan terbentuk 3 lapisan. Paling atas adlh minyak, dibawahnya adlh ampas santan(blondo) dan paling bawah adlh air. Minyak VCO berwarna bening jernih seperti air. Berbeda dgn minyak kelapa yg dimasak yg warnanya lebih keruh.

i. Siapkan botol bersih yg dibagian atasnya diisi corong berlapis kain saringan atau tissue tanpa parfum. Sendok minyak perlahan lalu tuang kesaringan. Biarkan minyak menetes perlahan kedalam botol. Bagian ini bagi saya adlh bagian tersulit dari keseluruhan prosesnya? sabar dan hati”

j. Atau bisa juga dengan memasukan wadah plastik tsb ke kulkas selama 1-2 jam shg minyak akan membeku. Dgn cara ini minyak lebih mudah dikeluarkan. Ambil minyak bekunya, letakkan di wadah bersih pada suhu ruang. Tunggu hingga minyak cair lalu saring seperti cara diatas.

k. VCO sudah siap utk dikonsumsi langsung, memasak ataupun untuk kosmetik spt pelembab wajah dan rambut jg body lotion. Minyak ini anti-comedogenic. Tingal pijat wajah dgn minyak ini lalu bersihkan dgn handuk. Mulussss

Terimakasih dan Sampai Jumpa Lagi :)