Cara Bikin Kacang Asin Dengan Cara yang Mudah

Banyak artikel yang sudah membahas mengenai cara bikin kacang asin. Disini kita juga akan membahasnya akan tetapi secara lebih detail lagi. Dikarenakan kacang asin ini sangat banyak sekali penggemarnya. Rasanya yang begitu asin dan renyah ketika dimakan.

Sebelumnya kita sudah pernah membahas cara bikin bawang goreng. Sekarang kita akan membahas cara bikin kacang yang asin. Simak artikel berikut ini !

Kacang

Kacang adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan benih dari beberapa legum (tetapi tidak semuanya). Dalam bahasa sehari-hari, kacang tanah juga digunakan untuk menyebut buah-buahan (polong) atau bahkan tanaman penghasilnya.

Di Jakarta, kata “peanut” biasanya mengacu pada kulit kacang tanah. Kata ini sebenarnya digunakan untuk menggambarkan biji yang dikeringkan, berbentuk seperti ginjal, yang dimakan setelah dikeringkan.

Arti “peanuts” tidak sama dengan kacang dalam bahasa Inggris, tetapi lebih dekat dengan arti kacang-kacangan plus kedelai, kacang tanah, dan macam-macam legum (kacang panjang).

Kacang biasanya tinggi protein dan / atau lemak, sehingga sangat dihargai sebagai bahan makanan penting. Biji besar bertepung dari legum kering biasanya tidak disebut “kacang” melainkan “kara” atau “koro”.

Dalam konteks bahan pangan, “kacang tanah” juga digunakan untuk mengiringi nama makanan olahan yang biasanya berbahan dasar kacang tanah.

Manfaat Kacang untuk Kesehatan

1.Membangun dan Memperbaiki Sel Tubuh

Kacang-kacangan merupakan sumber protein nabati yang sangat baik pada saat ini. Itu semua karena mengandung sekitar 25,8 gram per 100 gram kacang-kacangan, atau sekitar setengah dari kebutuhan protein harian seseorang.

Asupan protein tentunya begitu penting untuk membangun dan memperbaiki pada sel-sel tubuh.

2.Mencegah Kolesterol Tinggi

Sebagian besar lemak dalam kacang terdiri dari asam lemak yang tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, yaitu berarti merupakan jenis lemak yang sehat. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa mengonsumsi lemak tak jenuh tunggal ganda sebagai pengganti lemak jenuh dan trans baik.

Itu juga untuk mengontrol pada kadar kolesterol darah. Manfaat ini akhirnya mengurangi risiko penyakit jantung dan juga stroke. Namun, perlu diwaspadai bahwa walaupun dalam jumlah sedikit, kacang tetap mengandung lemak jenuh.

Dengan pemikiran ini, yang terbaik adalah makan kacang dalam jumlah sedang yang tidak berlebihan untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal dan rata.

3.Pencernaan yang Lancar

Kacang merupakan sumber serat yang sangat baik. Serat pangan dikenal sebagai salah satu nutrisi yang memiliki banyak manfaat, termasuk melancarkan pencernaan. Serat dapat meningkatkan berat dan juga ukuran feses karena bisa menyerap air, yang membuat tinja lebih lembut dan lebih mudah ketika melewati anus.

4.Menurunkan Berat Badan.

Kacang merupakan salah satu camilan yang sehat karena tinggi lemaknya sehat, protein, dan serat. Makan kacang dalam jumlah yang tidak berlebihan dapat membantu seseorang mempertahankan berat badan yang sehat pula.

Ada sebuah penelitian yang menemukan bahwa wanita yang makan kacang-kacangan dalam dua kali seminggu berisiko sedikit lebih tinggi mengalami kenaikan berat badan dan juga obesitas dibandingkan wanita yang jarang makan kacang selama 8 tahun lamanya.

Ada sesorang penelitian yang menemukan bahwa mengonsumsi kacang dapat menurunkan risiko mengalami obesitas selama 5 tahun.

5. Mengontrol Kadar Gula Darah

Kacang merupakan makanan yang sangat baik untuk penderita diabetes atau bahkan orang yang berisiko terkena diabetes. Kacang tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang besar. Kacang tanah hanya memiliki nilai GI 23, yang membuat jadi makanan GI rendah.

Kacang juga dapat menolong mengontrol kadar gula darah karena relatif rendah karbohidrat tetapi tinggi protein, lemak, dan juga serat. Diketahui bahwa serat bisa memperlambat proses pencernaan dan memungkinkan energi dilepaskan secara lebih merata lagi.

Protein membutuhkan waktu lebih lama untuk memecahnya dari pada karbohidrat yang sederhana. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang tanah atau selai kacang bisa membantu wanita dengan obesitas dan risiko diabetes tipe 2 yang lebih tinggi

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia ini. Beberapa orang telah menunjukkan bahwa makan kacang-kacangan, serta jenis kacang-kacangan lainnya, dapat melindungi dari penyakit jantung. Manfaat ini dapat disebabkan oleh sejumlah faktor.

Kacang secara khusus mengandung sejumlah nutrisi yang menyehatkan jantung seperti magnesium, niasin, tembaga, asam oleat, dan banyak antioksidan seperti resveratrol.

7. Pencegahan Batu Empedu

Terdapat studi yang mengobservasi menunjukkan bahwa seringnya konsumsi kacang-kacangan dapat mengurangi risiko batu empedu baik pada pria maupun wanita. Ini karena kacang memiliki efek penurun kolesterol yang bisa menyebabkan batu empedu.

Diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengetahui manfaat kacang untuk pencegahan batu empedu.

8.Mencegah Cacat Lahir

Kacang merupakan bahan makanan yang mengandung biotin tinggi. Pada ibu hamil, biotin sangat bermanfaat untuk berbagai keperluan, seperti: B. mencegah cacat janin dan memelihara sistem saraf.

9. Mencegah Anemia Asam folat

Vitamin B9 memiliki banyak fungsi penting dan sangat penting bagi tubuh, khususnya ibu hamil.

Cara Bikin Kacang Asin

Resep Kacang Asin

  • 1/4 kacang kelici
  • 4 siung bawang putih (haluskan)
  • 3 siung bawang putih (diiris tipis)
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 1 kantong kecil santan kara
  • air
  • Minyak goreng
  • Garam / rasa secukupnya (tergantung selera)

Cara Membuat Kacang Asin :

  1. Pertama cuci kacang dan taruh di baskom air selama 10 menit
  2. Kemudian siapkan bubuk bawang putih bubuk dan garam
  3. Siapkan wajan untuk memasak kacang panjang, tambahkan sedikit air, tambahkan bumbu halus dan santan, kemudian buncis dan larutkan hingga mendidih. (Ini membuat kacang renyah dan enak)
  4. Tiriskan setelah mendidih dan siapkan minyak goreng panas. Jika sudah panas, tambahkan minyak goreng kacang tanah agar terapung di dalam minyak agar cepat matang. Tapi sedikit digoreng.
  5. Saat buncis berwarna kuning keemasan, tambahkan irisan bawang secara bertahap. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  6. Tuang kacang tanah ke dalam kertas minyak agar minyak berkurang dan taburi dengan garam / royco. Jika sudah dingin, masukkan ke dalam toples