Cara Menanam Singkong Thailand yang Simple

cara menanam singkong thailand ini adalah topik yang akan kita bahas pada kali ini sebelum kita membahas lebih lanjut saya akan menjelaskan pengertian singkong dan sejarah singkatnya terlebih dahulu

Singkong

Singkong (Manihot Utilisima), juga dikenal dengan umbi kayu atau ketela, berasal dari Amerika Selatan yang tumbuh liar di hutan. Portugis kemudian menyebarkan tanaman ini ke seluruh dunia.

Menurut Haryono Rinard, pada masa penjajahan kebijakan ubi kayu, Portugis masuk ke pundi-pundi Maluku di Indonesia sekitar abad ke-16. Tanaman ini bisa dipanen sesuai kebutuhan. “Justru karena keistimewaan itulah pabrik singkong disebut gudang bawah tanah,” tulis Haryono.

Butuh waktu lama bagi ubi kayu untuk menyebar ke daerah lain, khususnya wilayah Jawa. Diperkirakan singkong pertama kali diperkenalkan di suatu daerah di Jawa Timur pada tahun 1852. “Seorang pejabat pemerintah harus menjadi teladan dan bertindak sebagai pelopor.

Jika tidak, orang tidak akan percaya sama sekali, “tulis Pieter Creutzberg dan J.T.M. van Laanen dalam sejarah statistik ekonomi Indonesia.

Cara Menanam Singkong Thailand

Cara menanam singkong memang secara umum hanya menanam batangnya saja tetapi jika kalian melakukan nya ada kesalahan ,maka hasil buahnya atau singkong nya tidak akan maximal aau banyak.

Nah kali ini guestontap.com akan emberikan cara menanam singkong thailand yang bisa memberikan hasil buah yang berlimpah dan banyak.

Syarat Cara Menanam Singkong Thailand

Persyaratan budidaya ubi kayu Thailand ,syarat penanaman singkong Thailand cukup mudah. Singkong Thailand dikenal sebagai tanaman yang dapat bertahan hidup dan juga dapat tumbuh dalam kondisi apapun.

Meski demikian, agar tanaman ubi kayu Thailand ini dapat tumbuh dan berproduksi dengan baik diperlukan kondisi lingkungan yang sesuai dengan kelangsungan tanaman tersebut.

Kondisi terpenting untuk menanam tanaman singkong Thailand adalah sinar matahari. Tanaman ini membutuhkan sinar matahari yang cukup sepanjang hari.

Tanah yang cocok untuk menumbuhkan timbunan adalah tanah yang kaya bahan organik, subur, gembur, tidak terlalu liat atau terlalu keropos. PH tanah yang diinginkan oleh tanaman ini adalah netral yaitu antara 6,5 – 7,5.

Tanaman singkong ini masih bisa Anda tanam hingga ketinggian sekitar 1.500 meter di atas permukaan laut dan ketinggian ideal sekitar 10-700 meter di atas permukaan laut.

Jika kalian ingin megolah singkong tapi bingung mau mengolah apa kalian bisa cobain olahan daun singkong yang dijamin rasanya enak.

Tahapan Budidaya Singkong

Persiapan Lahan Budidaya Singkong Thailand

Tanah untuk budidaya singkong thailand ini terlebih dahulu harus Anda gemburkan dengan cara dibajak atau dicangkul manual.Kemudian Anda harus melakukan penaburan kapur pertanian atau dolomit apabila pH tanah dibawah 6,5.

Tanaman singkong thailand ini tidak menyukai tanah yang berair, becek dan tanah yang rawan tergenang air apabila memasuki musim hujan.

Persiapan Bibit Budidaya Singkong

Singkong thailand ini dapat untuk Anda perbanyak dengan cara stek batang. Yang dimaksud stek batang yaitu dengan cara memotong-motong pada bagian batang singkong dengan panjang kurang lebih 20 cm.

Bibit singkong thailand yang baik adalah bibit yang berasal dari tanaman yang sudah cukup tua.Yaitu tanaman yang sudah menginjak usia 10 atau 12 bulan.

Lalu pilihlah batang tanaman yang bagus, besar, mata tunas yang rapat dan terbebas dari serangan penyakit.

Penanaman Bibit Singkong

Batang stek atau bibit singkong thailan dapat segera Anda tanam setelah Anda potong-potong menjadi beberapa bagian.Tanamlah bibit singkong sedalam 1/3 dari panjang batang stek.

Hati-hati pada saat menanam bibit, perhatikan mata tunasnya dan jangan sampai mata tunas tersebut terbalik.Batang stek atau bibit singkong thailand\ dipotong dan ditanam tegak lurus.

Sedangkan apabila dipotong dengan miring maka menanamnya harus dengan cara miring pula.Jarak tanam dari batang ini adalah antara 60 sampai 70 cm dan jarak antar baris 90 hingga 100 cm.

Penanaman bibit singkong thailand ini sebaiknya Anda lakukan pada saat awal musim hujan, sebab tanaman singkong yang mempunyai usia 0 – 5 bulan sangat membutuhkan air dan rentan sekali terhadap cuaca kering.

Pemeliharaan Tanaman Singkong Thailand

Setelah proses penanam telah selesai Anda lakukan, tahap berikut yang perlu Anda tempuh adalah dengan melakukan pemeliharan dan perawatan pada tanaman singkong ini.

Pemeliharaan yang perlu Anda lakukan ini meliputi penyulaman, penyiangan, perempelan tunas, pemupukan susulan dan tahap pembubunan.

Pemanenan Singkong Thailand

Tanaman singkong thailand ini bisa untuk Anda mulai di panen pada usia sekitar 6 hingga 8 bulan. Setelah tanam atau 9 sampai 12 bulan setelah tanam, tergantung dari varietas  singkong yang ditanam.

Tanaman singkong ini di panen dengan cara mencabut pada bagian batang, dan apabila ada umbi yang patah atau tertinggal di dalam tanah, Anda bisa mengambilnya menggunakan cangkul dengan hati-hati.

Sekian arikel dari saya semoga bisa membantu dan juga bermanfaat buat kalian semua . Sebelum saya akhiri saya merekomendasikan sebuah mesin keripik singkong multifungsi yang akan membuat kerja anda semakin efisien.