Cara Perawatan Tumbuhan Singkong Auto Subur

Cara perawatan tumbuhan singkong ini adalah topik pembahasan kita pada kali ini sebelum membahas lebih lanjut .Sebaiknya ,kalian mengetahui terlebih dahulu sejarah singkat singkong ,agar kalian tahu apa itu singkong.

Sejarah Singkat Singkong

Singkong (Manihot Utilisima), disebut juga ubi kayu atau ketela, berasal dari Amerika Selatan, yang tumbuh liar di hutan-hutan. Bangsa Portugis kemudian menyebarkan tanaman ini ke penjuru dunia. Menurut Haryono Rinardi dalam Politik Singkong Zaman Kolonial, singkong masuk ke Indonesia dibawa oleh Portugis ke Maluku sekira abad ke-16.

Tanaman ini dapat dipanen sesuai kebutuhan. “Sifat itulah yang menyebabkan tanaman ubi kayu seringkali disebut sebagai gudang persediaan di bawah tanah,” tulis Haryono.Butuh waktu lama singkong menyebar ke daerah lain, terutama ke Pulau Jawa.

Diperkirakan singkong kali pertama diperkenalkan di suatu kabupaten di Jawa Timur pada 1852. “Bupatinya sebagai seorang pegawai negeri harus memberikan contoh dan bertindak sebagai pelopor. Kalau tidak, rakyat tidak akan mempercayainya sama sekali,” tulis Pieter Creutzberg dan J.T.M. van Laanen dalam Sejarah Statistik Ekonomi Indonesia.

Cara Perawatan Tumbuhan Singkong

Menanam singkong memang sangat udah hanya mengubur batang nya saja ,karena singkong berkembang biak dengan vegetatif buatan yaitu stek batang. Tapi, apakah kalian sudah tau bagaimana agar singkong bisa berkembang dengan sempurna dan berkualitas tentunya.

Nah kali ini guestontap.com akan memberikan cara perawatan tumbuhan singkong bagaimana cara penyiraman ,manen pada waku nya kapan, dan rekomendasi pupuk yang cocok.

Sebelum masuk ke pembahasan kalian bisa mencoba terlebih dahulu olahan daun singkong tentunya sehat dan juga lezat.

1. Penggunaan Benih Unggul

Gunakan selalu benih yang baik sebelum menanam pohon singkong. Hal ini penting dilakukan untuk memastikan hasil panen ubi kayu juga berkualitas baik. Sesuaikan tempat menanam pohon singkong, tergantung jenis benih yang digunakan

2. Kultivasi yang Baik

Pengelolaan lahan yang tepat diperlukan agar ubi kayu dapat tumbuh subur dan sehat. Anda perlu memastikan bahwa pohon singkong subur, gembur dan ditanam di tanah yang banyak mengandung unsur hara yang dibutuhkan tanaman.

3. Pupuk Tanaman Singkong

Pemupukan juga penting untuk kesuburan dan pertumbuhan pohon singkong. Untuk bisa memanen ubi kayu yang berkualitas, gunakan pupuk yang mengandung unsur hara lengkap. Pemupukan ini bisa dilakukan satu atau dua kali dalam sebulan. Pupuk organik, seperti kompos dan pupuk, lebih alami dan lebih baik digunakan.

4. Membersihkan Gulma

Gulma rumput dan gulma lainnya yang tumbuh secara teratur di sekitar pohon singkong. Hal ini diperlukan untuk mencegah kekurangan unsur hara pada pohon singkong akibat adanya gulma

5. Penyiraman yang Cukup

Pohon singkong membutuhkan air dan penyiraman yang cukup. Untuk itu, waktu terbaik menanam adalah di awal musim hujan. Jika tidak turun hujan, sirami tanaman secara rutin setiap hari. Penyiraman bisa dilakukan dua kali sehari, pagi dan sore hari

6. Sistem Drainase yang Baik

Pohon singkong membutuhkan air untuk tumbuh dengan baik, tetapi tidak cocok untuk lahan yang tergenang air. Terlalu banyak air bisa membuat pohon singkong rentan terserang penyakit dan busuk.
Untuk itu, pastikan lahan pohon ketela pohon memiliki sistem drainase yang baik

7. Lindungi Tanaman dari Hama

Pastikan pohon singkong bebas dari hama yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman. Anda bisa menggunakan pestisida dan pestisida sesuai kebutuhan. Hama yang sering mengganggu tanaman singkong adalah kutu merah

Sekian arikel dari saya semoga bermanfaat dan membantu kalian semua ,sebelum itu saya ingin memberikan sebuah mesin keripik singkong multifungsi yang bisa mengolah singkong menjadi beraneka ragam olahan lainnya.