Mengenal Sejarah Digital Marketing sehingga Menjadi Digital Marketing Agency Jakarta

Digital marketing ternyata sudah ada sejak tahun 1960-an, berdampingan dengan perkembangan sejarah internet. Jadi dari awal internet tumbuh, dari sana lah digital marketing mengikutinya sehingga jadilah digital marketing agency Jakarta seperti saat ini.

Sejarah dari Digital Marketing

Berdasarkan perkembangannya, sejarah digital marketing terbagi menjadi dua. Karena dari sejak awal berkembang, kedudukannya tidak hanya terpaku pada internet tetapi semua media yang sudah ada saat itu termasuk radio sebagai pusat informasi. Berikut 2 jenis perkembangannya.

  • Media Non-Internet

Munculnya sejarah digital marketing berbasis non-internet dimulai selaras bersama perkembangan tekhnologi. Ditahun-tahun sebelum adanya televisi, media andalan yang digunakan sebagai pusat informasi adalah radio. Dari radio itulah masyarakat jaman dulu mengolah beberapa berita juga iklan.

Karena iklan termasuk dalam marketing, jadi posisinya saat itu sangat logis dengan berkembangnya sebuah digital marketing pada sebuah media radio. Dari situlah beberapa bisnis dijamannya memanfaatkan digital marketing sebagai promosi produk melalui radio.

  • Media Internet

Sudah sangat terlihat bahwa perkembangan digital marketing dijaman ini pastinya selaras dengan perkembangan internet dijamannya. Di tahun 1960-an perkembangan internet baru tersebar luas keseluruh dunia, dari situ pula perkenalan digital marketing dimulai.

Keberadaannya didukung dengan adanya komputer pertama yang diciptakan. Sejak dari tahun itulah digital marketing semakin berkembang dan maju sampai pada saat ini. Dari kedua media pengenalan sejarah, media internet lebih dipilih daripada melalui medua radio kareba dinilai lebih efektif.

  • Perkembangan Digital Marketing Sampai Sekarang

Keberadaan digital marketing sudah terbukti ada sejak dahulu. Dua media diatas sampi sekarang masih digunakan. Walaupun internet lebih banyak dipilih, tetapi radio juga masih tinggi eksistensinya. Beberapa bisnis memilihnya karena praktis dan tidak membutuhkan biaya banyak.

Sebagai digital marketing agency Jakarta, 1980Media lebih terpaku pada internet karena mudah juga bisa meluas jangkauannya. Walaupun tidak semurah radio tetapi worth itu dengan segala kelebihannya. Terbukti dengan banyaknya keuntungan yang didapat dari masing-masing kliennya.

Dengan adanya sejarah tersebut, digital marketing agency Jakarta sudah bisa membuktikan bahwa layanannya sudah ada sejak internet pertama ditemukan. Perkembangannya selalu saling kejar bersama dengan internet. Karenanya eksistensinya pun masih sangat diterima masyarakat sampai sekarang.

Sumber-sumber :

https://www.wartaekonomi.co.id/read305402/sejarah-dan-evolusi-digital-marketing