Yuk Intip Cara Membuat Minyak Bawang untuk Baso Aci yang Enak

Banyak orang yang sudah pernah membahas mengenai cara membuat minyak bawang untuk baso aci. Di sini kita juga akan membahasnya secara lebih detail lagi. Karena memang baso aci banyak yang menggemarinya.

Sebelumnya kita sudah pernah membahas resep minyak bawang. Sekarang kita akan membahasnya jika di tambahkan dalam makanan baso aci. Simak artikel berikut ini !

Baso Aci

Bakso daging sapi, ayam, atau ikan adalah hal yang umum. Nah, jika bakso tersebut berbahan baku tepung tapioka atau dikenal juga dengan tepung aci, sudahkah Anda mencobanya?

Bagi Anda yang baru pertama kali mendengar nama kuliner unik ini, Anda mungkin merasa pesimis dan meragukan rasanya. Memang tampilannya mirip dengan sajian aci yang sama yaitu cimol, namun akan terasa beda dari bakso lain saat menyantap aci baso.

Pengalaman bersantap ini dibicarakan banyak orang setelah memulai bisnis bernama Baso Aci Ganteng di Bandung pada Februari 2016. Padahal, sajian yang biasa disajikan dengan ceker ayam ini merupakan makanan khas dari kota Garut di Jawa Barat.


Bakso aci atau baso aci saat ini sedang digemari anak muda. Hidangan bakso ini berasal dari Garut, Jawa Barat. Bakso Aci memiliki keunikan tersendiri dibanding bakso lainnya.

Mencicipi bakso khas Sunda ini akan memberi Anda perasaan baru dalam menyantap bakso. Tak heran jika bakso aci begitu populer.

Bakso aci ini tidak menggunakan daging seperti bakso pada umumnya. Jika bakso ini dibuat dari daging giling dengan tepung aci ataupun tepung tapioka sehingga bisa menghasilkan tekstur yang sangat kenyal dengan rasa daging yang kerasa sekali .

Tetapi bakso aci tidak menggunakan daging dalam proses pembuatannya. Bakso aci hanya menggunakan tepung kaji, orang sunda menyebutnya dengan aci. Karena itulah bakso ini banyak yang menamakannya bakso aci.


Bakso pada umumnya memiliki cita rasa yang gurih dengan kuah kaldu yang akan menambah nafsu selera makan. Tetapi bakso aci memiliki keunikan tersendiri pada bumbu kuahnya. Bakso Aci memiliki kuah dengan rasa yang lumayan bisa dibilang sedikit asam.

Ini karena jeruk nipis digunakan di dalamnya. Tentu saja sambalnya bakso aci membuat kita menyantapnya supaya lebih segar dan enak.
Kuah bakso sangat gurih dan disajikan dengan mie kuning, mie putih dan juga sayur mayur.

Sebaliknya jika baso aci ada pilus yang rasanya seperti bakso aci. Tekstur pilus yang renyah ini memungkinkan bakso aci menghadirkan rasa variasi tekstur yang berbeda. Bakso aci menyajikan topping yang sangat variatif.

Seperti halnya dalam seporsi bakso aci, Anda bisa memilih bakso cakep, bakso biasa, bakso kembang api, cireng, bahkan cilok. Banyak banget dalam pemilihan topping yang ditawarkan memanjakan bisa dengan cepat lidah Anda.


Bakso aci paling enak jika menyantapnya saat masih panas-panasnya. Penambahan bubuk cabai membuat cita rasa Baso Aci semakin tidak bisa terlupakan. Jangan lupa siapkan segelas air untuk menetralkan rasa pedasnya ketika kalian sedang makan baso aci.

Manfaat Tepung Kanji Dalam Baso Aci untuk Kesehatan

1. Menyehatkan Tulang

Berbagai kandungan dalam tepung aci sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang Anda. Ini karena tepung aci mengandung zat besi, kalsium, dan vitamin K yang dapat membantu menyehatkan tulang agar tetap utuh dan tulang tetap sehat.

2.Meningkatkan Berat Badan

Jangan khawatir jika Anda memiliki masalah berat badan yang tidak menambah berat badan. Mengonsumsi tepung aci ternyata bisa mengatasi masalah yang Anda hadapi. Ini karena kandungan karbohidrat pada tepung aci dapat membantu menambah berat badan.

Oleh karena itu makanan yang mengandung tepung aci sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh orang kurus.

3.Sistem Pencernaan Lancar

Tahukah anda kalau tepung aci juga mengandung serat, jadi tepung aci bisa bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan? Sistem pencernaan yang sehat akan membantu Anda terhindar dari berbagai masalah pencernaan yang dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari.

Tepung aci memiliki beberapa jenis kekurangan karena tepung aci terbuat dari bahan alami yaitu tepung aci yang terbuat dari singkong berserat tinggi.

4.Otot yang Sehat

Kandungan protein pada tepung aci dapat membantu perkembangan otot Anda sehingga otot Anda terlihat lebih kuat dan lebih berisi. Bagi Anda yang seniman, tepung aci bisa dikonsumsi sebagai makanan berprotein tinggi.

5.Menormalkan Tekanan Darah

Tepung aci juga bermanfaat untuk menormalkan tekanan darah karena mengandung kalium yang sangat berguna untuk menjaga tekanan darah tetap normal. Tekanan darah yang tidak normal dalam tubuh memiliki berbagai efek negatif bagi kesehatan tubuh Anda.

6.Mencegah Penyakit Osteoporosis

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, tepung aci mengandung bahan yang dapat digunakan untuk membantu menjaga kesehatan tulang. Sehingga tepung aci saat ini bermanfaat untuk mengatasi penyakit osteoporosis yang sedang Anda derita.

Atau digunakan untuk mencegah osteoporosis itu sendiri.

7.Mulai BAB

Kandungan yang terdapat pada tepung aci sangat bermanfaat untuk melancarkan buang air besar. Karena di dalam Aci, tepung memiliki kandungan serat yang tinggi. Bagi Anda yang bermasalah dengan bab Anda berjalan lancar.

Mengonsumsi berbagai macam makanan yang mengandung tepung aci bisa mengatasinya. Oleh karena itu, makan makanan yang mengandung populasi mungkin merupakan solusi termudah untuk mendorong buang air besar.

8.Sirkulasi Darah Lancar

Ternyata kandungan yang terdapat pada tepung aci tidak hanya dapat digunakan untuk melancarkan buang air besar, tetapi juga untuk melancarkan peredaran darah. Pati mengandung zat besi, yang dibutuhkan tubuh untuk membuat sel darah baru.

Mengonsumsi tepung aci dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah anemia.

9.Kaya akan Asam Folat

Tepung aci juga tinggi asam folat, yaitu asam folat tinggi yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan tubuh.

10.Meningkatkan Metabolisme Anda

Kandungan tepung aci sangat tinggi. Untuk itu semoga tepung aci bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh yang sehat dan terjaga akan membantu Anda terhindar dari berbagai penyakit.

Yang disebabkan oleh kegagalan metabolisme tubuh Anda. Oleh karena itu konsumsilah makanan yang mengandung tepung aci agar dapat menjaga kesehatan dan meningkatkan metabolisme tubuh serta terhindar dari berbagai penyakit.

11.Menurunkan Tekanan Darah

Mengkonsumsi tepung aci juga dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah saat tekanan darah tinggi. Untuk ini, Anda bisa menggunakan makanan yang mengandung tepung aci untuk membantu menurunkan tekanan darah Anda.

12.Menjaga Kesehatan Tubuh

Manfaat akhir dari tepung aci adalah digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Tubuh yang sehat akan membantu Anda dalam melakukan aktivitas atau aktivitas sehari-hari yang biasa Anda lakukan.

Cara Membuat Minyak Bawang untuk Baso Aci

Bahan-bahan :

  • Bawang putih 7-8 SIUNG
  • Minyak secukupnya


Cara Bikin Minyak Bawang :

  1. Kupas bawang putih menggunakan mesin pengupas bawang dan kemudian kalian blender kasar saja
  2. Panaskan minyak dengan api yang sedang cenderung lebih kecil
  3. Setelah itu masukkan bawang putih yang tadi, Lalumasak dengan api sedang cenderung lebih kecil
  4. Masak hingga bawang putih berwarna kecoklatan
  5. Angkat dan pindah kan ke dalam wadah
  6. Minyak bawang sudah bisa di gunakan untuk campuran kuah baso aci

Demikian artikel mengenai cara membuat minyak bawang untuk baso aci. Semoga dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba