Bayar Pajak Kendaraan : Prosedur, Syarat, Dan Cara Bayar Pajak

Bayar pajak kendaraan merupakan kewajiban warga negara yang memiliki kendaraan. Pajak ini ada yang di bayar per tahun dan per 5 tahun untuk penggantian plat. Setiap pemilik kendaraan harus datang ke Samsat sebagai tempat yang di tunjuk pemerintah dalam menerima pembayaran pajak.

Namun sebelum ke sana ada beberapa syarat atau dokumen yang perlu kita bawa. Seperti fotocopy KTP, STNK, dan BPKB serta uang cash untuk tebus pajak tersebut. Dokumen tersebut, harus sudah kita siapkan sebelumnya sebelum mengambil formulir antrian.

bayar pajak kendaraan.

Syarat Bayar Pajak Kendaraan

Lalu bagaimana cara bayar pajak motor atas nama orang lain ? apakah tidak ada berkas tambahan. Kita harus sesuaikan, siapa yang atas nama pada STNK atau BPKB. Jika atas nama orang lain berarti kita wajib melampirkan fotocopy KTP yang bersangkutan dan juga ada surat kuasa pembayaran pajak dari yang atas nama.

Jika kita yang atas nama maka tidak harus membuat surat kuasa. Cukup lampirkan KTP kita.

Bagaimana Cara Membuat Surat Kuasa ?

Surat kuasa ini bisa kita buat sendiri. Yang jelasnya ada tanda tangan pemberi kuasa atau yang atas nama pada BPKB dengan kita sebagai orang yang di beri kuasa.

Setelah itu, sertakan identitas kendaraan, identitas pemberi kuasa serta identitas penerima kuasa.

Data tersebut kita sesuaikan apa yang nampak pada KTP. Begitupun dengan kendaraan kita ambil datanya dari STNK. Mulai dari jenis kendaraan, no. mesin, tahun pembuatan, no. plat, dan lain sebagainya.

Cara Bayar Pajak Kendaraan Di Samsat.

Jika sudah jelas, barulah kita ambil no. antrian lalu serahkan berkas tersebut pada loket penyerahan berkas, setelah itu, kembali duduk, dan tunggu nama kita di panggil. Setelah di panggil, maka kita harus siapkan uang sesuai nominal yang akan di bayar. Jadi sebaiknya bayar uang lebih, sesuai yang tertera pada STNK. Jangan sampai kita kena biaya progresif. Yang biasanya berlaku bagi pemilik mobil atau motor second.

Demikianlah syarat dan doikumen yang perlu di persiapakan ketika bayar pajak kendaraan di Samsat. Hal ini meliputi bayar pajak kendaraan untuk atas nama diri sendiri maupun atas nama orang lain. Biasanya ini terjadi ketika kendaraan merupkana tangan kedua. Atau kita beli second.