Cara Membuat Tumis Bawang Bombay dan Telur yang Enak dan Mudah

Banyak artikel yang sudah pernah membahas tumis bawang bombay dan telur. Karena banyak orang yang memfavoritkannya. Karena rasanya yang enak dan juga sangat pas apabila orang menyukainya.

Sebelumnya kita pernah bahas resep bawang bombay. Sekarang kita akan bahas tumis bawang bombay dan juga telur. Simak penjelasan berikut !

Bawang Bombay

Bawang bombay (Allium Cepa Linnaeus) adalah jenis bawang bombay yang paling umum dan banyak digunakan. Banyak juga yang memanfaatkannya sebagai bumbu masak dan bahan masakan dengan bentuk bulat besar dan daging yang tebal.

Banyak resep bawang bombay yang umum digunakan untuk memasak makanan di Indonesia, tidak hanya sebagai hiasan tapi juga sebagai bagian dari masakan.

Disebut dengan bawang bombay karena dibawa oleh pedagang yang berasal dari kota Bombay sekarang (Mumbai) India ke Indonesia.

Dibalik aromanya yang enak, ternyata bawang bombay juga memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh. Bawang sangat rendah kalori dan kaya akan mineral, vitamin, dan antioksidan.

Satu bawang bombay juga dapat menyerap vitamin B6, vitamin C, dan mangan. Bawang bombay juga mengandung asam folat hingga zat besi, yang membuat manfaat bawang semakin kaya.

Biasanya resep bawang bombay banyak digunakan untuk keperluan pengobatan guna membantu mengatasi masalah yang berhubungan dengan masalah jantung dan pembuluh darah, masalah pencernaan, radang tenggorokan dan mulut.

Namun di Indonesia yang terjadi justru sebaliknya. Bawang merah lebih umum digunakan dibandingkan bawang bombay pada kuliner Indonesia. Karena bawang bombay biasanya hanya digunakan dalam masakan beberapa negara. Yang sudah disesuaikan dengan selera bahasa indonesia.

Padahal, bawang bombay yang umum digunakan ada dua jenis, yaitu bawang merah dan bawang kuning. Bawang bombay memiliki kulit dan umbi merah.

Sedangkan umbi bawang putih lebih pucat dan berkulit coklat. Di Indonesia bawang putih mudah ditemukan di berbagai pasar. Bawang merah sekarang sangat jarang tersedia.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menanam Bawang

1.Waktu Tanam Harus Piperhatikan


Waktu terbaik menanam bawang merah adalah pada musim kemarau. Akan tetapi, musim kemarau ini harus dapat dikompensasikan dengan pasokan air yang cukup, karena bawang merah membutuhkan air dalam jumlah besar pada awal pertumbuhannya.

2.Pembibitan Bawang Bombay


Jenis penanaman di Indonesia ada dua yaitu penanaman bibit atau umbi-umbian. Pada umumnya masyarakat akan lebih memilih menanam umbi-umbian karena lebih mudah ditemukan meskipun harganya relatif mahal.

3.Persiapan Tanah


Bibit bawang merah atau bawang merah sebaiknya ditanam di tanah gembur. Yang dilakukan di bedengan setinggi 10-15 cm dan lebar 1 m. Buatlah naungan untuk melindungi kamar bayi.

Mengolah “melonggarkan tanah dan membuat bedengan” 2 minggu atau sebulan sebelum benih yang ingin ditanam. Pemupukan dengan kompos atau pupuk kandang sekitar seminggu sebelum tanam.

Cara menanam
Cara menanamnya adalah melalui biji. Anda harus mulai menabur. Jika umbi dipilih sebagai benih, Anda perlu mengebor lubang untuk merendam sebagian umbi. Sebelum menanam, potong ujung umbi dan keringkan. Perhatikan jarak antar umbi.

4.Merawat Tanaman Berumbi


Sebelum dan sesudah bibit mulai berkecambah dan daun bawang mulai muncul, sampai saatnya panen perlu dilakukan perawatan dengan baik. Unsur-unsur dalam merawat tanaman bawang merah meliputi sejumlah poin penting yaitu penyiraman dan pemusnahan.

5.Penyiraman Harus Dilakukan Secara Teratur.

Saat pertumbuhan baru mulai tumbuh, tanaman membutuhkan lebih banyak air. Seiring bertambahnya usia tanaman, penyiraman dapat dilakukan dalam waktu yang lebih singkat.

6.Panen Bawang Bombay


Bawang dapat dipanen kira-kira 4-5 bulan setelah tanam, dan bahkan lebih cepat lagi tergantung pada keanekaragaman hayati dan pemeliharaannya. Pemanenan dilakukan dengan mencabut batang secara hati-hati kemudian membersihkan kotoran yang menempel pada umbi.

Manfaat Bawang Bombay untuk Kesehatan

  • Menangkal radikal bebas. Bawang kaya akan antioksidan dan senyawa anti inflamasi.
  • Sistem pencernaan yang sehat. Bawang tidak hanya dapat melawan radikal bebas, tetapi juga menyehatkan sistem pencernaan.
  • Tingkatkan stamina.
  • Jaga kadar gula darah tetap tinggi.
  • Menurunkan resiko kanker.

Tumis Bawang Bombay dan Telur

Bahan-bahan :

  • 1 buah bawang bombay
  • 3-4 butir telur
  • Gula
  • garam
  • Aroma
  • Air secukupnya
  • 3 batang daun bawang
  • 3 siung bawang putih dikupas menggunakan mesin pengupas bawang
  • 5-6 buah cabai merah


Cara Membuat Tumis Bawang Bombay dan Telur :

  1. Potong-potong bawang bombay, kocok telur yang sudah dikocok
  2. Panaskan minyak, tambahkan telur dan aduk hingga mendidih, sisihkan.
  3. Tambahkan sedikit minyak, tambahkan bumbu halus, tumis harum, lalu tambahkan tumis bawang bombay hingga empuk.
  4. Tambahkan sedikit air lalu tambahkan garam, gula, penyedap rasa dan telur orak-arik uji rasa.
  5. Dan siap untuk disajikan

Demikian merupakan tumis bawang bombay dan telur. Semoga dapat membantu dan bermanfaat untuk kalian semua. Selamat mencoba.