Belajar Bersama Keluarga di Pusat Kerajinan Tembaga Boyolali

Kegiatan belajar saat ini dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun, dengan banyak cara yang menyenangkan bagi anak. Salah satunya, kegiatan belajar yang akan memberikan pengalaman mengesankan adalah belajar di pusat kerajinan tembaga. Melalui kunjungan ke tempat ini, anak akan mendapatkan banyak pelajaran mulai dari seni hingga pelajaran sejarah yang asyik.

Apa yang bisa didapatkan dengan mengunjungi pusat kerajinan logam tembaga? Hal pertama tentu saja untuk melihat keindahan dari aneka kerajinan tembaga yang menjadi satu bentuk kekayaan bangsa yang patut dilestarikan. Kedua, adalah mengenalkan keragaman profesi dan keahlian turun temurun yang dimiliki oleh bangsa ini melalui pengrajin tembaga berpengalaman dan ahli, seperti Rumah Tembaga.

Rekomendasi Pusat Kerajinan Berbahan Tembaga

Rumah Tembaga  merupakan pusat kerajinan tembaga  terbesar dan terlengkap di Boyolali yang memiliki banyak koleksi benda kerajinan. Mulai dari aneka hiasan dinding, patung, kreasi lampu, hingga bagian bangunan seperti kubah ada di sini. Belum lagi aneka cendera mata edukatif yang bisa dijadikan sebagai pilihan oleh-oleh yang menarik untuk dibawa pulang.

Nilai Edukatif Kerajinan Tembaga

Logam tembaga merupakan salah satu bahan yang telah digunakan sebagai bahan kerajinan terkenal sejak jaman dulu kala. Kekokohan dan kekuatannya tidak perlu diragukan sehingga membuatnya dicintai oleh masyarakat sejak jaman dulu. Setidaknya, hal ini membuat kerajinan tembaga erat dengan sejarah dan kebudayaan terutama bagi banyak masyarakat  Indonesia, seperti berikut ini:

1. Sejarah Nasional pada Kerajinan Tembaga

Aneka patung dan kreasi relief dari logam tembaga yang dibuat di pusat kerajinan berbahan tembaga terbesar ini dapat disaksikan dengan mudah. Patung-patung yang ada memiliki beragam corak mulai dari tokoh nasional hingga patung keagamaan.

2. Seni dan Budaya Lokal

Rasa nasionalisme salah satunya bisa diwujudkan melalui produk yang dihasilkan oleh ahli di dalam negeri sendiri. Produk kerajinan tembaga yang mencirikan budaya bangsa sangat tepat digunakan untuk menumbuhkan rasa cinta tersebut.

Berwisata ke pusat belanja modern seperti mall mungkin sangat menyenangkan, tapi berwisata ke pusat kerajinan tembaga lebih mengesankan. Jadi di Rumah Tembaga pengunjung tidak hanya puas melihat barang yang dipajang tetapi juga akan menikmati keindahan seni dan mendapat edukasi darinya.