Cara Mengakses File Google Drive Secara Offline di Android

Cara Mengakses File Google Drive Secara Offline Google drive merupakan salah satu layanan google untuk menyimpan dan membagikan file. Misalnya berupa dokumen, video, foto dll.

Mengirim file melalui google drive dapat memudahkan kita dalam hal pekerjaan, pendidikan, hiburan dll. Misalnya video, jadi cara mengirim video lewat google drive itu sangat mudah yang penting perangkat yang kita gunakan memiliki akses internet. Namun bagaimana jika ingin mengakses file secara offline di google drive? Nah simak langkah-langkah di bawah ini :

Siapkan perangkat Anda untuk mengakses file secara offline sebelumnya. Tahap ini untuk mempersiapkan saat-saat ketika Anda tidak memiliki akses internet.

Anda dapat menggunakan banyak fitur Google Apps secara offline, tetapi hanya jika Anda menyiapkannya terlebih sebelumnya.

Jika Anda mengedit saat offline, kolaborator tidak akan melihat hasil edit Anda dan kolaborator hasil edit apa pun yang online akan menggantikan perubahan Anda. Setelah Anda mendapatkan kembali akses internet, pengeditan offline apa pun akan disinkronkan.

Langkah – Langkah Mengakses File Google Drive Secara Offline

Aplikasi Google Drive (untuk iPhone / iPad dan Android) memungkinkan Anda untuk mengakses (melihat, berbagi, memberi bintang, mengganti nama file, juga mengedit Google Documents) file Google Drive dari perangkat seluler Anda. Jika Anda membuat file tersedia saat offline, Anda dapat mengaksesnya pada saat perangkat Anda tidak terhubung ke WiFi atau koneksi jaringan.

Lihat Juga : Cara Membuat Video Instagram

Anda perlu menyiapkan akses offline saat Anda masih memiliki akses internet di aplikasi Google Drive untuk dapat melihat file secara offline dan di aplikasi Dokumen, Spreadsheet, atau Slide untuk dapat mengeditnya. Begini caranya:

Siapkan Akses Offline

Aplikasi Google Drive
Unduh (atau perbarui) Aplikasi Google Drive (untuk iPhone / iPad dari Apple App Store, untuk perangkat Android dari Google Play). Kemudian buka dan login ke akun google drive.

Ketuk tiga titik vertikal di sebelah kanan file yang ingin Anda aktifkan akses offline-nya.
Gulir ke Tersedia offline dan ketuk tombol penggeser sehingga menyala (biru)

Aplikasi Google Dokumen / Spreadsheet / Slide
Unduh (atau perbarui) Aplikasi Google Docs, Sheets, dan atau Slides (untuk iPhone / iPad dari Apple App Store, untuk perangkat Android dari Google Play)

Di aplikasi (Dokumen, Spreadsheet, atau Slide) yang sesuai dengan jenis dokumen yang ingin Anda sediakan untuk diedit secara offline, ketuk tiga titik vertikal di sebelah kanan file.

Gulir ke Tersedia offline dan ketuk tombol penggeser sehingga menyala (biru)

Untuk membuat file terbaru tersedia secara offline (di aplikasi Dokumen, Spreadsheet, atau Slide), ketuk tombol menu google (di pojok kiri atas)

Ketuk Pengaturan

Ketuk Jadikan file terbaru tersedia offline hingga aktif (biru)
Akses File yang Mendukung Offline
Buka aplikasi Google Drive (untuk melihat file offline) atau aplikasi Dokumen, Spreadsheet, atau Slide (untuk melihat dan mengedit file offline)
Ketuk tombol menu google (di pojok kiri atas)
Ketuk Offline
Ketuk file yang ingin Anda akses

Demikian yang dapat kami bagikan mengenai Cara Mengakses File Google Drive Secara Offline di Android . Semoga bermanfaa.

Sumber : https://spotarya.com/com