Contoh Absensi Kehadiran Karyawan

Setiap perusahaan swasta atau mungkin perkantoran milik pemerintah, pastinya dalam mengelola absen untuk karyawan mereka akan berbeda-beda. Hal ini dikarenakan untuk jam kerjanya juga pasti akan berbeda antara satu perusahaan dengan perusahaan yang lain. Untuk itu, sebagai salah satu bentuk tanggung jawab dan kedisiplinan maka perusahaan akan menerapkan sistem absensi atau yang lebih dikenal dengan daftar hadir. Dengan begini maka absensi merupakan salah satu data yang sangat penting bagi perusahaan.

Ada banyak jenis absensi yang saat ini sudah diterapkan di berbagai macam perkantoran atau perusahaan di Indonesia. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah contoh absensi kehadiran karyawan yang bisa dijadikan sebagai panduan:

  • Software HR

Cara absensi untuk kehadiran karyawan yang pertama adalah jenis software HR. Untuk saat ini sudah banyak sekali aplikasi absensi untuk perusahaan bagi karyawan mereka yang menggunakan absensi ini. absensi ini dinilai lebih memudahkan pihak HR untuk merekam absensi karyawan mereka karena untuk penggunaannya sudah menggunakan device masing-masing yang dimiliki karyawan.

  • Sidik jari

Ini adalah salah satu jenis absen yang sudah lama ada di Indonesia dan biasanya digunakan oleh beberapa perusahaan yang termasuk dalam golongan menengah ke atas. Cara kerjanya juga cukup mudah yakni hanya dengan menempelkan jari yang ada pada mesin setelah itu nanti harus memasukkan nomor identitas pekerja.

Di atas merupakan beberapa appsensi.com yang saat ini sudah banyak digunakan oleh beberapa perusahaan yang ada di Indonesia. Dengan adanya absensi tersebut jelas aka nada banyak manfaat yang bisa diambil dan diterima oleh perusahaan, seperti misalnya adalah supaya nanti karyawan dalam bekerja bisa tepat waktu dari mulai datang sampai pulang.

Untuk itu, tidak heran jika yang namanya dunia perkantoran atau perusahaan butuh sekali yang namanya absensi karyawan karena manfaatnya yang sangat penting bagi karyawan dan perusahaan. Intinya memang dari absensi bisa digunakan untuk berbagai macam jenis kepentingan dan manfaat baik pegawai maupun kantor. Misalnya untuk pegawai terkadang juga bisa digunakan untuk pertimbangan untuk naik jabatan.