Mengenal Macam Alat Kesehatan Dan Fungsinya

Alat Kesehatan merupakan sebuah syarat yang harus dipenuhi oleh rumah sakit ataupun klinik untuk beroperasi. Rumah sakit atau klinik tanpa adanya alat kesehatan tidak akan bisa beroperasi dengan benar. Setidaknya ada beberapa golongan alat kesehatan yang perlu ada di sebuah rumah sakit atau pusat layanan medis sejenisnya. Apa saja itu ?

3 Jenis Alat Kesehatan Berikut Contohnya

# Alat Elektromedik

Jenis alat kesehatan pertama yang ada di rumah sakit adalah alat Elektromedik. Apa itu alat elektromedik ? Yaitu alat – alat kesehatan yang bekerja menggunakan energi listrik, atau berhubungan dengan elektronik atau kelistrikan. Ada banyak sekali contoh alat Elektromedik, berikut diantaranya :

  • EKG (Elektrokardiografi) – Yaitu sebuah alat medis yang digunakan untuk pemeriksaan jantung. Alat ini bekerja dengan cara merekam aktivitas kelistrikan otot jantung dengan hasil berupa grafik.
  • Elektrosurgical Unit (ESU) – Adalah alat yang digunakan untuk bedah / operasi. Berfungsi untuk membuat sayatan atau memotong jaringan kulit dengan menggunakan sistem elektronik.
  • Pasien Monitor – Sesuai dengan namanya, alat ini berfungsi untuk memantau kondisi pasien secara terus menerus atau continue. Alat ini memungkinkan petugas medis mendapatkan tanda peringatan ketika terjadi penurunan kondisi fisik pasien.

# Bahan Habis Pakai

Jenis alat kesehatan lainnya adalah bahan – bahan habis pakai atau dalam bahasa medis disebut dengan disposable. Yaitu alat – alat yang digunakan hanya sekali saja. Setelah itu akan menjadi limbah medis yang harus dibuang dan dimusnahkan dengan prosedur tertentu yang aman. Contohnya :

  • Infus Set – Adalah alat kesehatan yang digunakan untuk memasukkan cairan infus ke dalam tubuh pasien saat dirawat di rumah sakit. Alat ini hanya digunakan sekali saja. Setelah itu akan dibuang.
  • Jarum Suntik (alat suntik) – Demikian juga dengan alat suntik. Alat ini hanya digunakan sekali saja. Setelah digunakan untuk menyuntik, alat ini harus dibuang dan dimusnahkan.

# Alat Diagnostic In Vitro

Apa itu alat diagnostic in vitro ? Yaitu alat – alat medis yang memiliki fungsi secara spesifik sebagai alat diagnostic. Contohnya cukup banyak. Berikut diantaranya :

  • Hematology Analyzer – Adalah alat yang digunakan untuk menganalisa sel – sel darah. Termasuk menghitung dan juga menganalisa bentuknya.
  • Chemistry Analyzer – Adalah alat medis yang berfungsi untuk menganalisa zat atau unsur kimia yang terdapat di dalam darah manusia seperti glukosa, kolesterol, berbagai macam enzin dan lain sebagainya.

Nah itulah sedikit informasi tentang beberapa macam atau jenis alat – alat kesehatan berikut dengan contohnya. Sekedar informasi untuk anda yang membutuhkan alat – alat kesehatan, anda bisa kujungi website toko alat kesehatan online terlengkap www.fulkihasya.com. Sekian, semoga bermanfaat.