Mengenal Peralatan Medis Di Ruang NICU

Pada kesempatan yang lalu telah kita bahas tentang beberapa mcam alat kesehatan yang ada di rumah sakit disertai dengan contohnya. Sekarang kita akan coba membahas hal yang sama namun dari sisi yang berbeda. Apa itu, yakni alat – alat medis yang digunakan secara khusus dalam ruang NICU. Sebuah ruang di rumah sakit yang berfungsi secara khusus untuk perawatan intensive bayi prematur.

Alat Medis Ruang NICU

NICU merupakan singkatan dari Neonatal Intensive Care Unit atau dengan kata lain adalah, ruang rawat pasien bayi baru lahir secara intensive dan ketat. Hal ini tentu saja harus ditunjang dengan peralatan medis yang secara khusus didesain untuk penanganan pasien – pasien bayi. Apa saja alat – alat yang digunakan ? Berikut beberapa diantaranya :

1# – Inkubator Bayi

Bayi dengan gangguan kesehatan yang umumnya dialami oleh bayi – bayi prematur kerap kali kita melihat dimasukkan dalam sebuah box khusus. Itulah alat Inkubator Bayi prematur. Alat ini bukan sebuah BOX biasa, namun alat ini memiliki peranan yang penting mulai dari menjaga bayi dari kontaminasi udara luar, mikroorganisme berbahaya dan juga sebagai tempat yang nyaman untuk bayi dalam pantauan dan monitoring secara intensive.

2# – Baby Puff

Baby Puff adalah sebuah alat khusus untuk membantu sistem pernafasan bayi. Terkadang alat in dinamakan dengan Neopuff. Alat ini tergolong alat mekanik karena tidak menggunakan tenaga listrik dalam penggunaanya. Alat ini memanfaatkan tabung oksigen sebagai supply gas yang kemudian disalurkan pada bayi dengan aturan dan takaran yang disesuaikan.

3# – Ventilator

Sama – sama berfungsi sebagai alat bantu pernafasan, Ventilator adalah alat yang berperan lebih dibanding Baby Puff. Alat ini memiliki fungsi untuk membantu pernafasan bayi dengan gangguan pernafasan yang berat. Bahkan bisa dikatakan, ventilator merupakan alat pengganti fungsi paru – paru, baik sebagian atau secara keseluruhan.

4# – Baby Monitor

Kalau di ruang ICU kita temukan alat yang disebut dengan Patient Monitor. Ya, alat ini juga bisa kita temukan di Ruang NICU. Patient Monitor yang dirancang secara khusus dapat digunakan juga pada pasien bayi baru lahir (neonatal). Dengan alat ini, kondisi fisiologis kesehatan bayi dapat termonitor secara real time dan terdapat alarm pemberitahuan ketika ada parameter yang tidak normal.

5# – Infant Warmer

Sebenarnya alat ini cukup sederhana, hanya berfungsi untuk membantu menghangatkan bayi. Namun demikian, peranan alat ini cukup penting. Terutama untuk bayi dengan gangguan hipotermia dimana suhu tubuhnya belum bisa beradaptasi dengan suhu lungkungan sehingga kerap merasa kedinginan.