Tips Mengemudi Mobil Matic Untuk Harian

guestontap.com Mobil matic atau transmisi otomatis identic dengan wanita. Wanita sendiri mahluk paling indah dan memiliki khas yang halus. Tak jarang bila kebanyakan wanita lebih menyukai mobil bertansmisi otomatis ketimbang yang  manual gengs.

Mobil matic penggunaanya lebih simpel daripada mobil manual gengs. Kita tidak usah repot-repot menginjak pedal kopling yang bikin pegel kaki kiri gengs. Dan lagi tidak usah mengover persneling, karena sudah dilakukan secara otomatis oleh system transmisi gengs.

Meskipun penggunaanna sangat mudah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat berkendara menggunakan mobil transmisi otomatis gengs. Gunanya agar gear box tetap awet dan tidak cepat aus gengs. Karena jika perbaikan, lumayan menguras kantong gengs hehe.

Berikut ini tips yang bisa kamu terapkan untuk mengemudi mobil dengan transmisi otomatis gengs:

  1. Pada saat melakukan pemanasan mesin, pastikan posisi tuas porsneling ada di posisi “N”. sehingga oli yang ada didalam mesin bersirkulasi. Apabila kamu memanaskan mesin dalam posisi “P”, maka oli tersebut tidak akan bersirkulasi atau naik gengs. Ini bahaya, bisa menyebabkan komponen mesin cepat aus karena bekerja tanpa cairan pelumas. Ada gesek menggesek antar komponen didalam mesin gengs.
  2. Saat akan hendak memindahkan tuas transimis dari “P” ke “N”, dari “N” ke “D”, dari “R” ke “P”, maka pastikan kendaraan sudah diam. Jangan memindahkan atau mengubah tuas transmisi saat kendaraan sedang bergerak. Karena dapat menimbulkan kerusakan pada gear box transmisi mobil gengs.
  3. Saat berjalan melewati jalanan datar, kamu bisa menggunakan persneling “D”.
  4. Ketika jalan agak sedikit curam, kamu bisa menggunakan gigi yang lebih rendah dari “D”. baik itu jalan tanjakan maupun turunan gengs. Saya sarankan saat melewati jalan menurun, kamu menggunakan gigi rendah gengs, agar ada engine brake dan pengereman tidak tertumpu pada rem saja geng.
  5. Saat menghadapi jalanan macet, kamu gunakan gigi “N” untuk berhenti agak lama gengs. Jangan menggunakan gigi “D” dan mengerem dalam waktu yang lama. Ini akan menyebabkan kampas berputar terus geng, sehingga cepat aus.dan teknik ini bisa kita gunakan juga saat berada di lampu merah geng.
  6. Ketika parkir secara pararel, sebaiknya gunakan shiftlock. Fungsinya dapat membuka kunci tuas persenling. Dalam keadaan mesin off, persneling tidak dapat kita pindah-pindah ke posisi manapun gengs, karena sudah terkunci. Oleh sebab itu, shift lock berfungsi untuk membuka pengunci tuas tersebut, sehingga kita dapat memindahkan tuas dari posisi “P” ke posisi “N”. Kemudian mobil bisa didorong yaa gengs.

Kira-kira begitu gengs tips yang bisa kamu gunakan saat berkendara mobil matic, dan jangan lupa tetap menjadi pelopor keselamatan. Karena keselamatanmu adalah keselamatan kita bersama gengs.

Bagi kamu yang berada di sekitar kota Bandung dan ingin belajar mengemudi tanpa ribet, langsung datangi saja kursus mengemudi bandung. Kamu akan dibimbing oleh instruktur yang professional gengs, bisa matic maupun manual. Oke terimakasih karena sudah meluangkan waktu membaca artikel ini gengs, semoga dapat memberikan manfa’at bagi kita semua.

Sumber : Kursus Mobil