Cara Membuat Jamu Empot-Empot dan Khasiatnya

Cara Membuat Jamu Empot
Jamu Empot-Empot

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas bagaimana cara membuat jamu empotempot. Jamu empot-empot merupakan jamu khas dari Madura yang telah ada sejak zaman dahulu dan telah digunakan secara turun-temurun sebagai jamu kewanitaan.

Obat tradisional ini diramu khusus dari campuran bahan-bahan herbal yang cukup lengkap.

Campuran tanaman herbal jamu empot-empot asli madura ini bereaksi saling melengkapi sehingga bisa meningkatkan khasiat pada jamu tersebut. Hal inilah yang menjadi keistimewaan sendiri bagi ramuan asal Madura ini.

Obat tradisional Madura pada umumnya menggunakan bahan-bahan herbal yang masih segar maupun dalam bentuk kering.

Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan obat tradisional ini mudah didapatkan, terutama di pasar-pasar tradisional maupun depot jamu.

Sehingga Anda bisa dengan mudah mendapatkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat obat tradisional yang diinginkan.

Bahkan ada sebagian diantaranya yang dapat dengan mudah kita temukan di dapur. Hal ini karena ramuan yang digunakan biasanya berupa rempah-rempah atau bumbu dapur.

Dengan tren di masyarakat yang kembali ke alam (back to nature), produk jamu atau obat tradisional terus berkembang, termasuk bahan ramuan Madura yang semakin banyak digunakan.

Untuk bisa mendapatkan manfaat dari obat tradisional bagi wanita ini, yaitu ada 2 cara yang bisa Anda lakukan:

Yang pertama, biasakan minum air rebusan dari kulit manggis, kulit jambu biji, kulit nangka dan kulit delima.

Bahan rebusan yang digunakan tadi adalah bahan-bahan yang sebelumnya telah dikeringkan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar bahan ramuan jamu bisa tahan lama.

Kemudian saringlah air rebusan. Tambahkan madu sebagai pemanis. Selain itu madu juga memiliki banyak bermanfaat khususnya untuk kesehatan. Minumlah jamu ini 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan.

Cara yang kedua, yaitu dengan menggunakan daun inai atau daun pacar (bahasa Madura), irisan kayu cendana, cabe gunung/jamu dan daun sirih.

Kemudian rebus bahan-bahan tersebut. Untuk meminumnya, Anda bisa menambahkan perasan air kunyit dicampur dengan telur ayam kampung dan madu.

Demikian tadi cara membuat jamu empot empot yang dipercaya dapat membuat keluarga makin harmonis.

Jika Anda tidak ingin repot, jamu asal Madura ini sekarang telah banyak dipasarkan dalam bentuk kapsul, bubuk maupum pil dengan kemasan yang menarik.

Baca Juga: Cara Buat Jamu Beras Kencur dan Khasiatnya

Khasiat Jamu Empot-Empot

  • Merapatkan dan mengencangkan daerah kewanitaan.
  • Memperkuat otot-otot daerah kewanitaan.
  • Menciptakan rasa denyut-denyut pada waktu berhubungan intim pada istri sehingga bisa merasakan kepuasan.
  • Menghilangkan keputihan serta menghilangkan bau yang kurang sedap.
  • Mengatasi masalah-masalah wanita yang ikut bermacam-macam KB.

Tips Saat Membeli Jamu yang Dijual Bebas

Dengan menjamurnya produk jamu atau obat tradisional, kita sebagai konsumen perlu memperhatikan label izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), mengingat banyaknya jumlah produk jamu dan obat tradisional palsu yang beredar saat ini.

Berikut ini tips singkat ketika Anda akan membeli jamu atau obat tradisional yang dijual bebas di pasaran dalam bentuk kampsul, bubuk maupun pil.

  • Perhatikan label nama jamu atau obat tradisional.
  • Lihat nomor pendaftaran, nama dan alamat industri.
  • Perhatikan komposisi bahan bakunya. Pilihlah jamu atau obat tradisional yang tidak mengandung zat pewarna, hormone sintesis serta alkohol.Pastikan juga untuk mengecek apakah terdapat bahan-bahan yang dilarang untuk beredar.
  • Belilah jamu atau obat tradisional yang sudah terdaftar di Departemen Kesehatan RI dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
  • Perhatikan peringatan dan kontra indikasi.
  • Lihat nomor kode produksi dan tanggal kadaluwarsa.

Demikian tadi tips-tips dalam membeli jamu atau obat tradisional yang bebas dijual di pasaran. Sebagai konsumen, kita harus berhati-hati agar mendapatkan manfaat dari obat-obatan tradisional tersebut. Untuk informasi menarik lainnya, Anda bisa mendapatkannya di sini.