Pemudik Asal Kalimantan Tengah Tiba di Pelabuhan Kendal

Berita kalteng – Sebanyak 390 pemudik berasal dari Pelabuhan Kumai, Kalimantan Tengah, yang menumpang Kapal Motor Penumpang (KMP) Kali Bodri tiba di Pelabuhan Kendal, Jawa Tenga.

Sofyan, tidak benar satu pemudik, mengaku membeli tiket KMP Kali Bodri jauh sebelum saat ada larangan mudik yang di mulai pada 22 April 2021.

Perantau asal Banjarnegara itu mengaku cuma mengantongi bukti negatif Covid-19 berdasarkan pengecekan rapid test antigen sebagai syarat naik ke kapal.

52 Siswa Reaktif Covid-19 “Untuk pulang ke Jawa, aku mesti mengeluarkan duwit Rp 1,1 juta. Uang itu untuk cost rapid tes dan tiket kapal,” kata Sofyan di Pelabuhan Kendal, Kamis.

Rully yang menumpang KMP Kali Bodhi sebelum saat melanjutkan perjalanan ke kampung halamannya di Temanggung, terhitung mengaku udah membeli tiket sebelum saat tersedia larangan mudik.

“Sebelum berangkat tadi, aku mesti rapid test Antigen,” ujarnya. Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pelabuhan Kendal Andy Rahmat Yulianto mengatakan, berasal dari 390 orang yang dibawa kapal itu, 347 orang di antaranya dewasa, empat balita, 17 kru kapal, dan 4 kru pengikut. “Kendaraannya tersedia 27 kendaraan,” akunya.

Semua penumpang yang turun berasal dari kapal Kali Bodri, menyadari Andy, dicek suhunya dan dicek surat keterangan hasil rapid test antigen-nya.

“Mereka mesti menyatakan surat hasil rapid test antigen,” jelasnya. Dari Pelabuhan Kendal, KMP Kali Bodri bakal lagi berlayar ke Kumai tanpa mengangkut penumpang.