Positive Displacement atau PD meter

Flow meter merupakan alat ukur yang digunakan untuk mengukur laju aliran atau Jumlah suatu fluida yeng bergerak mengalir dalam suatu pipa tertutup atau saluran terbuka seperti channel atau sungai atau parit atau gorong-gorong.

Penggunaan flow meter selanjutnya sebagai difinisi flow meter paling simple dan cocok bersama kemajuan tekhnology fungsi berasal dari flow meter udah dikenal dan berkembang pesat cocok bersama tujuan, fungsi dan fungsi pemasangannya.

Jenis fluida yang melewati atau diukur oleh flow meter sanggup berwujud cairan, gas maupun solid seperti air mium, air limbah, air lumpur, susu, madu, kecap, ciaran kimia, air gula, adonan kue, concrete, powder, biji bijian dan lai lain.

Aplikasinya flow meter banyak digunakan untuk mengukur sifat aliran baik berwujud kecepatan aliran, kapasitas aliran maupun volumenya atau sanggup termasuk di kalkulasi mass flow nya yang berwujud berat fluida.

Pemilihan jenis dan juga jenis berasal dari flow meter tergantung terhadap aplikas yang di sesuaikan bersama tujuan, manfaat, tingkat susah instalasi dan juga akurasi yang di inginkan.

Karena itu diperlukan rekayasa pemasangan flow meter agar didapatkan fungsi yang optimal, agar cocok bersama investasi yang dikeluarkan.

Paling banyak flow meter digunakan untuk mengukur aliran air dan gas dikarenakan itu istilah flow meter air dan gas meter cukup terkenal di masyarakat.

Banyak berasal dari para engineer yang tidak benar dalam memilih jenis dan juga spesifikasi flow meter akan berakibat fatal dikarenakan harga flowmeter tidak murah. Dalam hal ini sebaiknya sebelum saat belanja flow meter di menentukan pernah tujuan, fungsi yang menginginkan didapatkan dan juga budget yang tersedia.

Jenis dan fungsi Flow meter

Type flow meter begitu banyak agar perlu dikerjakan penentuan jenis flow meter, agar obyek pemasangan flowmeter cocok bersama permintaan kita ataupun cocok bersama disain.

Untuk flow meter Air yang memanfaatkan jenis electromagnetic termasuk membawa karakteristik berbeda.


Karena spesifikasi flow meter yang di memanfaatkan disesuaikan bersama jenis cairan. Untuk air sungai, air limbah tambang, air limbah chemical maupun air laut membawa karakteristik berbeda.

Pada masalah ini jenis electromagnetic flow meter yang digunakan termasuk tidak sama spesifikasi bahanya, khususnya jenis bahan liner, jenis bahan electroda dan juga flow tube perlu disesuaikan bersama jenis airnya.


Untuk fluida yang tingkat keasamannya tinggi mungkin lebih cocok jika memanfaatkan flowmeter berasal dari bahan PVC / non logam. Untuk fluida yang bertemperatur tinggi sudah pasti digunakan matrial lain. Begitu termasuk untuk tingkat kepekatan matrial fluida jenis flow meter perlu disesuaikan.

Untuk fluida yang diaplikasikan terhadap bahan makanan atau obat-obatan yang menuntut bahan pipa dan bahan flowmeter yang perlu food grade lebih cocok kalo dipakai stainles steel SUS 316L. Dan untuk lingkungan yang corisive seperti di laut mungkin body dan flange flow meter lebih tepat jika memanfaatkan stainless steel.

Fungsi Flow Meter

Dari uraian diatas Flow meter membawa fungsi untuk :

-Mengetahui Kecepatan ALiran ( Velocity) bersama satuan jarak/waktu
-Satuan unit pengukuran : (meter/menit, meters/detik dll
-Mengetahui Kapasitas Aliran ( Flow Rate ) dalam pipa
-Satuan unit pengukuran : (LPS, LPM, LPH, M3/H, M3/Menit, GPM, GPH dll
-Mengetahui Jumlah Total Volume yang udah mengalir ( Totalizer)
-Satuan Unit : m3, liters, gallon dll
-Control atau monitor bersama ada output berwujud analog out put : 4-20mA, pulsa, RS485, relay contact dan lainya.

Parameter Pemilihan Jenis Flow meter

Ada banyak jenis flow meter dan juga jenis flowmeter yang perlu di sesuaiakan bersama jenis cairan, jenis pipa, obyek pemasangan flow meter dan juga lainy, dikarenakan itu perlu beberapa arahan dalam memilih jenis flow meter.


PD Flow Meter atau Postive Displacement Flow Meter cukup unik dikarenakan flow meter jenis ini mengukur segera volume secara faktual. Sedangkan flow meter lainya umumnya bekerja terhadap komitmen mengkur laju aliran yang akan di konversikan ke volume fluida.

Dengan memanfaatkan PD meter, sinyal output secara segera berkenaan bersama volume fluida yang melewati flow meter. Jenis PD flow meter yakni Bi-rotor (gear, oval gear, helical gear) , nutating.


Massa Flow Meter

Mass flow meter mengandalkan sinyal output yang berhubungan secara segera bersama massa fluida yang melewati flow meter dimanan ada 2 jenis mass flow meter yakni Coriolis flow meter dan Thermal mass flow meter


Velocity Flow Meter

Velocity Flow meter mengandalkan out put sinyal yang dihubungkan segera bersama kecepatan fluida yang melewati flow meter.Jenis Velocity flow meter ini benar-benar terkenal dan membawa jenis luayan banyak seperti :

-Electromagnetic Flow meter
-Ultrasonic flow meter and open chanel flow meter
-Turbine, Paddle Wheel and Propeller flow meter
-Vortex Shedding flow meter and Sonar meter
-Target flow meter and Vane flow meter
-Variable Area flow meter dan Rotameter
-Orifice Plate flow meter
-Venturi flow meter dll

Pertanyaanya adalah Apakah jenis Flow meter yang paling baikā€¦??? Yang menyadari tidak ada jenis flow meter yang sanggup di memanfaatkan secara universal yang cocok digunakan untu seluruh jenis fluida dan seluruh kondisi dan juga manfaatnya.

Yang perlu kita lakukan adalah kita perlu memilih jenis flow meter berdasarkan spesifikasi cocok bersama aplikasi di lapangan.

Ada beberapa flow meter yang membawa kekurangan dan berlebihan dikarenakan teknologi yang digunakan sehubungan bersama pemakaian flow meter yang disesuaikan bersama jenis fluida, kondisi lapangan dan obyek pemasangannya.


Hal-hal yang perlu diketahui dalam memilih jenis flow meter sudah pasti berdasarkan terhadap jenis fluida, kondisi installasi, harga flow meter, pemakaian jangka pas flow meter LC dan juga kondisi area yang safe atau berbahaya, lfe time flow meter, kecepatan merespon aliran, bahan fluida yang perlu disesuaikan bersama material flow meter dan juga keperluan akurasi yang menginginkan dan lainya yang berhubungan bersama kondisi lapangan dan operatornya.