Cara Menanam Porang Bagi Pemula Terbaru 2021!!!

Assalamualaikum Wr. Wb. kali ini saya akan menjelaskan tentang cara menanam porang. Cara menanam porang harus diperhatikan dengan seksama agar hasil umbi maksimal dan cepat dipanen. Mengapa? Karena hasilnya berbeda antara menanam porang dari katak dan menanam porang dari umbi-umbian.

Demikian pula tentang cara menanam porang di polybag dan di tanah terbuka. Belum lagi, ruang porang harus pas agar hasilnya sesuai dengan permukaan tanah. 

Cara Menanam Porang

Porang atau Amorphophallus muelleri merupakan salah satu jenis tanaman umbi-umbian. Tumbuhan liar bernama porang ini berasal dari hutan di daerah Sibolga, Tapanuli Tengah. Di pulau Jawa, tanaman ini biasa dikenal dengan nama iles-iles. Dan kini telah menjadi salah satu produk ekspor unggulan untuk provinsi Sumatera Utara yang populer di Thailand, China dan Vietnam.

Bibit Tanaman Porong

Cara pembibitan porang yang benar dengan cepat adalah dengan memperhatikan beberapa syarat tumbuh. Yaitu dengan jenis tanah dengan pH antara 6-7, kondisi lingkungan, iklim, suhu dan ketinggian area tanaman.

Pembibitan pada tanaman porang dapat menggunakan cara vegetatif maupun generatif. Ada tiga teknik pembibitan yaitu dengan umbi, biji buah porang dan dari katak atau pucuk porang.

Persiapan Lahan Tanam

Teknik yang baik untuk menanam porang di tanah terbuka adalah dengan menyiapkan area tanam yang ditujukan untuk pertumbuhan tanaman porang. Di lahan terbuka, porang dapat berkembang dengan baik dan normal jika mendapat naungan seperti paranet, sehingga sinar matahari yang berlebihan tidak mempengaruhi pertumbuhan tanaman.

Langkah pertama dalam mempersiapkan areal tanam adalah membersihkan areal tanam dari gulma dan pucuk pohon yang sudah tidak dapat digunakan lagi. Kemudian gembur tanah dengan membajak atau mencangkul.

Jarak Tanam Tanaman Porang yang Ideal

Buat balok di antara barisan tanaman dan jalan agar terlihat lebarnya hanya 1,5 meter. Kemudian buatlah jarak sekitar 50-100 cm agar tanaman bisa tumbuh tanpa terdorong dengan porang lain. Jarak tanam porang penting dalam menanam porang.

Jarak tanam pada tanaman porang sangat berpengaruh terhadap produksi dan produktivitas porang. Menanam porang yang benar dari segi jarak tanam dapat mengoptimalkan luas permukaan tanah.

Cara Menanam Porang

Menanam porang akhir-akhir ini memang sedang menjadi trend untuk dipelajari banyak orang, terutama para petani. Karena tanaman porang memiliki nilai jual yang tinggi dan juga memiliki banyak kelebihan.

Teknik menanam porang di tanah terbuka yang baik juga harus tahu kapan menanam dan merawatnya juga. Penanaman porang sebaiknya dilakukan pada awal musim hujan, yang biasanya terjadi pada bulan Oktober hingga Desember. Porang juga cukup mudah perawatannya.

Perawatan tersebut memiliki tahapan, antara lain penyiangan, pembuatan timbunan, pemupukan dan penjarangan. Pemupukan dibagi menjadi dua fase, yaitu sebelum proses penanaman dengan kompos atau pupuk kandang. Pemupukan kedua dilakukan saat porang mulai tumbuh dengan pupuk organik atau anorganik seperti NPK atau TSP.

Penyebab Kegagalan Cara Menanam Porang

Menanam porang juga harus tahu apa saja yang bisa menumbuhkan porang. Faktor terpenting dari kegagalan ini mengacu pada pemilihan benih.

Pembibitan pastikan anda memilih benih berkualitas baik. Ini dengan memahami karakteristik dan waktu benih yang benar. Jangan mengambil benih dalam waktu 3-4 bulan (masa istirahat), karena benih akan mudah terserang jamur, busuk bahkan tidak tumbuh.

Harga Bibit dan Harga Jual Tanaman Porang

Berikut ini harga bibit dan harga jual porang.

  • Bibit Umbi Porang(500gr) -Rp.70.000,00
  • Katak Porang Mini (1kg) -Rp.299.000,00
  • Tepung Porang-Rp.6.750,00

Baca juga : cara membuat mie godog telur

Itulah beberapa hal tentang cara menanam porang. Jika cara menanam porang kali ini kurang tepat dan terbaik. Tapi setidaknya bisa menjadi gambaran sebagai awalan dan dasar. Demikian dari saya, semoga artikel saya tentang cara menanam porang bermanfaat.

Terima kasih:)