Tips Memisahkan Campuran Filtrasi, Distilasi, Kromatografi, Sublimasi

Campuran adalah suatu hal yang terdiri atas dua zat atau lebih yang saling bercampur. Kali ini kita bakal mempelajari langkah mengantarai campuran lewat metode filtrasi, sentrifugasi, distilasi, kromatografi, dan sublimasi.

Filtrasi

Filtrasi atau penyaringan adalah penggunaan bahan berpori untuk mengantarai padatan dan cairan di dalam suatu campuran.

Proses penyaringan disebut bersama dengan filtrasi, bahan penyaring disebut bersama dengan filter, sedangkan hasil filtrasi disebut bersama dengan filtrate.

ertas yang digunakan di dalam penyaringan kopi adalah kertas spesifik berpori-pori yang tidak dapat dilewati bubuk kopi.

Air seduhan kopi dilewatkan terhadap kertas saring, air seduhan bakal turun melalui kertas, namun serbuk kopi bakal tertinggal di kertas, menghasilkan filtrat berwujud kopi tanpa ampas.

Sentrifugasi

Sentrifugasi adalah pemisahan materi sesuai ukuran dan kerapatannya bersama dengan penggunaan model sentripetal. Proses sentrifugasi berjalan di dalam suatu alat yang dinamakan sentrifuge.


Cairan yang bakal dipisahkan dimasukan di dalam tabung reaksi lantas dimasukkan kedalam alat sentrifuge. Sentrifuge kemudian bakal memutar tabung reaksi dan menyebabkan model sentripetal.


Pada gambar terlihat bahwa partikel yang lebih padat bakal bergerak ke arah luar dan menumpuk terhadap dasar tabung reaksi. Menghasilkan pemisahan pada partikel bersama dengan kerapatan tinggi dan kerapatan rendah.


Distilasi

Kita dapat mengantarai padatan berasal dari hasil mengukur cairan dengan Flow Meter Tokico bersama dengan langkah filtrasi, namun bagaimana langkah mengantarai dua cairan yang tercampur? Jawabannya adalah distilasi Distilasi atau penyulingan pemisahan antarcairan bersama dengan mengfungsikan titik didih yang berbeda.


Misalkan air dan alkohol bercampur di dalam suatu wadah. Distilasi ditunaikan bersama dengan memanaskan campuran. Alkohol punyai titik didih 78 derajat celcius dan air punyai titik didih 100 derajat celcius.

Hal ini memicu alkohol bakal menguap lebih dulu dibandingkan bersama dengan air. Saat 78 derajat celsius alkohol menguap naik ke atas dan masuk ke di dalam kondenser. Dalam kondenser, uap alkohol bakal didinginkan oleh air mengalir, memicu uap berikut mengembun dan lagi jadi bentuk cair.


Cairan alkohon kemudian tertampung di dalam gelas Erlenmeyer. Setelah melalui 78 derajat, semua alkohol udah menguap cuma menyisakan air murni di dalam labu destilasi.

Distilasi juga ditunaikan untuk mengantarai minyak bumi jadi product hidrokarbon yang berbeda sesuai titik didihnya.


Minyak bumi didistilasi bersama dengan suhu yang amat tinggi, memisahkannya jadi aspal, bensin, diesel, kerosin, nafta, petrol, dan gas elpiji.

Kromatografi Kromatografi adalah sistem pemisahan campuran bersama dengan prinsip satu fase dian dan fase lainnya yang bergerak. Kromatografi yang paling kerap digunakan adalah kromatografi kertas.


Kromatografi

Mengfungsikan kertas saring yang punyai sampel dan ujungnya direndam di dalam larutan. Larutan bakal naik ke atas kertas dan mengenai sampel.

Seperti terhadap gambar, sampel bakal memicu pelarut naik keatas bersama dengan kecepatan yang berbeda sesuai bersama dengan kelarutannya. Bintik warna yang berbeda tunjukkan senyawa yang berbeda terhadap campuran.


Sublimasi Sublimasi adalah pemisahan campuran titik didih yang berbeda bersama dengan langkah menyublim. Sublimasi digubakan untuk pemurnian suatu zat berasal dari materi pengotornya.

Pernahkah anda mampir ke kawah vulkanik bersama dengan belerang? Kawah yang panas menguapkan gas sulfur yang kemudian menyublim jadi padatan sulfur murni berwarna kuning seperti yang kita ketahui.