fungsi Yang Terdapat Pada HEPA Filter

Terdapat banyak sekali kotoran dan debu yang terjebak didalam tempat tinggal anda didalam beragam ukuran. Mulai dari kotoran tungau, sampai sarang laba-laba, kotoran-kotoran ini mampu membahayakan kebugaran keluarga anda.

Untuk itu, sebaiknya tempat tinggal anda dibersihkan paling sedikit seminggu sekali untuk menghilangkan penyebab penyakit ini.

Vacuum Cleaner pasti akan bersihkan tempat tinggal anda lebih bersih dibandingkan dengan manfaatkan sapu biasa.

Sebab vacuum cleaner manfaatkan teknologi-teknologi yang konsisten dikembangkan untuk mempercepat dan mempermudah anda bersihkan lingkungan anda.

Salah satu teknologi nya adalah dengan filtrasi udara. Filter terhadap dasarnya adalah saringan untuk menghambat benda-benda melalui saringan tersebut.

Filter berfungsi untuk menghambat kotoran masuk ke didalam motor supaya memperpendek usia motor serta menghambat kotoran terlihat kembali ke udara.

Filter terdiri dari beragam ukuran dan material, merasa dari yang anti air, yang mampu di cuci berkali-kali, yang jaringannya kecil dan lain-lain. Salah satu dari filter ini adalah HEPA Filter.


HEPA filter atau “high-efficiency particulate air” adalah filter atau saringan yang mampu menjebak kotoran terhadap rongga-rongganya.

Pada HEPA filter terdapat dua anggota yakni anggota saringan yang berfungsi untuk menangkap kotoran berukuran besar dan ada anggota yang terlihat layaknya tekukan-tekukan kertas yang berfungsi untuk memerangkap kotoran kecil yang melalui saringan.

Tekukan kertas ini umumnya terbuat dari glass fibre yang terlalu padat. Teknologi ini manfaatkan tiga cara untuk menangkap partikel debu di udara. Pada kecepatan udara yang tinggi, partikel akan segera menabrak glass fibre ini atau ada yang tersangkut waktu waktu melalui glass fibre.

Pada kecepatan udara yang rendah, partikel-partikel debu umumnya akan berputar-putar terhadap fitler sampai kelanjutannya melekat terhadap glass fibre tersebut.

Dengan cara-cara ini, HEPA filter jakarta mampu menangkap ukuran partikel yang lebih besar atau lebih kecil dari obyek ukurannya.


HEPA Filter yang benar pasti memberi Info mengenai ukuran filternya. HEPA filter absolut mampu menyaring 99.97% kotoran yang berukuran 0.3 micron. Itu berarti 0.0003 milimeter.

Jika dibandingkan dengan ukuran bedak halus yang umumnya berukuran 0.5 sampai 50 micron atau tungau yang berukuran 100-300 micron.

Sebuah Vacuum Cleaner yang manfaatkan teknologi HEPA Filter akan mengkap sedikitnya 90% dari seluruh kotoran yang dihisap.

Jika tidak manfaatkan HEPA filter, mampu saja vacuum cleaner berikut akan mengeluarkan kembali kotoran berikut dan cuma sekadar menyusun kembali kotoran dan debu di tempat tinggal anda di daerah yang berbeda.

Biasanya Vacuum Cleaner dengan HEPA Filter membutuhkan motor dengan daya lebih besar dibanding filter biasa sebab membutuhkan kecepatan udara yang lumayan tinggi untuk mendorong kotoran-kotoran sampai menabrak HEPA filter.