Harga Domba Aqiqah Bandung Terbaru 2021

Domba merupakan hewan ternak mamalia yang termasuk dalam kategori ruminansia kecil serta pemamah biak yang menghasilkan daging. Dari segi warnanya, daging domba berwarna merah muda sedangkan daging kambing cenderung memiliki warna merah tua. Selain itu, daging domba lebih cepat matang dan terasa lebih empuk dibandingkan dengan daging kambing.

Keistimewaan lainnya yang dimiliki oleh daging domba diantaranya adalah lemaknya berwarna putih, serat daging sangat rapat, tekstur lebih padat, serta baunya tidak terlalu mencolok dibandingkan dengan daging kambing. Karena keistimewaan itulah, domba sering dijadikan sebagai hewan aqiqah. Apalagi harga domba aqiqah Bandung 2021 yang tergolong murah.

Mengenal Aneka Jenis Domba Terbaik untuk Aqiqah

Berikut ini adalah beberapa jenis domba aqiqah dengan kualitas terbaik:

  1. Domba Prima

Domba Prima merupakan hasil persilangan antara domba Priangan dan domba Magelangan. Kualitas dari daging domba ini tidak perlu diragukan kembali. Daging yang terdapat dalam tubuh domba prima, mampu disajikan paling sedikitnya menjadi 135 porsi dan 700 tusuk sate ke dalam kemasan box acara aqiqah.

  • Domba Garut

Domba ini berasal dari kabupaten Garut atau lokasi tempat asalnya berada di daerah Limbangan.  Kualitas daging yang dihasilkan oleh domba garut paling unggul diantara tipe domba lainnya. Bobot domba garut lebih berat dibandingkan dengan tipe prima, yakni mencapai 80 kg.

Ciri fisik yang dapat dilihat dari tipe domba garut adalah bentuk tanduk yang melengkung serta melingkar ke bagian belakang kepala hewan. Selain itu, ciri lainnya terlihat dari tubuh yang besar dan bulunya memiliki tekstur yang panjang dan kasar. Harga domba aqiqah Bandung ini biasanya ditawarkan sebesar Rp2.000.000,- hingga Rp10.000.000,- tergantung dari jenis kelamin domba dan bobot yang dimiliki.

  • Domba Batur Banjarnegara

Pemilihan tipe daging domba Batur Banjarnegara, seringkali dikenal juga dengan istilah Domas. Selain menghasilkan daging yang lembut, domba ini juga dapat dijadikan sebagai media pemasok wol. Domba Domas berasal dari hasil persilangan antara domba berjenis ekor tipis dengan domba Suffolk dan domba texel. Hasil olahan dari daging domba ini bisa mencapai angka 170 porsi gulai serta 800 tusuk sate.

  • Domba Texel Wonosobo

Dombos atau nama lain dari domba texel Wonosobo ini, sangat mudah ditemukan di daerah kawasan dataran tinggi Dieng. Bobot tubuh dari domba yang berjenis kelamin jantan, bisa mencapai angka 100 kg. Domba dombos juga memiliki bulu wol dengan tekstur keriting halus.

Selain itu, bentuk badannya terlihat tinggi besar. Kualitas dari daging yang dihasilkan termasuk ke dalam kategori standar. Namun, setelah dilakukan pengolahan, daging domba dapat disajikan menjadi 180 porsi gulai serta 900 tusuk sate. Jumlah yang lebih banyak dengan bobot yang lebih berat dari domba Domas.

  • Domba Ekor Kurus dan Domba Ekor Gemuk

Keistimewaan dari domba jenis ekor kurus dan ekor gemuk, terlihat dari bulunya yang tebal serta terasa kasar. Kedua jenis domba tersebut berasal dari nusantara. Domba ekor gemuk dapat juga disebut dengan domba donggala, sementara domba ekor tipis dikenal sebagai wedus gembel.

Dikatakan wedus gembel, karena memiliki bentuk badan yang kecil, dengan bulu wol berwarna putih. Pertumbuhannya cukup lambat dan terdapat ekor yang kurus. Bobot domba donggala untuk jenis kelamin jantan biasanya mencapai angka 70 kg. Sementara, domba wedus gembel jantan hanya sebesar 40 kg.

Itulah beberapa jenis domba dengan kualitas terbaik. Jenis domba yang bisa digunakan untuk aqiqah memang sangat banyak. Harga domba aqiqah Bandung pun sangat beragam, tergantung dar jenis dan bobot domba tersebut. Pastikan untuk memilih domba dengan kualitas terbaik saat melangsungkan acara aqiqah.